Momspiration

15 Januari 2021

Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah yang Bisa Dicoba

Katakan selamat tinggal pada semut-semut pengganggu di rumah dengan menggunakan bahan alami berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pribahasa yang mengatakan bahwa 'di mana ada semut, di situ ada gula' tampaknya tidak sepenuhnya benar di kenyataan. Pasalnya, kadang juga Moms menemukan banyak sekali semut di rumah dengan mudah meski tidak ada gula yang berceceran.

Kondisi ini pun jelas sangat mengganggu, karena selain dikhawatirkan bisa menggigit dan sebabkan gatal-gatal, semut-semut ini bisa saja dengan mudah mengerubungi makanan atau minuman manis yang padahal masih akan dimakan.

Semut yang ditemukan di alam terbuka saat Moms berpiknik di alam terbuka mungkin tidak terlalu mengganggu. Namun jika semut, apalagi semut merah ditemukan di rumah atau di meja makan, Moms sebaiknya segera mengatasi masalah tersebut.

Untungnya ada banyak cara untuk membasmi semut dan koloninya di rumah. Beberapa di antaranya juga merupakan solusi alami yang tidak menggunakan bahan kimia atau racun ke lingkungan.

Berikut ini beberapa cara terbaik untuk membunuh dan mengusir semut secara alami dan aman di rumah!

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Gigitan Nyamuk Bagi Bayi

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Foto: peta.org

Beberapa cara alami mengusir semut di meja makan atau du area lain di rumah yang bisa Moms coba antara lain:

1. Merica

Mungkin semut akan menganggap bau merica akan sangat mengganggu, Moms dapat mencoba menaburkan merica hitam sebagai cara mengusir semut di meja makan.

Cara ini cukup aman, dan ada bukti yang menunjukkan bahwa menaburkan lada di sekitar papan pinggir dan di belakang peralatan dapur dapat membantu menjauhkan semut.

2. Peppermint

Minyak esensial yang bisa menjadi cara mengusir semut di meja makan lainnya adalah peppermint. Minyak ini adalah pengusir serangga alami yang mungkin sangat efektif untuk mengusir semut dan serangga lain, bahkan untuk nyamuk. Peppermint juga bisa menjadi cara mengusir semut merah yang efektif.

Moms bisa mencampurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 cangkir air. Semprotkan campuran di sekitar pinggir dan jendela rumah atau di meja makan, dan biarkan kering. Namun jauhkan minyak peppermint dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing. Ini karena mereka bisa sakit parah jika terpapar.

3. Tea Tree Oil

Cara mengusir semut merah atau semut hitam adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak pohon teh dikenal mampu mengusir dan membunuh semut.

Campurkan 5 hingga 10 tetes minyak pohon teh dengan 2 cangkir air dan gunakan sebagai semprotan. Moms juga bisa menggunakan bola kapas dan meletakkannya di sekitar rumah tempat Moms melihat semut.

Jika aromanya terlalu menyengat, coba buat campuran yang menggabungkan minyak pohon teh dengan minyak peppermint dan air.

4. Minyak Lemon Eucalyptus

Minyak yang diekstrak dari pohon lemon eucalyptus adalah pengusir serangga alami lainnya. Ia juga mengandung serai, yang digunakan dalam lilin untuk mengusir serangga terbang, seperti nyamuk.

Beberapa bukti menunjukkan cara ini juga efektif dalam mengusir semut. Untuk menggunakan, rendam bola kapas dengan minyak murni.

Tempatkan di area tempat semut terlihat dan ganti seminggu sekali. Namun jangan sampai Moms menelan minyak lemon eucalyptus. Minyak ini juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

5. Cuka Putih

Cara mengusir semut di meja makan selanjutnya adalah menggunakan cuka putih. Moms bisa bersihkan dengan larutan dengan perbandingan 50:50 antara cuka dan air, atau cuka murni.

Cuka putih membunuh semut dan juga mengusirnya. Jika Moms memiliki masalah dengan semut merah, coba gunakan cuka encer untuk membersihkan permukaan yang keras, termasuk lantai dan meja, di seluruh rumah.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Gatal Bayi Akibat Digigit Nyamuk

6. Air Mendidih

Jika Moms melihat lubang semut di dekat rumah, tuangkan air mendidih ke dalamnya. Ini akan secara efektif dan segera membunuh banyak semut di dalamnya.

Mungkin di permukaan terlihat sedikit, tetapi koloni semut di bawahnya sangat banyak. Namun air mendidih tidak akan cukup untuk membunuh seluruh koloni.

Untuk itu, pastikan untuk menggabungkannya dengan cara lain untuk mengusir semut, atau mencoba menutup lubang semut yang Moms lihat di sekitar rumah.

7. Tepung Jagung

Cara mengusir semut merah atau semut hitam di meja makan adalah dengan menggunakan tepung maizena. Tepung ini bisa membekapnya. Tuangkan tepung maizena ke seluruh kelompok semut, dan tambahkan air di atasnya.

Ini akan membuat banyak semut mati terbungkus tepung maizena. Moms juga bisa menutupi semut dengan tepung maizena lalu menyedotnya daripada menggunakan air. Pastikan untuk segera membuang kantong vakum bersegel di luar ruangan.

8. Hentikan Sumber Makanan Mereka

Selain dengan menerapkan cara mengusir semut di atas, Moms juga perlu menghilangkan penyebab masalahnya juga. Moms dapat melakukannya dengan memastikan tidak ada sumber makanan yang tersedia untuk mereka di dalam rumah.

Caranya dengan menjaga makanan tetap tertutup rapat dalam wadah atau kantong plastik. Ingatlah bahwa semut tertarik pada makanan manis dan bertepung seperti gula, madu, dan tepung jagung.

Moms juga harus waspada saat membersihkan remah-remah dari rumah. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan beberapa hal, seperti:

  • Peralatan yang berdiri di bawah dan di sekitar dapur
  • Bantal sofa
  • Keranjang sampah
  • Area rumah tempat keluarga makan atau menyiapkan makanan.
  • Makanan hewan juga bisa menarik perhatian semut. Angkat mangkuk hewan peliharaan segera setelah hewan peliharaan selesai makan. Bilas mangkuk untuk menghilangkan bau makanan.

9. Cari Tahu Bagaimana Cara Semut Masuk ke Rumah

Nyatanya hampir tidak mungkin untuk menutup setiap sudut dan celah. Oleh karena itu, periksa rumah, apakah ada retakan di dinding dan lubang di dekat papan lantai dan di radiator.

Moms bisa mengisinya atau mengolahnya dengan pengusir nyamuk. Periksa juga bagian jendela, yang dapat menjadi sumber masuknya semut dan segera perbaiki.

Baca Juga: 5 Tempat yang Menjadi Bagian Paling Kotor di Rumah

Bagaimana Jika Cara Mengusir Semut Secara Alami Tidak Berhasil?

Bagaimana Jika Cara Mengusir Semut Secara Alami Tidak Berhasil

Foto: zumper.com

Jika cara mengusir semut secara alami tidak cukup efektif, Moms dapat menggunakan pestisida dan produk yang disiapkan secara komersial untuk membasmi semut.

Jebakan umpan yang mengandung pestisida dalam bentuk tertutup mungkin lebih disukai bagi sebagian orang daripada jenis semprotan.

Jebakan umpan bekerja dengan menarik semut ke arahnya. Semut memakan umpan tersebut dan membawanya kembali ke sarangnya, dan kemudian membunuh semut lainnya.

Semut juga akan memakan semut mati dan menyerap pestisida dengan cara itu. Beberapa perangkap umpan mengandung asam borat atau boraks. Sementara yang lainnya mengandung hidrametilnon, senyawa kimia yang berbahaya bagi anak-anak, hewan peliharaan, dan makanan yang tumbuh, seperti tanaman tomat.

Perangkap semut dapat ditemukan di banyak toko ataupun situs belanja online. Pastikan Moms memeriksa bahan-bahannya sebelum membeli. Ada juga semprotan repelan komersial tidak beracun yang alami dan berfungsi untuk mengendalikan semut, semprotan kimiawi tersebut biasanya sangat efektif untuk membasmi semut.

Produk ini tahan lama, tetapi umumnya mengandung imiprothrin dan cypermethrin, dua senyawa kimia yang tidak boleh dihirup atau dicerna.

Jika semuanya gagal, Moms bisa meminta bantuan kepada ahli pembasmi serangga. Ahli pembasmi serangga mungkin bisa mengusir semut dengan hanya menggunakan produk beracun sesedikit mungkin.

Selain itu, beritahu mereka jika Moms memiliki anak, hewan peliharaan, atau masalah lain, seperti kondisi kesehatan pernapasan supaya ia lebih hati-hati saat menggunakan produk pengusir serangga.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait