Kesehatan

15 Januari 2021

Harum, Ini 13 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun ini punya banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms kerap menggunakan daun pandan sebagai campuran dalam makanan maupun minuman? Ya, daun pandan memang memiliki banyak keistimewaan.

Mulai dari pewarna makanan alami, penyedap alami, pengusir serangga, bungkus makanan, hingga aromaterapi.

Tapi ternyata, khasiat daun pandan tak hanya berguna untuk makanan dan minuman lho, Moms. Lebih dari itu, daun yang memiliki nama lain Pandanus Amaryllifolius ini juga punya banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Melansir dari Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, daun pandan terbukti punya banyak khasiat karena mengandung fitokimia yakni steroid, karbohidrat, fenol, isoflavon, coumestrol, lignan, alkaloid, glikosida, asam amino dan vitamin, terpenoid, flavonoid, saponin.

Apa saja manfaat daun pandan yang bisa Moms dapatkan, mari simak ulasannya!

Baca Juga: Resep Ayam Pandan Thailand yang Wangi Gurih

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

manfaat daun pandan untuk kesehatan.jpg

Foto: freepik.com

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa daun pandan berguna untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran jika banyak pengobatan tradisional seperti jamu menggunakan campuran daun pandan sebagai obat tradisional menangkal berbagai penyakit. Berikut ini manfaat daun pandan untuk kesehatan.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pusing atau sakit kepala merupakan salah satu gejala umum yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Meski begitu, masih banyak orang yang menyepelekan penyakit darah tinggi. Padahal jika tak segera diobati, darah tinggi bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti stroke, penyakit jantung, dan ginjal.

Menurut sebuah penelitian di Thailand, yang diterbitkan di Pharmacognosy pada tahun 2015, manfaat daun pandan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya glukosa plasma dalam tubuh relawan penelitian secara drastis selama periode penelitian.

Sementara itu, menurut seorang ahli tanaman herbal, Valentina Indrajati mengatakan, "Ada hubungan antara antioksidan dan tekanan darah tinggi, antioksidan berperan dalam menurunkan kolesterol dan asam lemak jenuh penyebab hipertensi”, ungkapnya.

Daun pandan mampu memperlancar peredaran darah, melarutkan asam urat dan asam lemak jenuh serta sebagai antioksidan.

Pernyataan serupa juga dibuktikan dengan penelitian oleh Wang Hui dan rekan dari Chinese Academy of Tropical Agricultural Sciences menyebutkan bahwa daun pandan merupakan sumber antioksidan alami.

Cara mengonsumsi daun pandan untuk menurunkan darah tinggi ialah ambil 20 lembar daun pandan, bersihkan, lalu rebus dengan 5 liter air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 2,5 liter. Kemudian konsumsi seduhan air pandan ini sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

Baca Juga: Minuman Herbal Pencegah Kanker Terpopuler

2. Mengurangi Kecemasan pada Anak

Aroma daun pandan yang menenangkan juga ampuh digunakan untuk meredakan kecemasan pada anak.

Menurut Journal of International Dental and Medical Research aromaterapi daun pandan dipadukan dengan musik relaksasi terbukti mampu menurunkan tingkat kecemasan pada pasien anak yang sedang menjalani perawatan gigi.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Saat tubuh merasa lemas dan lesu tentu akan memengaruhi selera dan nafsu makan. Apalagi jika hal ini dialami oleh si kecil pasti akan membuat Moms tidak tenang.

Jangan khawatir, Moms bisa mengandalkan manfaat daun pandan yang ada di dapur untuk mengembalikan dan meningkatkan kembali nafsu makan anak.

Caranya pun mudah, Moms hanya perlu merebus 10 gram daun pandan dengan 3 gelas air.

Biarkan mendidih dan air menyusut lalu konsumsi pada pagi dan sore hari agar nafsu makan anak terjaga serta tubuh menjadi lebih bugar.

4. Detoksifikasi

Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama hati. Daunnya dianggap sebagai pencahar ringan dan aman yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Daun pandan bersifat diuretik alami, yakni memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, daun pandan juga bisa menetralkan racun dengan cara melepaskan kotoran dari tubuh.

Untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun berbahaya, Moms bisa menyeduh daun pandan sebagai teh dengan campuran 4 lembar daun pandan, jahe, kapulaga, gula aren, dan air.

Lalu seduh hingga mendidih dan diamkan 10 menit. Teh daun pandan kini bisa Moms nikmati.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

5. Mencegah Kanker

Dengan mengonsumsi teh seduhan daun pandan sebanyak 2 kali sehari, dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebut bahwa kandungan ekstrak daun pandan yang memiliki efek efek antibiotik, antiproliferative, dan apoptotic berpotensi untuk digunakan dalam terapi antikanker.

Manfaat Daun Pandan untuk Rambut

manfaat daun pandan untuk rambut.jpg

Foto: freepik.com

Jika tadi sudah dibahas mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, kini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat daun pandan untuk permasalahan rambut.

Pandan wangi merupakan jenis tumbuhan monokotil dari spesies Pandanaceae dengan aroma khas pada daunnya.

Selain itu, pandan wangi juga menjadi komponen penting dalam masakan di negara-negara Asia Tenggara tak terkecuali Indonesia.

Perawatannya yang mudah dan bisa tumbuh di mana saja menjadikannya sebagai salah satu tanaman yang digandrungi masyarakat.

Selain kegunaannya menambah aroma dan cita rasa pada masakan, ternyata daun pandan juga punya manfaat untuk kesehatan rambut, Moms. Berikut ini manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan rambut.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Herbal?

6. Ketombe

Apakah Moms memiliki ketombe yang membandel dan sulit untuk dihilangkan meskipun telah mencoba berbagai shampo?

Jika ya, maka Moms harus mencoba perawatan rambut dengan daun pandan.

Tak hanya itu, kandungan dalam daun pandan mampu membantu meringankan kulit kepala yang kering dan gatal akibat ketombe. B

erikut ini bahan-bahan dan cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan ketombe dengan daun pandan.

Bahan-bahan:

  • 10 helai daun pandan yang sudah dikeringkan
  • Air hangat

Penggunaan:

  1. Tumbuk kasar daun pandan kering lalu tambahkan dengan air hangat hingga menggumpal.
  2. Kemudian balurkan ke kulit kepala dan pijat. Terakhir, bilas dengan air hangat dan lakukan secara berkala.

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

7. Mencegah Rambut Rontok

Selain mengatasi permasalahan ketombe, daun pandan juga berfungsi untuk mencegah rambut rontok. Berikut ini bahan dan caranya:

Bahan-bahan:

  • 1 helai daun pandan
  • 10 helai daun bunga sepatu
  • 5 helai daun plum aralia
  • Segenggam daun daisy
  • 10 kuntum bunga melati
  • 10 kelopak mawar
  • Minyak kemiri
  • Minyak kelapa
  • Minyak wijen

Cara Penggunaan:

  1. Cuci bersih semua bahan-bahan yang dibutuhkan hingga bersih.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam panci aluminium lalu didihkan.
  3. Setelah mendidih saring campuran tersebut dan tunggu hingga ramuan mendingin.
  4. Oleskan ke rambut dan kulit kepala hingga merata.
  5. Bungkus kepala dengan handuk hangat agar ramuan meresap sempurna.
  6. Biarkan semalaman dan keramas keesokan harinya.

Ulangi perawatan ini sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil maksimal dan permasalahan rambut rontok bisa segera diatasi.

Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Perawatan Rambut Alami, Bikin Berkilau!

8. Meningkatkan dan Mempertahankan Pigmen Rambut

Bagi sebagian orang, uban adalah permasalahan rambut yang paling dihindari. Rambut yang memutih kadang memang membuat tak percaya diri.

Perawatan rambut beruban pun juga tak mudah. Umumnya, orang menutupi rambut yang beruban dengan cat rambut berwarna lebih gelap.

Namun, ada cara lain yang bisa Moms lakukan untuk menutupi rambut berubah selain dengan mengecatnya, yakni dengan sari daun pandan.

Caranya pun mudah, Moms hanya perlu memotong daun pandang sebanyak 7 helai menjadi beberapa bagian, lalu cuci bersih dan rebus dengan 1 liter air.

Setelah air berwarna kehijauan, angkat dari kompor kemudian diamkan semalaman.

Keesokan harinya tambahkan tiga buah mengkudu lalu usapkan ke rambut dan kulit kepala seperti sedang keramas dengan sampo biasa.

Gunakan sebanyak tiga kali seminggu untuk melihat hasil yang terbaik.

Manfaat Daun Pandan untuk Kulit

manfaat daun pandan untuk kulit.jpg

Foto: freepik.com

Selain kaya manfaat untuk kesehatan tubuh dan rambut, siapa sangka daun pandan juga berkhasiat untuk kesehatan kulit wajah.

Mulai dari mengencangkan hingga menghaluskan semua bisa didapatkan hanya dengan merawat diri menggunakan daun pandan.

Kandungan nutrisi pada daun pandan seperti saponin, polifenol, tanin, pigment, dan alkaloid terbukti ampuh mengatasi permasalahan kulit. Berikut ini penjelasan tentang manfaat daun pandan untuk kulit.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

9. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Banyak hal yang memicu jerawat muncul di wajah yakni stres, datang bulan, hingga makanan.

Untuk mencegah timbul jerawat maka diperlukan perawatan khusus, salah satunya dengan masker daun pandan.

Selain efektif mengatasi jerawat, masker daun pandan juga berkhasiat menyamarkan flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Agro Food Industry Hi Tech daun pandan mengandung beberapa unsur dan zat sebagai sumber antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah jerawat.

Moms bisa mencampurkan bahan-bahan lain seperti jeruk nipis, madu, tomat, untuk hasil yang lebih maksimal. Berguna sekali kan manfaat daun pandan yang satu ini?

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

10. Menyehatkan Kulit

Daun pandan mengandung banyak vitamin seperti vitamin B3, vitamin K, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin D yang memberikan banyak manfaat.

Mengonsumsi daun pandan dengan cara dimakan, diseduh, akan membantu Moms memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan alami.

11. Mengecilkan Pori-pori

Masalah kulit pastilah tak jauh-jauh dari pori-pori yang membesar. Munculnya jerawat juga diawali oleh pori-pori yang besar sehingga mudah tertutup kotoran dan menyebabkan jerawat.

Untuk menghindari hal itu, Moms bisa mulai mencoba membersihkan wajah dengan masker daun pandan yang dicampur kuning telur untuk hasil terbaik.

12. Mencegah Penuaan Dini

Daun pandan mengandung zat yang dapat membantu mengangkat sel mati pada kulit dan segera memulihkannya, sehingga kulit akan lebih cerah dan kencang serasa kembali muda.

Moms hanya perlu menggunakan masker pandan yang sudah diseduh airnya lalu mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah secara merata untuk kulit wajah yang kenyal dan awet muda.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

13. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Tanin merupakan zat yang terkandung dalam daun pandan dan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada kulit akibat luka bakar. Bahkan kandungan zat ini juga bisa menghaluskan kulit sehingga membuatnya lebih sehat usai kulit terbakar.

Itulah manfaat daun pandan untuk kesehatan, wajah, hingga rambut. Kini, Moms tak boleh lagi menyia-nyiakan daun pandan bahkan bisa memulai menanamnya di pekarangan rumah karena memiliki khasiat yang melimpah.

Kira-kira manfaat daun pandan mana yang akan Moms rasakan dan coba di rumah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait