Kesehatan

KESEHATAN
8 April 2021

Deretan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan yang Moms Wajib Tahu

Daun sirih adalah salah satu obat alami yang sudah dikenal luas di India dan Asia Tenggara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, cari tahu ragam manfaat daun sirih untuk kesehatan berikut ini.

Jika membicarakan obat herbal tradisional, mungkin salah satu yang langsung terlintas dipikiran Moms adalah daun sirih.

Ya, daun ini memang sering ditanam untuk dijadikan obat tradisional. Selain itu, orang-orang tua zaman dahulu juga sangat gemar mengunyah daun sirih.

Padahal, daun ini tak hanya bermanfaat untuk lansia saja, orang dari berbagai golongan umur bisa memetik manfaat dari daun ini.

Sejak zaman kuno, masyarakat di India juga telah menggunakan daun ini dalam ritual keagamaan karena daun ini dianggap membawa keberuntungan.

Daun sirih umumnya dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, kepulauan Filipina dan Indonesia. Daun sirih memiliki rasa yang kuat, menyengat dan aromatik serta banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

Daun sirih juga disebut sebagai 'Emas Hijau'. Daun ini adalah aset kuno dalam pengobatan India Ayurveda, dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM.

Daun sirih termasuk dalam famili Piperaceae (keluarga lada hitam). Ada sekitar 100 varietas sirih di dunia, 40 di antaranya ditemukan di India.

Menurut pengobatan tradisional, daun ini dapat membantu dalam pengobatan sakit kepala, gatal-gatal, mastitis, luka sayat, lecet, sembelit, dan luka. Ini karena di dalam daun ini terdapat senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antiprotozoal, dan antijamur.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Rebusan Daun Sirih Untuk Membersihkan Miss V?

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Nyatanya daun sirih bukan hanya bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah. Kebanyakan orang kini mengolahnya dengan cara merebusnya dan mengambil air rebusannya.

Di dalam daun sirih diduga mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu.

Namun yang jelas, daun ini paling dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol (chavicol), yang mana ia bisa berfungsi sebagai zat antiseptik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Membantu Mengelola Diabetes

Manfaat daun sirih, terutama daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Mereka mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes.

Alkaloid sirih dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan cara menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini melindungi sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Di India, makan paan (sirih) setelah makan adalah praktik yang umum. Studi pada tikus yang dipublikasikan di Journal of Medical Food, telah membuktikan bahwa praktik ini dapat menurunkan biomarker hiperglikemia (gula darah tinggi).

2. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Seperti tato, menghitamkan gigi juga menjadi tren di Asia Tenggara. Itu dilakukan dengan menggunakan ekstrak tumbuhan dan mineral.

Mengutip Journal of Ethnobotany Research & Applications, prosedur ini dikatakan baik untuk gigi dan dapat mencegah infeksi mulut dan prosedur gigi yang menyakitkan.

Sirih merupakan salah satu tumbuhan yang dikaitkan dengan penghitam gigi. Daun sirih yang terbuat dari pinang, jeruk nipis, dan daun sirih memiliki khasiat yang hampir sama.

Namun, manfaat daun sirih ini juga melepaskan katekolamin yang berinteraksi dengan senyawa yang dilepaskan oleh pinang dan jeruk nipis. Pada gilirannya, ini diduga bisa memicu kanker mulut dan tenggorokan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Stres oksidatif yang tinggi, yaitu stres yang disebabkan penumpukan radikal bebas dalam tubuh, dapat menunda penyembuhan luka.

Penyembuhan luka yang tertunda adalah salah satu komplikasi penting yang terlihat pada diabetes tipe 1. Ekstrak herbal daun ini mungkin efektif dalam mengobati kasus sensitif seperti itu.

Manfaat daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh, seperti superoksida dismutase dan katalase.

Menerapkan ekstraknya pada tikus yang terluka meningkatkan kecepatan penyembuhan luka. Ini karena mereka mampu meningkatkan kandungan hidroksiprolin, komponen utama kolagen pada tikus ini.

Mengutip Journal of Ayurveda and Integrated Medicine, kandungan kolagen yang lebih tinggi memfasilitasi perbaikan luka yang cepat dan regenerasi jaringan.

4. Dapat Mengurangi Batuk

Menurut pengobatan tradisional, manfaat daun sirih dapat meredakan batuk. Daun ini direndam dalam minyak mustard, dihangatkan, dan dioleskan ke dada untuk meredakan hidung tersumbat di paru-paru.

Jus daun sirih dengan madu juga dapat diberikan kepada anak-anak untuk menghilangkan dahak dan batuk berdahak berkat rasanya yang hangat dan pedas. Mengutip sebuah studi, tanaman ini bahkan juga dapat mengobati bronkitis.

Baca Juga: Air Kapur Sirih, Ini 7 Manfaat Baiknya untuk Keluarga

5. Dapat Membantu Memerangi Kanker

Manfaat daun sirih mengandung karsinogen dalam jumlah tinggi yang disebut safrole. Namun, itu dimetabolisme menjadi dihydroxychavicol dan eugenol. Kedua senyawa ini kemudian akan diekskresikan melalui urin.

Daun ini memiliki sifat antioksidan, antimutagenik, dan antikanker. Fitokimia sirih bertanggung jawab atas sifat-sifat ini.

Ini berarti sirih mungkin tidak menyebabkan kanker pada tingkat konsumsi yang tidak membuat ketagihan, kecuali jika Moms membuatnya dengan tembakau. Pasalnya cairan tembakau dikaitkan dengan kanker mulut.

Namun faktanya terkini menyebutkan bahwa senyawa dalam daun sirih, yakni hydroxychavicol dan asam klorogenat mampu melawan karsinogen dari tembakau.

Mereka dapat membunuh sel kanker secara selektif tanpa mempengaruhi sel sehat, tidak seperti obat kanker pada umumnya dan prosedur terapeutik yang relevan.

6. Memiliki Sifat Antiseptik dan Antijamur

Manfaat daun sirih juga memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol. Senyawa ini menawarkan perlindungan ganda dari kuman.

Berkat hal ini, daun sirih juga digunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis. Sifat anti jamurnya bisa mengatasi infeksi jamur secara instan.

Dengan mengaplikasikan pasta daun sirih di daerah yang terkena infeksi jamur, maka ini dapat membunuh infeksi tersebut.

7. Membantu Mengatasi Depresi

Depresi adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan yang bisa memengaruhi sekitar 5 persen populasi dunia.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat herbal seperti mengunyah daun sirih telah digunakan sejak zaman dahulu untuk aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP) yang kemudian bisa melawan depresi.

Lebih lanjut, ditemukan bahwa dengan mengunyah daun ini maka seseorang akan menghasilkan perasaan bahagia dan kewaspadaan tinggi.

Manfaat daun sirih mengandung senyawa fenolik aromatik yang merangsang pelepasan katekolamin. Sejauh ini memang ada hubungan yang kuat antara rendahnya tingkat katekolamin dalam tubuh dan peningkatan risiko depresi.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan melawan depresi, seseorang bisa mencoba untuk mengunyah daun ini.

8. Melindungi Lambung

Mengunyah daun sirih ternyata juga mampu mengobati tukak lambung.

Ini karena daun ini menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi mukus lambung (faktor penting yang melindungi dari maag), dan menurunkan volume sekresi asam lambung.

9. Melawan Malaria

Penelitian telah menemukan bahwa selama zaman kuno di daerah pedesaan Malaysia daun sirih digunakan sebagai obat mengatasi malaria.

Ini karena salah satu manfaat daun sirih di mana terdapat senyawa terpen, yang memiliki sifat anti-malaria.

Flavonoid yang ada dalam daun sirih juga bersifat anti-parasit yang cukup signifikan untuk memerangi berbagai jenis parasit malaria.

Baca Juga: Apa Penyebab Keputihan, dan Apakah Bisa Diatasi Dengan Air Rebusan Sirih?

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya untuk kesehatan secara keseluruhan, ada beberapa manfaat daun sirih untuk wajah yang Moms juga perlu tahu berikut ini:

10. Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih untuk wajah yang pertama adalah sebagai alternatif obat jerawat. Daun ini terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes.

Meski bakteri ini pada dasarnya tidak merugikan bagi kulit jika wajah. Namun saat wajahmu sedang berkeringat dan belum dibersihkan, maka bakteri ini malah akan merugikan.

Ketika kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, maka bakteri akan mendapat nutrisi. Kemudian ia akan merusak wajah dengan cara menumbuhkan jerawat yang meradang.

Jika Moms memiliki jerawat, maka larutan daun sirih dengan konsentrasi 20mg/ml.

Manfaat daun sirih untuk wajah ini diyakini karena daun ini mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin yang bersifat sebagai antibakteri.

11. Mengatasi Luka di Wajah

Saat Moms memiliki luka di wajah, seperti luka gores, maka ini akan sangat mengganggu penampilan bukan? Solusi sederhananya adalah menggunakan gerusan daun sirih yang ditempel di area luka tersebut.

Namun, mengutip Unair News, untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah ini, Moms perlu menggunakan daun sirih merah.

Daun sirih merah memiliki kandungan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri, yang dapat bertindak sebagai antibakteri pada kulit.

Senyawa saponin juga bisa bertindak sebagai antiseptik yang akan mempercepat proses penyembuhan luka, dan mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

Baca Juga: Bikin Bruntusan, Ini 11 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Hindari Gunakan Air Daun Sirih untuk Membersihkan Mata

Jangan Gunakan Air Daun Sirih untuk Membersihkan Mata

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah mendengar kabar bahwa ada manfaat daun sirih untuk mata, dan Moms bisa mendapatkannya dengan menggunakan airnya dan membasuhkannya ke mata.

Air sirih yang biasa digunakan ini berasal dari air rebusan daun sirih. Namun, ini bukanlah hal yang tepat dilakukan, bahkan hal ini bisa melukai mata.

Manfaat daun sirih untuk mata satu ini tidak akan Moms dapatkan karena tingkat keasaman atau pH yang dihasilkan rebusan daun ini tidak sesuai dengan pH normal yang terdapat di permukaan mata.

Alhasil, ia akan menimbulkan reaksi perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata, terutama pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva.

Kondisi ini kemudian akan menyebabkan Moms mengalami kerusakan pada permukaan mata. Moms bisa alami luka pada kornea atau disebut ulkus kornea.

Ketika terjadi kerusakan pada permukaan mata, maka risiko infeksi mata juga akan semakin meningkat.

Daun sirih juga kebanyakan tidak steril, karena di permukaan daun biasanya terdapat mikroorganisme, semisal jamur, yang kemudian bisa menimbulkan infeksi mata.

Ketika terdapat kerusakan pada permukaan mata dan terdapat mikroorganisme, maka permukaan kornea akan lebih mudah terinfeksi. Lama kelamaan kondisi ini akan menimbulkan penyakit keratitis jamur.

Jika Moms tidak menanganinya dengan segera, maka dikhawatirkan ia akan menyebabkan kebutaan.

Ingat ya Moms, mata adalah salah satu organ yang sangat sensitif. Oleh karena itu, pengobatan dan terapi yang diberikan sebaiknya mengikuti saran dokter saja.

Pengobatan yang sembarangan, seperti halnya menggunakan rebusan daun sirih, malah akan menambah masalah pada mata.

Itu dia Moms, manfaat daun sirih serta pentingnya agar tidak menggunakan air daun sirih ke mata. Semoga berguna.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait