Home & Living

17 Agustus 2021

8 Kombinasi Warna Kuning untuk Nuansa Rumah yang Tradisional dan Mewah

Meski mencolok, tetapi warna ini bisa jadi warna cocok untuk hunian, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Warna kuning jarang dipilih sebagai cat warna rumah atau interior ruangan. Padahal, ada kombinasi warna kuning menarik yang cocok digunakan untuk hunian, lho!

Kuning diasosiasikan dengan matahari yang berarti penuh optimisme, kegembiraan, dan pencerahan. Kuning merupakan warna yang diperoleh dari campuran oranye dan hijau.

Jika diruntut dalam sejarah mengenai warna, kuning merupakan salah satu warna pertama yang digunakan dalam seni oleh orang Mesir Kuno karena melimpahnya pigmen oker kuning di era tersebut.

Para orang Mesir Kuno ini menggunakan warna kuning untuk melukis dewa-dewa karena warna kuning menyerupai emas.

Meski begitu, sejak abad ke-14 kepopuleran warna kuning menurun karena munculnya persepsi bahwa warna kuning merupakan simbol warna dari kecemburuan, pengkhianatan, dan ketidakpercayaan.

Walaupun demikian, hingga kini warna kuning masih terus eksis. Terlebih mengingat banyaknya variasi warna-warna kuning yang lebih cocok untuk hunian, Moms.

Nah, bagi Moms pecinta warna kuning tak perlu khawatir, kuning tak selalu berarti negatif.

Baca Juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning, Mudah Moms!

Bahkan dalam ilmu psikologi, warna kuning dikaitkan dengan intelektual, logika, kemampuan pemikiran analitis, keceriaan, kebahagiaan, optimisme.

Selain itu, warna ini juga melambangkan harapan, antusiasme. Kuning menumbuhkan cara berpikir positif, serta haus akan pengetahuan. Kreativitasnya berfokus pada aspek mental, menginspirasi cara berpikir dan melakukan hal-hal baru.

Sederhananya, kombinasi warna kuning pada ruangan atau hunian akan mengarahkan pikiran kita untuk untuk menemukan solusi untuk masalah.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kombinasi warna kuning pada cat rumah dan paduan yang tepat. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 11 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Menawan, Cocok untuk Ganti Suasana Rumah!

Pilihan Cat Rumah Kombinasi Warna Kuning

kombinasi warna kuning

Foto: unsplash.com

Jika dulu penggunaan cat warna kuning pada hunian jarang ditemui, maka berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini. Kombinasi warna kuning jadi salah satu pertimbangan para interior desain dalam mempercantik hunian.

Selain itu, secara historis, warna kuning menggambarkan keagungan yang yang selalu ingin diproyeksikan oleh pemilik rumah.

Tak hanya itu, warna kuning, sangat mudah dipadukan dengan batu bata dan batu alam. Berikut ini pilihan aneka cat warna kuning untuk hunian rumah.

1. Kuning Terang untuk Rumah Bergaya Victoria

Kombinasi warna kuning ini terinspirasi dari era Victoria yang identik dengan warna kuning cerah. Padukan dengan pintu warna merah terang untuk sentuhan selamat datang yang modern.

Namun, jika desain rumah Moms adalah industrial, maka perlu berhati-hati dalam memilih dekorasi yang pas untuk warna ini.

Pada bagian atap rumah bergaya era Victoria seringkali memiliki ruang tersembunyi yang disebut 'pedimen atap pelana' atau 'kurungan atap pelana'. Selain itu, warna putih sering kali jadi warna pelengkap untuk rumah bergaya Victoria.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Cat dengan Bahan Alami dan Rumahan

2. Kuning Mustard untuk Rumah Bergaya Pertanian Kolonial

Rumah bergaya pertanian di zaman kolonial pada abad ke-18 yang terletak di pegunungan Berkshire ini menginspirasi penulis Amerika Herman Melville selama salah satu periode paling produktifnya, dari tahun 1850 hingga 1862.

Jika dulu rumah ini berwarna putih kusam dan tidak terawat, kini setelah menjadi museum, rumah tersebut dicat dengan warna kuning mustard yang akan mencuri perhatian setiap turis yang melewati jalan pedesaan di Massachusetts barat ini.

3. Campuran Kuning dan Hijau untuk Rumah Bergaya Bungalow

Hijau zaitun adalah pelengkap alami untuk kombinasi warna kuning dengan membuat dinding berwarna kuning-hijau untuk rumah bergaya bungalow.

Nuansa hijau adalah pelengkap yang sangat populer untuk rumah bersisi kuning. Mungkin karena tone warna hangat dan warna dingin menyatu dengan baik.

Jika Moms memiliki rumah bergaya bungalow, padukan dengan warna-warna alami yang lembut dan terinspirasi dari alam maupun lingkungan sekitar seperti taman, pepohonan, dan hutan.

Baca Juga: 13 Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Cantik Nan Elegan

4. Campuran Kuning dan Merah untuk Rumah Bergaya Australia

Sejumlah rumah di Australia menggunakan kombinasi warna kuning dan merah untuk efek dramatis pada huniannya. Campuran kedua warna ini membentuk warna kuning krem dengan sedikit coklat dan kehijauan.

Jendela ceruk menjadi ornamen arsitektur alami yang khas pada rumah bergaya Australia. Gunakan warna gelap pada bingkai jendela untuk kesan mewah dan menyeimbangkan warna rumah yang penuh drama.

Sematkan pagar besi yang dicat warna senada untuk menambahkan kontinuitas dalam skema warna yang menarik ini.

5. Warna Kuning Krem untuk Rumah Bergaya Spanyol

Rumah bergaya Kolonial Spanyol yang konservatif menggunakan nuansa tanah dari warna kuning krem untuk mengimbangi warna atap genteng warna merah menyala.

Apabila pada bagian interior rumah Moms menggunakan warna senada dengan kuning krem, maka akan lebih baik jika menggunakan warna yang lebih cerah dan kontras pada bagian atap.

Baca Juga: 6 Tren Warna Cat Pastel untuk Mencerahkan Rumah

Paduan Kombinasi Warna Kuning pada Cat Rumah

kombinasi warna kuning

Foto: Unsplash

Kuning adalah warna serbaguna dan menyenangkan yang cocok dengan berbagai corak juga nada.

Untuk kombinasi warna kuning yang apik, Moms dapat memilih sapuan cat kuning pucat di dinding atau bantal, kuning neon untuk sekma warna cerah yang melambangkan energi dan cahaya.

Moms juga dapat meningkatkan suasana dapur, kamar mandi, dan kamar tidur dengan warna kuning yang menyegarkan. Ada banyak paduan kombinasi warna kuning yang dapat Moms pilih untuk mempercantik rumah.

Nah, berikut ini paduan kombinasi warna kuning pada cat rumah.

1. Kuning dan Putih

Sedikit warna kuning adalah cara yang bagus untuk menyempurnakan interior serba putih. Coba kombinasi warna kuning dan putih untuk mewujudkannya.

Dengan kamar tidur nuansa kontemporer yang segar, bantal berbahan beludru dengan bantal simpul kuning mustard menyatu sempurna pada seprai kasur berwarna putih dan kelapa kayu yang hangat serta meja sisi tempat tidur bergaya pedesaan.

Moms bisa menyematkan lampu baca di bagian sisi tempat tidur dan sejumlah furnitur berwarna hitam untuk menyeimbangkan warna.

Baca Juga: 6 Warna Cat Rumah Terbaik yang Bisa Buat Mood Bahagia

2. Kuning dan Pink

Warna kuning cerah dengan pink pucat adalah kombinasi warna yang nyaman dan dapat menciptakan nuansa pastel yang lembut sekaligus mewah.

Untuk tampilan yang lebih modern, pasangkan dinding berwarna pink pucat dengan segitiga grafis yang dicat warna kuning cerah di atap langit-langit.

Sematkan meja kantor dari bahan kayu dengan ornamen berwarna kuning untuk menyelaraskan dengan segitiga grafis kuning pada langit-langit.

Baca Juga: Agar Suasana Nyaman, Cari Tahu Warna Cat yang Pas untuk Setiap Ruangan di Rumah

3. Kuning dan Cokelat

Teras rumah dengan furnitur berwarna cokelat tua ditambah elemen-elemen dengan warna senada seperti meja rotan, kursi kayu sangat cocok dipadukan dengan warna kuning cerah yang lembut pada bagian dinding.

Warna ini mampu membawa cahaya alami ke area teras sehingga menciptakan nuansa hangat dan nyaman bagi para tamu yang singgah.

Untuk mencoba kombinasi warna kuning ini di rumah, pasangkan sofa beludru coklat dengan cat kuning di dinding, atau sorot dinding beraksen coklat tua dengan sofa atau kursi berlengan berlapis linen mustard.

Itulah ragam kombinasi warna kuning yang bisa Moms jadikan referensi dalam mendekorasi atau mengecat dinding rumah agar terlihat lebih menarik dan energik sekaligus menenangkan dan menentramkan. Selamat mencoba!

  • https://www.thespruce.com/yellow-and-gold-colors-for-houses-4065255
  • https://www.bhg.com/decorating/color/paint/yellow-home-decorating-ideas/
  • https://www.colorpsychology.org/yellow/
  • https://www.thespruce.com/colors-that-go-with-yellow-4796576
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait