Program Hamil

2 Juni 2021

5 Makanan untuk Kesuburan Wanita, Termasuk Susu Murni

Protein nabati hingga biji-bijian diyakini sebagai makanan untuk kesuburan wanita dalam program kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kesuburan dan diet merupakan topic yang hangat, dan makanan untuk kesuburan wanita menjadi sub tema dari hal tersebut.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, sekitar 1 dari 10 wanita mengalami masalah kesuburan.

Menjaga pola makan yang sehat penting di setiap titik kehidupan para wanita, terutama saat mencoba untuk hamil.

Meskipun tidak ada makanan untuk kesuburan wanita yang secara ajaib akan meningkatkan peluang Moms untuk hamil, diet bergizi dan seimbang pasti dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi.

Menurut sebuah studi tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, tidak seperti factor yang tidak bisa dikendalian seperti usia dan genetika, mengonsumsi makanan untuk kesuburan wanita adalah sesuatu yang bisa Moms lakukan sendiri dan membantu meningkatkan fungsi ovulasi,"Makan seolah-olah Anda sedang hamil sebenarnya dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk konsepsi," kata Sarah Krieger, R.D., ahli gizi yang berbasis di St. Petersburg, Florida.

Makanan Untuk Kesuburan Wanita

Dengan mengingat hal tersebut, di bawah ini ada beberapa makanan untuk kesuburan wanita untuk optimalisasi tubuh jelang kehamilan:

1. Minyak Nabati Tak Jenuh

Minyak nabati sebagai makanan untuk kesuburan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk kesuburan wanita ini merekomendasikan untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Jenis lemak ini dianggap sehat. Lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam minyak zaitun, minyak kanola, alpukat, dan kacang-kacangan seperti kacang mete dan almond.

Biji-bijian, seperti wijen dan biji labu, juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik.

Sementara itu, lemak tak jenuh ganda ditemukan pada ikan berlemak air dingin seperti sarden, salmon, dan tuna.

Namun, karena ikan dapat menjadi sumber merkuri (yang berbahaya bagi anak yang sedang berkembang), diet kesuburan merekomendasikan untuk mendapatkan lemak tak jenuh ganda dari sumber nabati, seperti biji rami, kenari, dan minyak kanola.

Kedelai, bunga matahari, dan minyak safflower juga bisa menghasilkan lemak tak jenuh ganda.

2. Protein Nabati

Ilustrasi protein nabati sebagai makan untuk kesuburan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Rekan penulis "The Fertility Diet" menemukan bahwa wanita yang memiliki asupan protein hewani tertinggi lebih mungkin mengalami infertilitas ovulasi dibandingkan mereka yang memiliki asupan protein hewani terendah.

Faktanya, menambahkan satu porsi daging merah, ayam, atau kalkun per hari memprediksi hampir 32% peningkatan risiko infertilitas ovulasi menurut American Journal Obstetrics and Gynecology.

Selain itu, kebalikannya benar ketika para peneliti melihat pada protein nabati wanita yang mengonsumsi banyak protein nabati jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami infertilitas ovulasi.

Makan lebih banyak protein dari tumbuhan dan lebih sedikit dari hewan dapat membantu sebagai makanan untuk kesuburan wanita.

Baca Juga: Kesuburan Wanita Usia 30-an Terus Menurun, Apa Risikonya Bila Hamil?

3. Biji-bijian utuh

Ilustrasi biji-bijian

Foto: Orami Photo Stock

Jumlah total karbohidrat dalam diet kesuburan tidak terkait dengan ketidaksuburan ovulasi.

Wanita yang mengonsumsi tingkat karbohidrat terendah sama mungkinnya dengan mereka yang mengonsumsi tingkat karbohidrat tertinggi untuk mengalami kesulitan hamil. Namun, jenis sumber karbohidrat tampaknya berperan.

Secara khusus, wanita yang mengonsumsi banyak karbohidrat dengan beban glikemik tinggi atau makanan yang cenderung dicerna dan berubah menjadi gula dengan cepat lebih cenderung mengalami infertilitas dibandingkan wanita yang mengonsumsi karbohidrat dengan beban glikemik lebih rendah (jenis yang mengandung banyak karbohidrat serat dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk rusak).

Makanan untuk kesuburan wanita tidak mengharuskan Moms mengikuti indeks glikemik.

Alih-alih, Moms akan disarankan untuk beralih ke biji-bijian untuk roti dan pasta, mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, dan makan banyak sayuran dan buah utuh. Selain itu juga harus mengganti minuman soda dengan air.

4. Produk Susu Murni

Produk susu murni sebagai makanan untuk kesuburan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi mungkin menemukan hubungan antara banyak produk susu dan infertilitas saat mereka menyisir data dari studi perawat. Namun, mereka tidak menemukannya sama sekali.

Sebaliknya, mereka menemukan hubungan antara produk susu rendah lemak dan infertilitas.

Semakin banyak produk susu rendah lemak dalam makanan wanita, semakin besar kemungkinan dia mengalami kesulitan untuk hamil.

Sebaliknya, semakin banyak produk susu berlemak penuh dalam menu makanan untuk kesuburan wanita, semakin kecil kemungkinan dia mengalami masalah hamil.

"Makanan kesuburan paling ampuh" adalah susu murni, diikuti oleh es krim dan yogurt berlemak penuh. Karena itu, dianjurkan agar setiap wanita yang berusaha hamil mengonsumsi satu porsi susu penuh lemak, es krim, atau yogurt per hari.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Sehari-hari yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

5. Buah, Sayuran, dan Kacang Kaya Zat Besi

Zat besi sebagai makanan untuk kesuburan wanita

Foto: Orami Photo Stock

Wanita yang mencoba untuk hamil tampaknya lebih beruntung ketika mereka mengonsumsi antara 40 dan 80 mg zat besi per hari, yang dua hingga empat kali lebih tinggi daripada rekomendasi asupan zat besi umum untuk wanita.

Untuk mendapatkan zat besi sebanyak itu, makanan untuk kesuburan wanita merekomendasikan untuk berfokus pada makanan nabati yang kaya zat besi. Misalnya, aprikot, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, asparagus, dan kelapa semuanya tinggi zat besi, begitu pula banyak kacang-kacangan dan beberapa kacang-kacangan.

Bicaralah dengan dokter kandungan tentang mengambil suplemen zat besi; faktanya, banyak vitamin prenatal mengandung zat besi dalam dosis tinggi.

Karena diet kesuburan bersifat fleksibel hanya merekomendasikan jenis makanan tertentu, seperti protein nabati, dibandingkan dengan membutuhkan makanan tertentu mudah untuk dimodifikasi.

Misalnya, jika Moms mengikuti diet bebas gluten, dirimu dapat dengan mudah menghindari makanan yang mengandung gluten selama memastikan mendapatkan cukup serat dan protein nabati dari makanan bebas gluten.

Jika Moms telah didiagnosis dengan alergi makanan, seperti alergi kacang pohon, maka bisa melewatkan kacang pohon apa pun sambil mengikuti prinsip dasar diet kesuburan.

Diet memang menimbulkan sedikit dilema bagi wanita yang memiliki alergi terhadap susu, mereka yang tidak toleran laktosa, atau mereka yang tidak suka susu.

Terakhir pedoman The U.S. Department of Agriculture 2020–2025 juga merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman padat nutrisi.

USDA juga merekomendasikan untuk membatasi makanan dan minuman dengan jumlah tambahan gula, lemak jenuh, dan natrium yang lebih tinggi, dan juga membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, Penting untuk mengidentifikasi kepekaan makanan apa pun dalam menentukan makanan kesuburan wanita.

Kepekaan yang tidak teridentifikasi dapat berdampak negatif pada kesuburan, serta menyebabkan sakit kepala, mulas, gas, kembung, dan penambahan berat badan.

  • https://www.laurelfertility.com/foods-to-eat-increase-fertility/
  • https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(18)30428-X/fulltext
  • https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(18)30428-X/pdf
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S001502821830428X - Elsevier
  • https://www.verywellfit.com/fertility-diet-pros-cons-and-how-it-works-4692461
  • https://www.ajog.org/article/S0002-9378(07)00833-2/fulltext
  • https://www.verywellfit.com/nutrient-density-is-key-to-healthy-eating-2507077
  • https://www.dietaryguidelines.gov/sites/default/files/2020-12/Dietary_Guidelines_for_Americans_2020-2025.pdf
  • https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/parenting/getting-pregnant/10-superfoods-you-must-eat-if-you-trying-to-get-pregnant/photostory/64257703.cms?picid=64257720
  • https://kaldascenter.com/blog/10-foods-will-increase-fertility-libido-in-women
  • https://www.uchicagomedicine.org/forefront/health-and-wellness-articles/dont-make-the-mistake-of-letting-a-diet-kill-sperm
  • https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant#1.-Eat-foods-rich-in-antioxidants
  • https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/what-to-eat-to-get-pregnant/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30196938/
  • https://www.cdc.gov/reproductivehealth/infertility/index.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait