Home & Living

2 September 2021

Kenali 8 Jenis Sirih Hias yang Indah dan Kaya Manfaat

Ada beberapa jenis sirih yang indah dan kaya manfaat berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Debora

Moms mungkin tidak asing dengan sirih. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa jenis sirih juga sering dijadikan tanaman hias di rumah lho Moms.

Yuk, simak pembahasan secara lengkap tentang jenis sirih dalam artikel berikut ini.

Jenis Sirih Hias

Warna dan bentuk daun yang cantik membuat beberapa jenis sirih berikut ini sering dijadikan tanaman hias lho Moms.

Untuk memeliharanya juga terbilang cukup mudah, sehingga banyak penggiat tanaman menyarankan tanaman sirih dipilih Moms yang ingin mencoba memiliki tanaman hias di rumah.

Lalu, jenis sirih apa saja sih yang cocok sebagai tanaman hias? Simak penjelasannya berikut yuk Moms!

Baca juga: Kapur Sirih, Ini 12 Manfaat Baiknya untuk Keluarga

1.Sirih Keraton

jenis sirih keraton

Foto: instagram.com/mintgarden_semarang

Sirih keraton merupakan salah satu jenis sirih yang sering digunakan sebagai tanaman hias. Melansir situs Balithi Kementan sirih keraton merupakan tumbuhan semi perennial yang merambat, panjang tanaman hias ini bisa mencapai 3 - 3,5 m.

Helaian daun bercorak putih perak di antara tulang-tulang daun. Daun berbentuk lonjong dengan ujung meruncing dan bagian pangkal bentuk hati. Tepi daun agak bergerigi, daun berdaging lunak.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara stek batang herbaceous. Selain itu, Moms juga disarankan untuk meletakan jenis sirih ini di tempat teduh.

Selain mempercantik rumah, Moms juga dapat memafaatkan sirih gading untuk meredakan bengkak, sakit perut selama menstruasi.

2. Sirih Hutan

jenis Sirih Hutan

Foto: instagram.com/kebun_bunga_urangbanja

Jenis sirih yang dapat dijadikan tanaman hias adalah sirih hutan atau dikenal sebagai sisirihan. Sesuai dengan namanya, tanaman ini banyak tumbuh di daerah perkebunan atau hutan alami.

Sirih hutan memiliki batang kayu bulat seperti telur dengan ujung yang runcing. Panjang daunnya berkisar antara 10 sampai 14 cm dengan lebarnya 5 sampai 6 cm.

Bunganya merupakan bunga jenis majemuk dengan bentuk buli dengan berkelamin satu atau dua.

Terdapat juga daun yang berfungsi sebagai pelindung bertangkai dengan ukurannya 0,5 sampai 1,25 mm bentuknya melengkung.

Buah dari sirih hutan ini sering disebut sebagai buni dengan tangkai pendek dengan panjang bulirnya mencapai 12 sampai 14 cm.

Ketika masih muda buah ini berwarna kuning kehijauan namun setelah tua berubah warnanya menjadi hijau.

Sementara bijinya berukuran kecil dan juga berwarna coklat. Sirih hutan adalah tanaman yang memiliki akar tunggal dengan warna putih kecoklatan.

3. Sirih Varigata

jenis siring varigata

Foto: instagram.com/shagarden

Sirih varigata memiliki daun mengkilap berbentuk hati yang berwarna hijau tua dengan rona putih krem di bagian tengah daun.

Warna putih dalam sirih ini lebih lebar dibandingkan dengan lainnya. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh subur di dalam pot.

4. Sirih Marble Queen

jenis sirih marble queen

Foto: instagram.com/yulifarmhouse

Sirih Marmer Queen adalah tanaman yang populer sebagai hiasan di rumah. Daunnya yang mengkilap, berbentuk hati, serta memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang sangat indah.

Karena termasuk tanaman merambat sirih gading marble queen dapat dijadikan tanaman gantung untuk memperindah taman Moms.

Nama lain dari jenis sirih ini adalah Devil's Ivy. Karena dianggap beracun dan harus dijauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Kendati begitu, sirih marble queen juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara.

Baca juga: 13 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

5. Sirih Gading Kuning

jenis sirih gading kuning

Foto: instagram.com/urbanlittlegarden

Salah satu jenis sirih yang banyak terdapat di Indonesia. Hal ini karena jenis sirih ini dapat tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis dan sub-tropis.

Sesuai dengan namanya, sirih ini memiliki daun dan juga batang berwarna kuning terang. Tanaman ini terbilang sangat mudah untuk dirawat.

Moms hanya perlu menyiramnya setiap hari dan diletakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

6. Sirih Gading Manjula

jenis sirih manjula

Foto: instagram.com/ruangsetaman

Jenis sirih gading Manjula merupakan salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh subur di rumah. Daunnya yang indah dapat memberikan kesan cantik pada taman di rumah Moms.

Perawatan sirih gading Manjula juga terbilang cukup mudah. Cukup letakan di tempat lembap dengan pencahayaan cukup tetapi tidak terkena matahari langsung.

Jika kekurangan cahaya, lingkaran kuning pada daun kembali menjadi hijau pada pertumbuhan baru. Tanaman sirih ini juga terbilang sangat toleran dengan suhu hangat dan dingin.

7. Sirih Gading Silver

jenis sirih gading silver

Foto: instagram.com/greenay.terrace

Sirih gading silver merupakan tanaman merambat yang memiliki daun berwarna hijau tua dengan corak keperakan. Tanaman hias ini tumbuh lambat dan sangat mudah dirawat.

Ini adalah jenis tanaman tropis yang menarik saat tumbuh di pot gantung atau tumbuh merambat di tembok.

Cara merawatnya cukup mudah, Moms hanya perlu meletakannya di tempat yang cukup sinar matahari dan beri pupuk setiap bulan selama musim tanam untuk membantunya tumbuh lebih lambat.

Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari juga, ya, Moms.

8. Sirih Gading Philo Brazil

jenis sirih

Foto: instagram.com/yoshirahmawati

Sirih gading Philo Brasil merupakan jenis sirih hias yang cukup populer. Warna daun yang unik, yaitu kuning hijau merupakan daya tarik dari tanaman hias klasik yang mudah dirawat ini.

Walaupun namanya Brazil, tetapi jenis sirih ini bukan berasal dari negara di Amerika Selatan, ya, Moms.

Nama ini diambil karena daun berbentuk hati dalam nuansa hijau dan kuning yang mirip dengan bendera negara Brazil.

Cara merawat tanaman ini juga terbilang cukup mudah Moms. Karena hanya perlu disiram setiap hari agar terjaga kelembapannya. Kemudian letakan di tempat yang cukup mendapat sinar matahari.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Ini Cara Menanam Daun Sirih yang Mudah di Rumah

Manfaat Sirih untuk Lingkungan dan Kesehatan

Manfaat daun sirih

Foto: Orami Photo Stock

Sirih memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan dan juga lingkungan. Daun sirih mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten dan merupakan sumber kalsium yang baik.

Berikut manfaat sirih untuk lingkungan dan kesehatan yang perlu Moms ketahui!

1.Membersihkan Udara

Sirih gading sering disebut sebagai tanaman yang baik untuk lingkungan. Tanaman ini berfungsi untuk memurnikan udara dari formaldehida, benzena dan karbon monoksida sekaligus membantu menghilangkan bau tak sedap.

Selain membersihkan udara, sirih gading juga membantu meringankan iritasi mata setelah seharian menatap layar.

2. Mengobati Diabetes

Kandungan nutrisi yang ada di dalam sirih diyakini dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mengobati diabetes.

Journal of Medicinal Food mengungkapkan bahwa konsumsi daun sirih dapat mempengaruhi metabolisme glukosa di dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Daun sirih dapat digunakan secara efektif oleh Moms yang mencoba menurunkan berat badan. Karena kandungan yang ada di dalamnya dipercata dapat dan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Baca juga: Deretan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan yang Moms Wajib Tahu

4. Mencegah Kanker Mulut

Mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Moms hanya perlu merebus 10 hingga 12 daun sirih selama beberapa menit dan menambahkan madu ke dalam air rebusan tersebut.

Moms juga dapat langsung mengunyah daun sirih jika ingin mendapat manfaatnya bagi kesehatan mulut. Di Indonesia, banyak orang mengonsumsi daun sirih dengan gambir atau kapur.

Mengutip Cancer Letter ekstrak daun sirih memiliki peran antikarsinogenik yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Luka

Daun sirih yang sudah ditumbuk dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengobati bisul. Moms hanya perlu meletakan daun sirih yang sudah ditumbuh halus ke luka atau bisul secara rutin hingga luka atau bisulnya sembuh.

6. Meredakan Sakit Kepala

Jika Moms menderita sakit kepala yang parah, daun sirih bisa menjadi salah satu solusi. Daun sirih memiliki sifat pendinginan yang dapat meredakan sakit. Moms cukup menghaluskannya kemudian letakan di kepala.

Baca juga: Apa Penyebab Keputihan, dan Apakah Bisa Diatasi Dengan Air Rebusan Sirih?

Segini dulu penjelasan tentang jenis sirih hias dan juga manfaatnya ya Moms. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=2275
  • http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-701-mengenal-tanaman-hias-cissus-discolor-bl.html
  • https://www.houseplant411.com/houseplant/marble-queen-pothos-grow-care-for-identify
  • https://www.houseofkojo.com/products/epipremnum-pinnatum-happy-leaf-pothos
  • https://leafyplace.com/silver-satin-pothos-scindapsus-pictus/
  • https://blog.leonandgeorge.com/posts/how-to-care-and-grow-philodendron-brasil
  • https://www.indiatoday.in/lifestyle/story/5-health-reasons-nobody-told-you-about-chewing-paan-or-betel-leaves-tobacco-areca-nuts-317369-2016-04-11
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait