Home & Living

14 Mei 2021

Banyak Manfaatnya, Ini Cara Menanam Daun Sirih yang Mudah di Rumah

Dipercaya sebagai tanaman sakti, sudah sepantasnya tiap orang mengerti cara menanam daun sirih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, cari tahu cara menanam daun sirih berikut ini.

Siapa yang tidak kenal daun sirih? Daun yang memiliki aroma khas dan bentuk nyaris seperti hati ini dipercaya memiliki segudang khasiat.

Selain itu, salah satu tanaman rambat ini juga bisa menjadi tanaman hias di halaman rumah asalkan Moms tahu cara menanam daun sirih tersebut.

Sirih merupakan salah satu tanaman yang memiliki beragam jenis. Sebut saja di antaranya, sirih hitam, sirih merah, dan hijau. Di luar tanaman herbal tersebut, masih ada jenis lain yang hanya dikenal sebagai tanaman hias.

Karena manfaat dan khasiatnya yang dipercaya turun temurun, banyak orang berharap bisa menanam dan membudidayakan sirih di halaman rumahnya.

Untuk bisa mengembangbiakannya, maka Moms harus terlebih dahulu tahu cara menanam daun sirih di rumah.

Baca Juga: Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman dengan Harga Jutaan dan Sedang Tren

Cara Menanam Daun Sirih

Cara menanam daun sirih.jpeg

Foto: stylecraze.com

Dengan segala khasiat dan manfaatnya, jangan heran jika banyak orang yang ingin menanam daun sirih di halaman rumah.

Bukan hanya itu, Moms juga harus tahu bahwa tanaman obat yang satu ini juga bisa memperindah halaman dengan warna hijaunya yang bersinar, terutama saat mereka tumbuh subur.

Namun, yang menjadi masalah adalah faktanya menanam tanaman dari India ini sedikit tricky dan tidak semudah menanam tanaman lainnya misalnya, bunga telang, daun mint, atau tanaman hias sirih gading yang bisa langsung tumbuh dengan subur. Terutama jika rajin terkena air.

Jika ingin cepat, Moms bisa membeli bibit tanaman sirih dan menanamnya di halaman rumah atau di pot. Namun, cara menanam daun sirih juga bisa dengan teknik stek.

1. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Menumbuhkan Akar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mempraktekkan cara menanam daun sirih dengan menumbuhkan akar adalah mengambil batang sirih sepanjang 18 cm. Potong 45 derajat tepat di bawah simpul daun dan buang semua daun dari batang, kecuali 2 daun teratas.

Kemudian, masukan batang ke wadah botol berisi air bersih dan letakkan di ambang jendela yang terkena sinar matahari tidak langsung. Jangan lupa untuk mengganti air setiap 2 hari sekali.

Setelah beberapa akar muncul, pindahkan ke pot atau tanah. Cara menanam daun sirih dengan menumbuhkan akar ini terlihat mudah bukan Moms?

Baca Juga: Mudah Banget, Ini Cara Menanam Lidah Buaya yang Benar!

2. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Menanam Potongan Batang Sirih

Ambil potongan sepanjang 25 cm, kemudian buang daun di bagian bawah batang. Setelah itu, tanam hingga setengah panjangnya dalam tanah lembap.

Tips Menanam Daun Sirih

tips-menanam-daun-sirih.png

Foto: gardendiyideas.com

Meskipun cara menanam daun sirih tidak sulit, tetapi perlu Moms perhatikan bahwa kunci menanam daun sirih adalah tanah. Diketahui, sirih menyukai tanah yang sedikit asam, berpasir lempung, dan agak lembap tapi tidak tergenang air.

Perlu diingat beberapa hal saat mempraktikkan cara menanam daun sirih. Daun sirih menyukai wadah yang tinggi daripada lebar. Pastikan juga untuk membuat lubang drainase pada pot, untuk menjaga agar air tidak menggenang di dalam pot.

Jangan lupa, letakan pot di tempat teduh yang tak terkena sinar matahari langsung.

Jika sirih sudah tertanam dengan baik di halaman rumah, pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin ya Moms agar proses menanam daun sirih yang sudah Moms lakukan tidak menjadi sia-sia.

Meski tidak berbahaya, tanaman obat yang satu ini juga bisa terserang hama seperti tungau merah dan jamur. Hal ini mungkin terjadi saat Moms menanam daun sirih saat musim hujan.

Sirih akan tumbuh dengan subur di lingkungan panas lembab, dan teduh. Tanaman yang juga dikenal di India dengan nama Paan ini juga akan tumbuh semakin baik jika disiram secara teratur.

Tetapi Moms harus ingat, tanaman daun sirih yang terlalu banyak terkena air bisa terkena jamur.

Mengontrol pertumbuhan tanaman yang satu ini juga perlu dilakukan. Terlebih, sirih merupakan salah satu tanaman yang cepat tumbuh.

Memangkas sirih secara teratur menjadi salah satu cara mengontrol pertumbuhan. Selain itu, petik juga daunnya untuk mendorong pertumbuhan daun baru.

Sama seperti manusia dan hewan peliharaan, tanaman daun sirih juga membutuhkan makanan bergizi supaya bisa hidup dan tumbuh dengan sehat.

Jadi, cara menanam daun sirih yang baik adalah dengan tidak lupa untuk memberinya makan. Saat menanam daun sirih, berikan pupuk organik kaya nitrogen seperti kompos atau pupuk kandang, minimal satu bulan sekali.

Empat hingga enam bulan setelah menanam daun sirih, tanaman berkhasiat ini akan siap dipanen.

Moms bisa memetik daun aromatiknya untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Menanam Bawang Merah Sendiri? Berikut Langkahnya Moms!

Manfaat Menanam Daun Sirih

cara-menanam-daun-sirih.jpg

Foto: agrifarming.in

South Asian Journal of Cancer mencatat, daun sirih memegang peran penting sejak kebudayaan kuno di India sekitar 400 SM.

Bahkan, dalam buku kuno Ayuverda, Charaka, Sushruta Samhitas, dan Kashyapa Bhojanakalpa, disebutkan praktik mengunyah daun sirih setelah makan sudah umum terjadi di tahun 75 M dan 300 M.

Sampai saat ini tidak diketahui, sejak kapan sirih dan pinang pertama kali dipersatukan untuk dikunyah. Namun, terdapat bukti arkeologis jika kebiasaan mengunyah sirih dan pinang sudah dilakukan sejak jaman kuno.

Mengapa menanam daun sirih penting bagi setiap orang? Daun sirih digunakan sebagai stimulan, antiseptik, dan penyegar napas. Sementara pinang, dianggap sebagai afrodisiak.

Selain India, daun sirih juga digunakan dalam pengobatan tradisional China lantaran diklaim memiliki khasiat detoksifikasi, antioksidan, dan antimutasi.

Dalam sejumlah penelitan, diketahui bahwa daun sirih memiliki sejumlah manfaat seperti yang disebutkan International Journal of Pharmaceutical Science and Research berikut:

Baca Juga: Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

1. Sebagai Analgestik

Daun sirih adalah obat pereda nyeri yang baik dan dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar, memar, dan ruam. Caranya, oleskan daun sirih yang sudah dibuat pasta ke area luka.

Selain itu, jika dibuat jus, daun sirih bisa memberikan kelegaan dari rasa sakit di bagian dalam tubuh.

2. Meringankan Sembelit

Sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan antioksidan dalam daun sirih dapat membantu membersihkan radikal bebas dari tubuh. Dalam Ayuverda, makan daun sirih direkomendasikan untuk mengobati sembelit.

Caranya, hancurkan daun sirih dan rendam dalam air semalaman. Sebelum mengonsumsi apapun, minum air rendaman di pagi hari untuk melancarkan pencernaan.

3. Melindungi Usus

Daun sirih memiliki kandungan yang sifatnya melindungi usus.

Itulah sebabnya setelah makan dianjurkan untuk mengunyah daun sirih karena dapat meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin serta nutrisi penting.

4. Mengatasi Masalah Pernapasan

masalah pernapasan

Foto: Orami Photo Stock

Daun sirih adalah sahabat terbaik penderita asma dan penyakit lain yang berhubungan dengan pernapasan seperti batuk dan pilek. Oleh karena itu, menanam daun sirih bukanlah hal yang sia-sia.

Caranya, oleskan minyak mustard pada daun sirih, hangatkan, dan letakan di dada. Selain itu, Moms bisa merebus beberapa lembar daun sirih, menambahkan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis.

Rebus hingga air tersisa satu gelas dan minum ramuan itu dua hingga tiga kali sehari untuk membantu hidung tersumbat dan melancarkan pernapasan.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sereh, Bisa Meringankan Gejala PMS Lho!

5. Sebagai Antiseptik

Daun sirih bisa menawarkan perlindungan ganda dari kuman karena memiliki sifat antiseptik dan kaya akan polifenol, terutama chavicol. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengobati radang sendi dan orkitis.

Sementara sifat anti jamurnya bisa membunuh infeksi di daerah yang terkena jamur. Jadi, menanam daun sirih sangat bermanfaat bukan Moms?

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun sirih menjaga kesehatan mulut.png

Foto: definedental.com.au

Daun sirih juga kaya akan antimikroba, yang bisa memerangi bakteri penyebab bau mulut, gigi berlubang, plak, dan kerusakan gigi.

Jadi, selain meningkatkan kesehatan usus, mengunyah sedikit pasta daun sirih juga bisa melawan bau mulut, meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut.

Baca Juga: 7+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7. Meredakan Nyeri Sendi

Anti inflamasi dalam daun sirih bisa mengatasi nyeri pada persendian.

Caranya, hangatkan seikat daun sirih segar dan tempelkan dengan erat di sekitar tulang dan persendian yang bermasalah untuk mengurangi intensitas nyeri, peradangan di wilayah tersebut serta mengurangi gejala arthritis.

Gimana, Moms? Masih tertarik untuk mencoba cara menanam daun sirih sendiri? Selain tidak susah, menanam daun sirih juga sangat dianjurkan karena manfaatnya yang melimpah.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait