29 Maret 2024

10 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan, Bisa Lawan Kanker!

Meski pahit, ternyata ada banyak manfaat buah pare berikut ini!

Apakah Moms penyuka pare? Pastikan tahu manfaat buah pare berikut ini!

Mungkin banyak orang yang tak menyukai pare karena rasanya yang sangat pahit.

Semakin matang buahnya, maka rasa dari pare pun akan semakin pahit.

Pare atau Momordica charantia adalah tanaman merambat tropis yang termasuk dalam keluarga labu dan terkait erat dengan zucchini, labu, dan mentimun.

Meski pahit, namun tanaman ini dibudidayakan di seluruh dunia karena buahnya yang dapat dimakan.

Pare pun menjadi salah satu makanan pokok dalam banyak jenis masakan Asia.

Pare yang tumbuh di Cina biasanya panjang, hijau pucat, dan memiliki permukaan yang bergelombang mirip kutil.

Sementara itu, pare yang tumbuh di India lebih kecil dan memiliki ujung runcing dengan paku yang kasar dan bergerigi di kulitnya.

Baca Juga: 15+ Buah Penyubur Kandungan, Bisa Bantu Program Hamil

Kandungan Gizi Pare

Buah Pare
Foto: Buah Pare (Freepik.com/jcomp)

Namun, meski rasanya yang pahit dan penampilannya yang khas, manfaat buah pare untuk kesehatan ternyata tidak main-main dan sehingga sayang jika dilewatkan.

Mengutip U.S. Department of Agriculture, dalam satu cangkir (94 gram) pare mentah terkandung beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 93% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Vitamin A: 44% dari RDI
  • Folat: 17% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Seng: 5% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI

Manfaat buah pare juga kaya akan vitamin C, yakni mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Ini juga tinggi vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Dalam pare juga tersedia folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta jumlah yang lebih kecil dari kalium, seng, dan besi.

Pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik.

Mereka adalah senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Pare juga rendah kalori namun tinggi serat.

Nah, untuk mencari tahu lebih lengkapnya lagi, yuk simak ragam manfaat buah pare untuk kesehatan berikut ini!

Baca Juga: 7 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda dan Janin Dalam Kandungan, Banyak Gizinya!

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan

Smoothie Pare
Foto: Smoothie Pare (Freepik.com/jcomp)

Penasaran apa saja manfaat buah pare untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

1. Buah Pare Bantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat buah pare telah dikaitkan dengan penurunan gula darah tubuh.

Ini karena pare memiliki sifat yang bertindak seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi.

Konsumsi pare dapat membantu sel tubuh memanfaatkan glukosa dan memindahkannya ke hati, otot, dan lemak.

Pare juga dapat membantu tubuh mempertahankan nutrisi dengan memblokir konversi mereka menjadi glukosa yang berakhir di aliran darah.

Meksi pare bukanlah pengobatan yang disetujui untuk atasi pra diabetes atau diabetes, namun ia terbukti dapat mengelola gula darah.

Beberapa penelitian telah meneliti pare dan diabetes.

Namun, sebagian besar merekomendasikan melakukan lebih banyak penelitian sebelum menggunakan bentuk olahan pare apa pun untuk dijadikan obat diabetes.

Sebuah studi di Journal of Ethnopharmacology membandingkan efektivitas pare dengan obat diabetes.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa pare memang mengurangi kadar fruktosamin dengan peserta diabetes tipe 2.

Namun, itu kurang efektif dibandingkan dengan dosis rendah dari obat yang diabetes.

2. Melawan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa tertentu dengan sifat melawan kanker.

Ini juga bisa menjadi manfaat buah pare yang patut disimak, lho.

Penelitian di jurnal Evidence Based Complementary and Alternative Medicine, menunjukkan bahwa ekstrak pare efektif membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tak hanya bisa menurunkan kadar gula darah, manfaat buah pare untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Kondisi kolesterol tinggi biasanya dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Satu studi pada tikus dengan diet tinggi kolesterol yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information mengamati bahwa pemberian ekstrak pare menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", dan trigliserida.

Namun, penelitian terkini tentang potensi penurun kolesterol dari pare sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan yang menggunakan ekstrak pare dosis besar.

Studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah efek yang sama berlaku untuk manusia yang memakan pare sebagai bagian dari diet seimbang.

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

Apakah Moms sedang dalam rencana penurunan berat badan?

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb