Scroll untuk melanjutkan membaca

HOME & LIVING
15 Januari 2022

Mengenal Decluttering, Sistem Sortir Barang Tidak Berguna di Rumah Moms!

Bisa mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri, lho!
Mengenal Decluttering, Sistem Sortir Barang Tidak Berguna di Rumah Moms!

Setiap orang memiliki sedikit sampah atau barang tidak terpakai yang tergeletak di sekitar rumah dan sebagian besar dari itu, memiliki lebih dari sedikit atau cukup banyak. Kekacauan rumah tangga yang tampaknya relatif tidak berbahaya ini sebenarnya dapat diatasi dengan metode decluttering.

Kenapa harus diatasi? Jawabannya karena ada banyak orang merasa stres dan hidup tidak terkendali ketika mereka dikelilingi oleh berbagai hal yang tidak berguna.

Merapikan rumah dan membereskan kekacauan sebenarnya adalah cara untuk merawat diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

Dalam survei yang dilakukan oleh Budget Dumpster, sebuah penyewaan tempat sampah di Amerika Serikat, 48,5 persen responden setuju bahwa rumah yang berantakan membuat mereka merasa stres.

Menurut 42,5 persen responden mereka, rumah yang kotor atau berantakan membuat mereka merasa malu. 

Dalam kasus yang ekstrem, orang mungkin menderita depresi karena hidup dengan konsumsi barang berlebih yang tidak terkendali.

Pasa situasi penimbunan barang yang lebih serius, komplikasi kesehatan lainnya mungkin terjadi jika terdapat jamur dan debu.

Meskipun jauh lebih jarang, rumah yang penuh dengan kekacauan bahkan dapat menyebabkan bahaya kebakaran.

Salah satu cara mengatasinya adalah decluttering atau mengelola barang yang tidak digunakan lagi dengan berbagai cara.

Berikut ini adalah berbagai hal tentang decluttering, alasan mengaplikasikan decluttering di rumah kesayangan Moms dan juga tips sederhana melakukan decluttering.

Baca Juga: 3 Ide Bikin Prakarya dari Bahan Daur Ulang, Yuk Coba!

Pengertian Decluttering

decluttering

Foto: decluttering (deluxemaid.com)

Foto: deluxemaid.com

Pertama-tama, Moms harus tahu apa sebenarnya arti dari sebuah kekacauan atau rumah yang penuh barang dan harus Moms decluttering?

Kekacauan adalah segala sesuatu yang Moms simpan, tetapi tidak menambah nilai pada hidup Moms.

Dengan kondisi tersebut, decluttering atau memberi ruang di rumah untuk hal-hal yang benar-benar penting harus dilakukan.

Jika decluttering tidak dilakukan, kekacauan bisa menjadi pemborosan energi atau pembuangan waktu untuk mencari hal-hal yang tidak dapat ditemukan. 

Laura Kinsella, Pendiri dan Penata Professional Urban Organyze, menyebutkan bahwa decluttering dapat membantu Moms memeriksa diri dan tujuan hidup dengan proses penguraian yang menjadi lebih sederhana.

Apakah item ini tepat untuk hidup Moms saat ini? Apakah item itu mencerminkan gaya hidup dan kebiasaan Moms saat ini?

“Dengan membingkai ulang beberapa pertanyaan ini, kita tidak jatuh ke titik di mana kita hidup di masa lampau. Akan tetapi, decluttering membantu kita melayani siapa kita sekarang,” ujarnya.

Baca Juga:5 Tempat yang Menjadi Bagian Paling Kotor di Rumah

Manfaat Melakukan Decluttering 

decluttering

Foto: decluttering (istockphoto.com)

Foto: istockphoto.com

Decluttering bukan hanya tentang membuang barang yang tidak digunakan, ini tentang membuat hidup Moms dan kehidupan orang lain menjadi lebih baik.

Mari lihat empat alasan mengapa kualitas hidup Moms akan meningkat ketika Moms memutuskan bahwa sekaranglah waktunya untuk merapikan rumah dengan decluttering.

1. Hidup yang Terurai adalah Hidup yang Damai

“Lingkungan yang bebas kekacauan memungkinkan Anda melakukan tugas-tugas kehidupan sehari-hari dengan lebih efisien karena semua yang Anda butuhkan tersedia dan dalam jangkauan,” kata Darcey Rojas, seorang advokat kesehatan dan perancang rumah sehat. 

Seperti yang sudah disampaikan sekilas sebelumnya, decluttering membantu Moms menghindari kekacauan yang memperburuk hidup karena menyebabkan frustrasi.

Bagaimanapun, dengan decluttering maka Moms dapat menemukan apa yang memang Moms butuhkan dan gunakan setiap hari dengan cepat dan mudah. 

2. Decluttering Mengurangi Stres dan Meningkatkan Harga Diri

decluttering

Foto: decluttering (evergreenmaids.com)

Foto: evergreenmaids.com

Menurut Dr. Robert London, seorang ahli kesehatan mental yang berbasis di New York City, kacauan barang di dalam rumah menyebabkan kecemasan, rasa malu, dan tekanan keluarga.

Saat Moms meredakan masalah dan belajar membuang atau mengelola barang bekas dengan decluttering , Moms akan merasa lebih baik.

“Jika Anda pernah merasa cemas saat memikirkan tamu yang datang, maka rasa cemas bisa muncul ketika kita membuka pintu lemari yang berantakan atau melihat-lihat garasi kita. Sains telah menunjukkan bahwa stres dan kecemasan yang tidak perlu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak terduga,” katanya seperti dikutip dari pickupplease.org.

Hidup ini cukup membuat stres, rumah Moms perlu menjadi tempat yang tenang dan damai untuk memulihkan tenaga. Itulah mengapa decluttering sangat penting dilakukan.

Baca Juga: Bersih-Bersih Rumah Ternyata Bisa Bantu Kelola Stres! Begini Penjelasannya

3. Decluttering Menjadi Ajang Donasi

Salah satu alasan utama mengapa hidup seseorang menjadi berarti adalah kenyataan bahwa kita telah diajari untuk tidak menyia-nyiakan dan membuang hal-hal baik.

Pola pikir ini adalah hal yang positif dan patut dibanggakan.

Namun, mengapa Moms berpegang pada barang-barang yang kondisinya baik, tetapi tidak akan pernah membutuhkan atau menggunakannya lagi?

Salah satu jawaban utamanya adalah Moms tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan semua itu.

Dengan decluttering, maka Moms dapat memilah dan mendonasikan barang-barang yang masih bermanfaat atau memiliki kondisi baik untuk pihak lain yang membutuhkan.

Mengembangkan kebiasaan decluttering dan berdonasi tidak hanya meningkatkan kualitas hidup Moms, tetapi juga akan meningkatkan kehidupan sesama manusia dinsekitar Moms. 

4. Kebiasaan Positif Menuju Kehidupan yang Lebih Bahagia

decluttering

Foto: decluttering (freepik.com)

Foto: freepik.com

Tidak ada yang membuat seseorang merasa lebih baik tentang diri sendiri dan hidup masing-masing,  selain menghentikan kebiasaan negatif dan membangun kebiasaan positif seperti decluttering.

Hal terpenting untuk diingat tentang kebiasaan adalah faktanya bahwa kebiasaan negatif tidak muncul dalam semalam.

Hal yang sama juga berlaku untuk kebiasaan positif, dimana membutuhkan waktu dan latihan.

Karena semua aspek dalam meningkatkan hidup adalah perjalanan yang berkelanjutan, pikirkan hidup di lingkungan yang bebas kekacauan dengan cara yang sama. 

Salah satu cara yang bagus untuk mengingatkan diri untuk terus merapikan adalah dengan menempatkan dua kotak pengurai kosong di lemari atau area rawan kekacauan lainnya.

Beri label kotak untuk barang yang kotor/rusak dan yang lainnya untuk didonasikan.

Decluttering dengan cara seperti ini akan membangun kebiasaan positif untuk terus-menerus merapikan isi barang di rumah.

Baca Juga:Anak Suka Menimbun Barang, Normal Atau Tidak?

5. Decluttering Membantu Meminimalisir Kecelakaan

Telah terbukti, bahwa faktanya rumah yang berantakan bisa berubah menjadi rumah yang tidak aman.

Sulit untuk sepenuhnya menikmati kehidupan rumah, jika kotak-kotak penyimpanan hadir di manapun atau Moms menginjak berbagai sampah atau barang yang tidak jelas peruntukannya saat kita berjalan di lorong rumah. 

Ketika kekacauan mengambil alih, Moms akan mendapati diri membeli lebih banyak wadah, menambahkan lebih banyak rak dan menyimpan barang-barang ke tempat yang seharusnya menjadi ruang hidup.

6. Hemat Waktu dan Uang untuk Hal Menyenangkan dalam Hidup

decluttering

Foto: decluttering (womanofwisdom.com)

Foto: womanofwisdom.com

Saat-saat terbesar dalam hidup seseorang selalu adalah saat-saat yang dihabiskan bersama keluarga dan teman.

Moms dapat terjebak dan menemukan diri yang masuk ke dalam pola hidup tanpa decluttering.

Misalnya, saat Moms memiliki kebiasaan menggunakan waktu dan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan untuk berpetualang atau berpartisipasi dalam acara keluarga.

Lebih sedikit barang berarti lebih banyak waktu menikmati hidup dan lebih sedikit mencari sesuatu melalui lemari, laci, dan garasi.

Lebih sedikit barang juga berarti Moms dapat menyingkirkan solusi penyimpanan Moms yang harganya tidak murah. 

Entah itu kotak penyimpanan tambahan, gudang, atau unit penyimpanan, uang berharga Moms dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup Moms.

Baca Juga: Tak Suka Jika Rumah Berantakan? 4 Trik Ini Akan Membuat Moms Stop Menimbun Barang

Cara Melakukan Decluttering

decluttering

Foto: decluttering (blog.havenlife.com)

Foto: blog.havenlife.com

Sebenarnya tedapat beberapa tips decluttering untuk setiap kamar di dalam rumah Moms. Akan tetapi, ada 3 langkah utama atau panduan dasar dalam memulai decluttering, yaitu:

1. Tetapkan Garis Waktu dan Tujuan

Sebelum Moms mulai, buatlah rencana. Tidak peduli seberapa banyak kekacauan barang yang harus Moms selesaikan, memulai decluttering dengan tujuan tertentu akan membantu Moms mengurangi frustrasi dan hambatan. 

Tulis atau gambar peta semua ruangan dan ‘tempat-tempat yang berantakan’ yang ingin Moms tangani.

Beri setiap ruang nilai berdasarkan tingkat keparahan kekacauan untuk membantu Moms memprioritaskan waktu.

Misalnya, pada skala 1-3 (3 adalah yang paling berantakan), ruangan atau lemari yang sangat berantakan akan mendapatkan nilai 3.

Lakukan decluttering setiap ruangan atau satu ruang pada satu waktu.

Tetapkan tanggal penyelesaian decluttering untuk setiap fase dan pilih jadwal yang dapat dicapai.

Membuat tantangan decluttering yang terasa seperti permainan dapat membantu Moms menghindari frustrasi selama proses berlangsung.

Rencanakan waktu untuk mengerjakan area tertentu saat Moms memperkirakan pengerjaan akan memakan waktu lebih lama dari beberapa jam, seperti ruang bawah tanah atau garasi.

Menurut Jamie Hord, pendiri Horderly, "[Garis waktu akan] bergantung pada ukuran kamar dan rumah Anda, dan jumlah item yang Anda miliki di masing-masing.

Akan tetapi,  jika Anda mencoba mendeklarasikan kamar demi kamar,  tujuan yang sangat realistis dan dapat dicapai adalah bekerja melalui satu ruangan setiap akhir pekan,” ujarnya.

2. Buat Sistem Penyortiran

decluttering

Foto: decluttering (livability.com)

Foto: livability.com

Saat Moms memeriksa kamar-kamar di rumah Moms untuk decluttering , maka Moms perlu menyiapkan sistem untuk menyortir item yang akan ditemukan.

Moms dapat membuat metode sendiri dan menggunakan Metode Tiga Kotak decluttering yang populer.

Metode Tiga Kotak decluttering memaksa Moms untuk membuat keputusan item demi item dan menghindari membuat kekacauan yang lebih besar daripada yang telah ada.

Saat melakukan decluttering, kumpulkan tiga kotak atau tempat penyimpanan dan beri label sebagai "Simpan", "Singkirkan", dan "Taruh di Penyimpanan". 

Atau Moms juga bisa menggunakan metode Dua Kotak decluttering seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Beri label kotak untuk barang yang kotor/rusak dan kotak lainnya dengan label didonasikan.

Baca Juga: Barang Lain yang Dapat Dicuci dengan Mesin Cuci

3. Bersihkan Rumah dari Kekacauan

Ada beberapa opsi untuk membuang item di kotak "Singkirkan" saat melakukan decluttering:

Donasi atau Freecycle

Tenangkan diri karena mengetahui bahwa sesuatu yang tidak lagi Moms butuhkan akan pergi ke rumah barunya dengan seseorang yang memang membutuhkan mereka.

Saat melakukan decluttering, Moms dapat menyumbangkan pakaian, sepatu, dan barang-barang rumah tangga lainnya dalam kondisi baik ke sejumlah badan amal setempat. 

Sebelum memberikan donasi, pastikan untuk memeriksa pedoman amal untuk barang yang diterima. 

Daur ulang

Kaca, plastik, dan kertas yang Moms temukan saat decluttering dan dapat didaur ulang, dapat langsung masuk ke tempat sampah daur ulang.

Terutama, jika lingkungan Moms menawarkan penjemputan sampah daur ulang di tepi jalan.

Jika tidak, masukkan barang daur ulang ke dalam tas dan bawa ke lokasi pemrosesan daur ulang terdekat.

Adakan Garage Sale

Jika siap untuk tugas itu, Moms mungkin bisa menghasilkan uang dari kekacauan barang dan decluttering dengan mengadakan obral garasi.

Tanyakan kepada tetangga atau asosiasi pemilik rumah untuk mengetahui apakah ada tanggal garage sale yang ditentukan untuk lingkungan Moms.

Rent a Dumpster

Saat melakukan decluttering, tidak semuanya akan dalam kondisi yang cukup baik untuk disumbangkan atau dijual. 

Menyewa tempat sampah adalah pilihan yang terjangkau dan bebas stres jika Moms memiliki banyak barang yang harus dibuang.

Baca Juga:5 Barang Rumah Tangga Ini Bisa Didaur Ulang

Jadi sekarang, Moms tentu tahu beberapa alasan luar biasa mengapa decluttering penting untuk kualitas kehidupan yang lebih baik.

Moms hanya perlu membiasakan melakukan decluttering terlebih dahulu dan memulainya dari satu ruang ke ruang mengikuti tips decluttering yang sudah ada. Gampang kan, Moms?

  • https://pickupplease.org/
  • https://www.budgetdumpster.com/resources/how-to-declutter-your-home.php