Program Hamil

18 April 2021

15 Buah Penyubur Kandungan yang Bisa Moms Konsumsi

Ternyata makanan juga bisa mempercepat kehamilan lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kehadiran buah hati biasanya menjadi hal yang paling dinanti oleh pasangan yang baru menikah. Tidak jarang program hamil pun segera dimulai, berharap agar cepat mengalami kehamilan.

Namun, meski sudah melakukan program hamil, nyatanya masih kurang jika tidak Moms imbangi dengan memperbaiki asupan makanan untuk program hamil sehat yang bisa membantu mempercepat kehamilan.

Berdasarkan sebuah penelitian tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, selain usia dan genetika, makanan tertentu dapat membantu mempercepat kehamilan, termasuk buah penyubur kandungan

Jenis Buah Penyubur Kandungan

Kira-kira buah untuk program hamil seperti apa yang bisa dikonsumsi ya Moms? Berikut ini daftarnya!

1. Semangka

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah pertama yang baik sebagai penyubur kandungan adalah semangka. Menurut ahli gizi Alisa Vitti, buah terbaik untuk memberi tubuh pasokan yang kaya manfaat untuk sel telur adalah semangka.

Buah ini kaya air, yang juga bisa memberikan suplai glutathione. Ini adalah jenis antioksidan penting yang sangat penting bagi kualitas sel telur. Perlu diketahui, semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, lho.

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Reproductive Biology and Endocrinology, stres oksidatif dapat mempengaruhi proses reproduksi wanita secara keseluruhan.

2. Avokad

buah yang menyuburkan kandungan

Foto : food revolution

Kandungan lemak avokad termasuk yang paling tinggi dan sangat baik untuk kesehatan sel telur. Makanya avokad sangat baik sebagai buah penyubur kandungan.

Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, avokad memiliki keunikan di antara buah-buahan dan sayuran lainnya karena mengandung jauh lebih banyak nutrisi kunci folat dan kalium, yang biasanya kurang dikonsumsi dalam diet ibu. Beberapa kandungan lain di dalam alpukat adalah:

  • Vitamin B, termasuk B6 yang dapat meregulasi produksi hormon
  • Vitamin E, dapat mestabilkan dan melindungi sel dari oksidasi
  • Potasium, untuk mengatur tekanan darah
  • Serat dan rendah gula karbohidrat, yang aman untuk penderita diabetes dan PCOS (sindrom polikistik ovarium).

Selain itu, avokad juga memenuhi kebutuhan lemak tunggal tak jenuh, jenis lemak baik yang diperlukan tubuh terutama sistem reproduksi. Mengolahnya pun mudah, misalnya dibuat menjadi jus, isian sandwich, salad, atau olesan selai.

Baca Juga : Berniat Menjalani Program Hamil? Ikuti Dulu Panduan 30 Hari Pra Kehamilan Ini

3. Blueberry

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah blueberry tak hanya merupakan sumber antioksidan, tapi juga tinggi akan vitamin C, folat, dan serat, serta bagus sebagai penyubur kandungan.

Artinya, blueberry berkhasiat sebagai buah untuk kesuburan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Terlebih di lingkungan yang penuh dengan radikal bebas, antioksidan membantu menjaga sel reproduktif dari penurunan fungsinya.

4. Jeruk Bali

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah jeruk seperti jeruk bali atau buah citrus adalah beberapa sumber buah terbaik yang mengandung vitamin C, yang membantu sebagai penyubur kandungan dengan menstabilkan ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur. Mereka juga dikemas dengan kalsium, potasium, dan folat.

Jeruk bali dan jeruk juga sangat tinggi dalam poliamina putresin, yang dapat meningkatkan kesehatan telur dan semen. Penelitian telah menunjukkan bahwa putresin dapat menurunkan cacat kromosom pada telur yang diovulasi sebesar 50%.

Paling tidak dalam sehari, makanlah 1 porsi jeruk, baik itu grapefruit berukuran sedang, jeruk besar, atau yang buah citrus lainnya.

5. Pisang

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan potasium yang tinggi dalam pisang meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan.

Cara kerja senyawa ini adalah dengan meningkatkan energi dan kekebalan tubuh serta memberikan suplai mineral dan nutrisi yang diperlukan.

Tak hanya itu, konsumsi pisang juga meningkatkan produksi serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan.

Buah penyubur kandungan yang satu ini, juga bisa mengusir stres atau mood buruk yang bisa berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang untuk hamil.

Baca Juga: Resep Puding Pisang Kukus yang Lembut dan Enak

6. Mangga

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah penyubur kandungan satu ini menawarkan banyak antioksidan yang ideal untuk wanita yang memang sedang mencoba untuk hamil.

Nutrisi lain yang banyak terkandung dalam mangga adalah banyaknya vitamin C dan B. Buah mangga juga kaya serat, karoten, dan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan calon ibu.

Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga tubuh kita lebih sehat dan mengonsumsi buah ini akan membantu Moms agar bisa segera hamil dan memiliki momongan.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dalam mangga juga dapat menghindarkan tubuh dari infeksi dan agen antikumannya bisa membunuh bakteri penyebab diare.

Selain dengan dimakan langsung Moms juga bisa mengolahnya dalam bentuk salad, sup dingin, acar nasi goreng, hingga minuman smoothie.

7. Pepaya

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya mungkin menjadi salah satu buah favorit Moms sebagai penyubur kandungan. Selain bagus dalam membantu memperlancar pencernaan kita, pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan kesuburan rahim agar cepat hamil.

Jika Moms ingin cepat hamil dan suka buah pepaya, maka buah ini adalah pilihan yang bagus. Buah yang mengandung nutrisi yang selalu dibutuhkan tubuh kita.

8. Nanas

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah penyubur kandungan selanjutnya adalah buah nanas, yang terkadang rasanya sedikit asam.

Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang enak untuk dimakan. Namun nanas juga merupakan salah satu buah penyubur kandungan kita lho, Moms.

Makan buah nanas terutama, bagian inti nanas sangat populer karena klaimnya membantu menebalkan lapisan dan membantu dalam implantasi embrio ke dalam lapisan rahim yang telah menjadi simbol kesuburan!

Nanas mengandung enzim unik yang disebut bromelain, yang sebenarnya merupakan enzim pencerna protein, yang diklaim dapat membantu menebalkan lapisan dan bertindak sebagai pengencer darah yang sangat ringan yang membantu aliran darah ke daerah tersebut, yang dianggap bermanfaat sebagai penyubur kandungan.

Meskipun tidak ada penelitian ilmiah di luar sana yang menunjukkan bahwa benar-benar membantu sebagai penyubur kandungan, nanas adalah buah yang bergizi dan menawarkan berbagai macam nutrisi termasuk vitamin C, vitamin B, magnesium, mangan dan kalium ditambah beberapa serat juga!

Jangan berlebihan, terutama pada nanas kalengan dalam jus yang dapat dengan cepat menambah total gula harian Anda.

Nanas bisa dikonsumsi sendiri atau enak juga jika ditambahkan dengan seporsi keju. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan yang membuat kita wajib mengonsumsi buah satu ini.

Namun, perlu diingat juga bahwa ini bukan berarti Moms boleh makan nanas secara berlebihan ya. Makanlah secukupnya dan lebih baik diamkan sejenak nanas dalam suhu ruang sebelum mengonsumsinya.

Jumlah yang disarankan di beberapa situs web adalah mengonsumsi 5 butir nanas selama 5 hari setelah transfer embrio untuk membantu bayi menempel, sehingga dapat dimasukkan ke dalam 2-3 porsi buah setiap hari.

Baca Juga: Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran? Simak Penjelasannya, Yuk!

9. Apel

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Apel bisa membantu Moms meningkatkan keberhasilan untuk hamil atau penyubur kandungan.

Buah apel adalah salah satu buah terbaik yang membantu kesuburan rahim, terutama jika Moms ingin menurunkan kolesterol dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Namun jangan konsumsi terlalu banyak ya Moms, karena bisa menyebabkan sembelit. Moms bisa mengonsumsi sebuah apel untuk satu hari.

10. Pir

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah pir termasuk buah penyubur kandungan karena kandungan anti-peradangan yang tinggi.

Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada pear juga mencegah kerusakan sel telur.

11. Buah Delima

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms makan buah delima? Delima merupakan jenis buah penyubur kandungan yang telah dikenal sejak jaman dulu.

Buah ini memiliki kandungan vitamin A, B3, E, asam folat, potasium, dan serat yang sangat baik untuk kandungan calon ibu.

Penelitian menemukan delima mampu mencegah risiko prostat dan kanker payudara. Delima juga kaya vitamin C dan resveratrol (jenis antioksidan) yang baik menangkal penyakit dan mencegah keguguran. Buah ini juga mampu meningkatkan libido.

12. Jambu Biji

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah jambu biji juga termasuk dalam buah penyubur kandungan. Jambu biji banyak mengandung vitamin A, B3, B6, asam folat dan magnesium yang sangat baik untuk menyuburkan.

Buah ini juga kaya serat yang baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh.

Jambu biji dikenal sebagai superfood karena kaya vitamin C, likopen dan antioksidan yang baik untuk perlindungan tubuh. Mineral mangan dan potasiumnya juga berguna meningkatkan kesuburan kandungan.

Mereka yang mengalami gangguan tiroid juga harus sering makan jambu biji karena buah ini mengandung mineral tembaga. Sama seperti pepaya, jambu biji juga rendah indeks glikemiknya sehingga aman bagi penderita diabetes.

13. Buah Ara

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: lahainagrill.com

Buah ara juga dikenal sebagai buah yang manjur untuk penyubur kandungan. Banyak orang sering menggunakan buah ini dalam ramuan herbal untuk calon ibu yang ingin cepat hamil. Apalagi buah ini kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Di samping itu, buah ara terbukti dapat melindungi Moms dari kanker payudara, merosotnya kepadatan tulang, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. Tak hanya sehat, citarasa buah ara juga lezat.

14. Buah Kiwi

buah yang menyuburkan kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Kiwi memang enak dijadikan sebagai jus, tidak hanya itu, buah ini juga bagus untuk penyubur kandungan.

Kiwi mengandung vitamin C, E, asam folat, potasium, tembaga dan mangan yang baik untuk menguatkan kandungan. Kandungan seratnya berguna melancarkan pencernaan juga lho.

Baca Juga: Ini Perbedaan Jus dan Smoothies, Mana yang Lebih Baik?

15. Buah Bit

penyubur kandungan

Foto: Orami Photo Stock

Buah bit adalah buah penyubur kandungan lainnya. Bit juga mengandung banyak serat mikronutrien terutama folat, kalium, vitamin C dan mangan serta beberapa zat besi dan antioksidan yang berasal dari warna merah pekatnya.

Sekali lagi, tidak ada penelitian ilmiah yang melihat apakah klaim ini benar, teorinya memeriksa dan jika ini adalah cara untuk membuat Moms makan lebih banyak buah dan sayuran sebelum dan setelah transfer IVF atau perawatan kesuburan lainnya.

Bit adalah salah satu dari 6 makanan favorit saya untuk dimasukkan dalam dua minggu menunggu untuk meningkatkan implantasi.

Itu dia berbagai buah penyubur kandungan. Dengan banyak mengonsumsi berbagai buah di atas, Moms bisa lebih cepat hamil lho.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait