Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
17 Juni 2020

Biarkan Si Kecil Memilikinya! Ini 8 Manfaat Bermain Lego

Baik untuk perkembangan Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagian orang menganggap Lego sekadar mainan. Padahal, ada beberapa manfaat bermain Lego. Apa saja?

Lego adalah salah satu merek terbesar di dunia. Mainan konstruksi dan bangunan ini tergolong permainan bebas (free play) yang bisa membuat Si Kecil lupa waktu. Sebab, Si Kecil lah yang menentukan bagaimana cara menggunakan blok-bloknya dan ingin membuat apa.

Ternyata, blok-bloknya yang berwarna-warni dan memiliki banyak sisi bisa mendatangkan banyak kebaikan untuk perkembangan Si Kecil.

Manfaat Bermain Lego untuk Si Kecil

Ini beberapa manfaat bermain Lego menurut The Scots College:

1. Melatih Motorik Halus

manfaat bermain lego Melatih Motorik Halus.jpg

Foto: M_W from Pixabay

Menggabungkan blok-blok Lego yang berbeda bentuk dan ukuran memerlukan keterampilan sekaligus koordinasi mata dan tangan.

Memasangnyapun memerlukan tekanan yang berbeda-beda. Ini bisa jadi latihan mengontrol tekanan jari saat Si Kecil belajar menulis.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

2. Melatih Kerja Sama dalam Tim

manfaat bermain lego Melatih Kerja Sama dalam Tim.jpg

Foto: Efraimstochter from Pixabay

Saat membangun sebuah bentuk Lego bersama teman-teman, Si Kecil belajar berbagi dan bergiliran. Ia juga belajar bernegosiasi tentang peran dan tanggung jawab demi mendapatkan pengalaman sosial yang menyenangkan.

Sebelumnya, mereka harus sepakat dulu ingin membuat apa. Saling memberikan dan mengikuti petunjuk membuat mereka memahami bagaimana ide-ide yang berbeda bisa membuat permainan menjadi lebih menarik.

3. Meningkatkan Kreativitas

manfaat bermain lego Meningkatkan Kreativitas.jpg

Foto: joaogbjunior from Pixabay

Konstruksi Lego yang dibuat Si Kecil berbeda-beda setiap ia bermain. Kreativitas meningkat saat ia menggunakan warna, bentuk, dan ukuran blok Lego yang berbeda-beda untuk membangun desain yang rumit.

Kreativitas dan imajinasi Si Kecil juga berkembang ketika apa yang bisa ia buat tidak dibatasi. Tidak ada salah dan benar, sehingga Si Kecil bisa mengeksplor kreativitas mereka tanpa takut gagal.

Baca Juga: 5 Permainan untuk Dukung Perkembangan Anak 2 Tahun

4. Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Pemikiran Matematis

manfaat bermain lego Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Pemikiran Matematis.jpg

Foto: White77 from Pixabay

Mengikuti instruksi untuk menyusun Lego dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, fokus, dan perhatian terhadap hal-hal kecil. Soal simetri, keseimbangan, bentuk, dan ukuran dieksplor saat Si Kecil bermain dengan Lego.

Ketika anak memperhatikan berapa blok kecil yang bisa muat di blok besar, mereka belajar soal pecahan dan pembagian. Membangun konstruksi Lego juga mengembangkan kemampuan spasial dan pemikiran visual. Anak belajar berpikir di dalam ruang tiga dimensi, memahami jarak, serta hukum dasar fisika.

5. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

manfaat bermain lego Meningkatkan Keterampilan Komunikasi.jpg

Foto: joaogbjunior from Pixabay

Saat Si Kecil menceritakan tentang kreasi Legonya, ia mengembangkan kemampuan komunikasi penting. Di antaranya kemampuan menjelaskan gagasan, menggambarkan karya mereka, berbicara tentang prosesnya, serta menuangkan tantangan yang mereka hadapi ke dalam kata-kata.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

6. Menunjukkan Kegigihan

manfaat bermain lego Menunjukkan Kegigihan.jpg

Foto: klimkin from Pixabay

Seiring perkembangan kemampuan motorik halus anak, Si Kecil bisa membuat bangunan yang lebih rumit dengan desain yang lebih kompleks. Anak belajar menggerakkan tangan dengan hati-hati dan presisi untuk menempatkan blok-blok Lego sedemikian rupa sehingga tidak sampai menghancurkan seluruh konstruksi. Ini membutuhkan kesabaran dan konsentrasi.

Ketika bangunan tersebut ternyata roboh, menurut situs web Lubulona, Si Kecil belajar menghadapi situasi yang menimbulkan frustrasi serta menemukan cara untuk memotivasi diri agar mau mencoba lagi.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

manfaat bermain lego Meningkatkan Kepercayaan Diri.jpg

Foto: ACasualPenguin from Pixabay

Menggabungkan blok-blok kecil Lego untuk menghasilkan produk akhir yang sesuai keinginan Si Kecil bukanlah hal mudah. Saat ia berhasil menyelesaikannya, ada rasa puas yang terlihat dari senyumnya saat ia dengan bangga mempertunjukkan karyanya. Hal ini berefek positif pada kepercayaan diri anak.

Baca Juga: Puzzle, Mainan Edukatif untuk Mengasah Otak Anak

8. Mengembangkan Pemikiran Lateral dan Kemampuan Perencanaan

manfaat bermain lego Mengembangkan Pemikiran Lateral dan Kemampuan Perencanaan.jpg

Foto: StockSnap from Pixabay

Mengikuti instruksi Lego merupakan hal yang menantang. Ketika dihadapkan dengan masalah saat menyusun Lego, Si Kecil harus menelusuri kembali langkah-langkah yang ia ambil dan menganalisis karyannya untuk menemukan bagian Lego yang perlu dibetulkan.

Ternyata, ada banyak manfaat bermain Lego yang selama ini Moms anggap sekadar sarana hiburan Si Kecil. Mungkin hasilnya tidak langsung terlihat, tapi akan berguna suatu saat.

Artikel Terkait