14 Mei 2019

Manis dan Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Kurma dalam Mencegah Penyakit Kronis

Makanan apa ya Moms?

Sepanjang Ramadan, masyarakat Indonesia biasanya sudah menyiapkan stok kurma untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, tahukah kamu Moms kalau kurma ternyata salah satu makanan yang sangat bermanfaat buat tubuh?

Ya, tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi kurma sehari-hari, bukan hanya ketika bulan puasa saja. Kurma diketahui memiliki kandungan nutrisi yang bisa mencegah tubuh mendapat serangan penyakit kronis.

Buah yang banyak tumbuh di iklim tropis, khususnya Timur Tengah, ini nyatanya kaya anti-oksidan, vitamin, dan mineral lainnya. Oleh karena itu, kurma memiliki manfaat yang sangat menguntungkan untuk kita.

Meski begitu, Moms sekalian perlu berhati-hati ketika hendak membeli kurma karena di pasaran cukup banyak beredar kurma yang mengandung gula buatan. Perlu diketahui bahwa kurma telah memiliki kandungan gula alami sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Situs kesehatan boldsky.com kemudian merangkum 5 manfaat kurma yang bisa mencegah serangan penyakit kronis. Adapun penyakit kronis yang dimaksud di antaranya adalah serangan jantung, sembelit akut, stroke, dan darah tinggi.

Penasaran apa saja manfaat kurma? Berikut ini ulasannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

bright-cardiac-cardiology-433267.jpg
Foto: bright-cardiac-cardiology-433267.jpg (Pexels.com)

Meskipun bentuknya kecil, kurma merupakan sumber anti-oksidan yang bisa mencegah penyumbatan arteri. Anti-oksidan yang terkandung di dalam kurma nantinya akan menghentikan pembentukan plak di dinding arteri.

Plak di dinding arteri ini yang nantinya bisa mengakibatkan serangan jantung fatal bagi seseorang. Selain itu, kurma juga diketahui memiliki kandungan isoflavon dan fitoestrogen dalam jumlah yang sangat banyak.

Kedua zat nutrisi tersebut dikenal mampu memperbaiki kesehatan kardovaskular seseorang. Oleh sebab itu, mulailah mengonsumsi kurma setiap hari ya Moms.

Baca Juga: Punya Khasiat Menakjubkan, Ini 6 Kurma Termahal dan Terenak Di Dunia

2. Melancarkan Pencernaan

abdomen-casual-close-up-1415554.jpg
Foto: abdomen-casual-close-up-1415554.jpg (Pexels.com)

Selain kaya dengan anti-oksidan yang bisa mencegah serangan jantung, kurma juga memiliki kandungan mineral dan serat dalam jumlah cukup besar.

Kandungan mineral dan serat tersebut diketahui bisa memperbaiki kondisi gastrointensinal atau bahasa awamnya saluran pencernaan seseorang.

Mengonsumsi kurma secara rutin akan memberikan asupan serat yang cukup untuk membantu penyembuhan sembelit. Bukan hanya itu, tingginya kandungan potassium yang terkandung di dalam kurma juga bisa menyembuhkan seseorang dari penyakit diare yang dideritanya.

Mengonsumsi kurma dalam jumlah yang cukup dan secara rutin juga diketahui bisa mencegah Moms dari kanker usus besar. Hal itu lantaran terjadi pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan.

3. Memperkuat Tulang

accident-adult-african-1539678.jpg
Foto: accident-adult-african-1539678.jpg (Pexels.com)

Manfaat lainnya yang tak kalah menakjubkan dari kurma adalah bisa memperkuat tulang. Manfaat ini bisa didapat dari kurma karena buah berwarna hitam ini memiliki banyak kandungan mineral seperti mangan, magnesium, selenium, dan tembaga.

Mineral-mineral tersebut berguna untuk memperkuat sel-sel tulang Moms sekalian. Selain itu, Moms juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis dan jenis penyakit tulang lainnya dengan mengonsumsi kurma secara rutin.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol

kolesterol.jpg
Foto: kolesterol.jpg (Harvard.edu)

Lantaran tidak memiliki kandungan lemak dan sumber kolesterol jahat, kurma mampu menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh manusia jika dimakan secara rutin.

Berdasarkan penelitian terbaru, kandungan zat besi dan serat yang kaya pada kurma dapat membantu mengendalikan kolesterol di dalam tubuh. Dengan demikian, kurma juga bisa sangat baik untuk melawan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengontrol Tekanan Darah

adult-blood-control-220723.jpg
Foto: adult-blood-control-220723.jpg (Pexels.com)

Kandungan potassium di dalam kurma secara efektif dapat mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu, kalium di dalam kurma juga bisa mengurangi efek samping kelebihan makan garam. Hal ini pun akan mencegah Moms terkena penyakit darah tinggi yang bisa menyebabkan stroke ke depannya.

Nah, itu dia 5 manfaat buah kurma untuk mencegah serangan penyakit kronis. Mulai sekarang rutin makan kurma yuk, Moms!

(TPW)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb