Home & Living

4 Juli 2021

Waduh! Kok Kulkas Tidak Dingin? Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Jangan panik dulu ketika kulkas tidak dingin, mungkin ini penyebabnya!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Moms pernah mengalami kulkas tiba-tiba menjadi tidak dingin? Mengingat fungsi kulkas yang krusial dalam rumah tangga, rasanya pasti panik. Kira-kira, apa ya penyebab kulkas tidak dingin dan bagaimana cara mengatasinya?

Kulkas Tidak Dingin

Kulkas rusak

Foto: Freepik.com

Kulkas menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang harus dimiliki di rumah. Alasan mendasar untuk memiliki lemari es adalah untuk menjaga makanan tetap dingin.

Suhu dingin membantu makanan tetap segar lebih lama. Ide dasar dibalik pendinginan adalah untuk memperlambat aktivitas bakteri yang terkandung dalam makanan, sehingga membutuhkan waktu lebih lama bagi bakteri untuk merusak makanan.

Banyak makanan ataupun bahan makanan yang bisa disimpan di dalam kulkas dan bertujuan untuk memperlambat proses pembusukan, seperti buah dan sayur tertentu yang tidak tahan lama jika berada di dalam suhu ruang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika buah dan sayuran tertentu disimpan dalam kulkas selama 15 hari, maka dapat meningkatkan kandungan asam fenolat. Asam fenolat merupakan zat yang ditemui pada buah dan sayur.

Zat ini bermanfaat bagi kesehatan manusia karena potensi antioksidannya dan mencegah kerusakan sel akibat reaksi oksidasi radikal bebas. Jika dikonsumsi teratur, asam fenolat juga meningkatkan kapasitas anti-peradangan manusia.

Baca Juga: 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Catat!

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas tidak dingin menjadi salah satu mimpi buruk yang dialami banyak orang. Tidak hanya makanan terancam busuk, kulkas tidak dingin bisa memungkinkan bakteri dan jamur berkembang dan berpotensi membuat berbagai penyakit datang.

Sebelum Moms dan Dads buru-buru memutuskan untuk memanggil tukang servis kulkas yang tidak dingin, alangkah baiknya kenali dulu penyebab kulkas tidak dingin seperti di bawah ini, siapa tahu bisa diatasi sendiri!

1. Pengontrol Suhu Tidak Disetel dengan Benar

Pengontrol suhu kulkas

Foto: Pxhere.com

Penyebab kulkas tidak dingin yang pertama mungkin karena keteledoran Moms dan Dads yang tidak menyetel pengontrol suhu kulkas dengan benar atau tersenggol saat memasukkan makanan.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah cukup dengan mengubah termostat ke pengaturan suhu yang diinginkan. Pastikan untuk memeriksa freezer dan kulkas, karena keduanya harus memiliki kontrol terpisah.

Cara ini membutuhkan waktu hingga sehari penuh untuk membuat suhu di dalam kulkas kembali stabil.

2. Kumparan Kondensor Kulkas Kotor

Kumparan kondensor kulkas merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigerant bertekanan tinggi menjadi cairan.

Cara ini dilakukan dengan menghilangkan panas dari refrigerant ke temperatur atmosfer sehingga menyebabkan suhu kulkas menjadi dingin.

Jika kumparan kondensor kotor, tentu hal ini menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Baca Juga: 9 Cara Menyimpan MPASI Homemade, Cek di Sini!

3. Karet Pintu Kulkas Kotor

Bersihkan karet kulkas

Foto: Freepik.com

Seiring waktu, segel pintu fleksibel atau karet yang terdapat pada pintu kulkas dapat kotor. Karet pintu kulkas yang kotor membuat pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat, sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin.

Bersihkan karet pintu kulkas dengan spons lembut, air hangat, dan sedikit sabun.

Bersihkan juga sela-sela pintu kulkas dan jangan gunakan pembersih abrasif, sikat, sabut gosok, cairan yang mudah terbakar, atau semprotan pembersih jendela, karena justru dapat merusak karet.

4. Makanan Menghalangi Ventilasi Udara

Moms dan Dads mungkin tidak menyadari kalau ternyata makanan yang ditaruh di dalam kulkas menghalangi ventilasi udara sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin.

Periksa bagian dalam kulkas untuk makanan yang mungkin menghalangi ventilasi udara dingin, sehingga udara dingin tidak dapat masuk ke dalam kulkas.

Geser barang-barang tersebut ke samping atau letakkan di rak yang berbeda.

5. Kulkas Kelebihan atau Kekurangan Beban

isi kulkas berlebihan

Foto: Unsplash.com

Penyebab kulkas tidak dingin selanjutnya adalah terlalu banyak isi di dalam kulkas. Beban di dalam kulkas membantu menjaga kulkas tetap dingin.

Kulkas yang isinya terlalu sedikit ataupun terlalu penuh perlu bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dingin.

Kulkas yang diisi secukupnya akan memiliki beban yang cukup untuk mempertahankan suhu dingin yang seharusnya.

Baca Juga: Supaya Tidak Cepat Membusuk, Ini Tips Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar

6. Kipas Kondensor Rusak

Selain kotor, kipas kondensor yang rusak bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Mengutip dari This Old House, kipas kondensor terletak di lemari di bagian bawah lemari es, dekat kompresor dan kumparan kondensor. Tugas kipas ini adalah menjaga kompresor dan kumparan tetap dingin, sehingga jika rusak lemari es akan mulai memanas.

Cara mengatasi kulkas tidak dingin akibat kipas kondensor rusak adalah pertama Moms dan Dads perlu memeriksa apakah ada debu atau kotoran pada bilah kipas, yang menyebabkan kipas tidak dapat berputar dengan benar.

Jika demikian, bersihkan bilah dengan handuk dengan lembut. Jika bilah tidak berputar sama sekali, motor kipas mungkin perlu diganti.

7. Evaporator Rusak

Periksa Evaporator kulkas

Foto: Pxhere.com

Ada salah satu komponen yang juga penting dalam membuat kulkas tetap dingin, yaitu evaporator.

Evaporator bekerja dengan memindahkan suhu panas dari dalam ke luar kulkas. Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari benda yang disimpan di dalam kulkas.

Evaporator yang rusak menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin karena udara dingin tidak akan bersirkulasi dengan baik.

Cara mengatasi kulkas tidak dingin akibat evaporator kulkas yang tidak berfungsi adalah mengganti motor kipasnya dengan yang baru.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bau Kulkas, Gampang!

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Mengatasi kulkas rusak

Foto: Freepik.com

Jika kulkas di rumah Moms dan Dads sudah tidak dingin, jangan panik dan jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kulkas tidak dingin tergantung penyebabnya. Yuk, coba simak!

1. Pastikan Kulkas Mendapat Cukup Daya

Cara mengatasi kulkas tidak dingin yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kulkas mendapatkan cukup daya listrik.

Kabel listrik yang longgar di stop kontak atau gangguan kabel akan membuat kulkas mati dan tidak beroperasi.

Cara mengecek apakah kulkas mendapat cukup daya adalah dengan membuka pintunya. Jika lampu menyala, lemari es masih memiliki daya dan jika lampu tidak menyala, kemungkinan ada gangguan pada aliran listriknya.

Untuk mengatasi masalah ini, Moms dan Dads dapat memanggil ahlinya.

2. Periksa Pengatur Suhu Kulkas

kulkas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lemari es baru biasanya telah disetel pada suhu kisaran menengah, antara 1,6 hingga 2,7℃, yaitu kisaran suhu optimal untuk lemari es agar makanan yang mudah rusak tetap aman.

Moms dan Dads mungkin secara tidak sadar mengubah pengaturan suhu pada kulkas dan mengubahnya menjadi lebih rendah. Untuk itu, Moms dan Dads cukup mengatur ulang suhu kulkas dan mengembalikan suhunya ke suhu normal.

3. Uji Segel Pintu Kulkas

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah segel atau karet pintu rusak dan kotor. Jika segel pintu kulkas kotor udara dingin dari dalam bisa keluar.

Cara mengatasi kulkas tidak dingin akibat segel pintu adalah menguji segel dengan meletakkan uang kertas di tengah pintu dan kemudian tutup pintu.

Jika Moms dan Dads merasakan ada hambatan saat menariknya keluar, tandanya segel masih berfungsi, tetapi jika mudah lepas, maka Moms dan Dads sepertinya perlu mengganti gasket pintu.

Baca Juga: Tetap Segar dan Aman Dikonsumsi, Ini Tips Menyimpan Telur yang Disarankan

4. Membersihkan Kumparan Kondensor Kulkas

Periksa Evaporator kulkas

Foto: Orami Photo Stock

Kumparan kondensor yang kotor bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Cara mengatasi kulkas tidak dingin selanjutnya adalah dengan membersihkan kondensor dengan alat seperti penyedot debu. Berhati-hatilah agar tidak menekuk atau merusak kumparan kondensor. Jika ragu, Moms dan Dads dapat memanggil jasa servis elektronik.

5. Menempatkan Kulkas Pada Permukaan yang Rata

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah kulkas diletakan pada permukaan yang tidak rata.

Kulkas yang relatif baru segel pintunya masih lentur, sehingga masih dapat mengeluarkan udara dingin dari dalam kulkas dan mengakibatkan kulkas tidak dingin.

Cek kembali apakah kulkas diletakkan pada permukaan yang lebih rendah di satu sisi daripada yang lain. Pintu kulkas yang berat tidak dapat tertutup dengan rapat jika kulkas dalam posisi miring.

Baca Juga: Rahasia Dapur, Ini 5 Cara Menyimpan Cabai Agar Awet!

Jika setelah memeriksa kulkas dan masih tidak tahu penyebabnya, Moms dan Dads tidak perlu ragu untuk memanggil jasa servis kulkas. Semoga kulkas Moms dan Dads cepat kembali normal, ya!

  • https://home.howstuffworks.com/refrigerator1.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6734135/
  • https://www.edukasielektronika.com/2015/09/pengertian-kulkas-bagian-bagian-kulkas.html
  • https://www.thespruce.com/refrigerator-is-not-cooling-5104936
  • https://gagastekno.com/cara-kerja-kulkas-lemari-es-fungsi-setiap-bagian/
  • https://www.thisoldhouse.com/kitchens/21331225/fridge-not-cooling
  • https://www.bobvila.com/articles/refrigerator-not-cooling/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait