16 November 2023

19 Makanan untuk Penderita Radang Usus yang Bagus Dikonsumsi

Pahami juga apa saja makanan yang perlu dihindari
19 Makanan untuk Penderita Radang Usus yang Bagus Dikonsumsi

Foto: Freepik.com/racool-studio

Bagi penderita radang usus penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini berbagai makanan untuk penderita radang usus yang baik untuk dikonsumsi sekaligus yang patut dihindari.

Radang usus adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

Melansir laman MedicineNet, peradangan pada usus besar ini sering dikaitkan dengan diare, sakit perut kembung, dan juga buang air besar berdarah.

Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi, kekruangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohn’s disease, ulcerative colitis), reaksi alergi, dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen.

Seperti kebanyakan penyakit sistem pencernaan lain, penderita radang usus juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Sindrom Iritasi Usus Besar: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Makanan untuk Penderita Radang Usus yang Disarankan

Menurut para ahli, radang usus disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan atau sistem imun yang terlalu aktif di saluran pencernaan.

Ketidakseimbangan bakteri di dalam usus dapat dikaitkan dengan jenis peradangan tertentu.

Dokter biasanya akan menyarankan jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi oleh penderita radang usus.

Berikut sederet makanan untuk penderita radang usus yang perlu Moms dan Dads perhatikan.

1. Oatmeal

Oatmeal
Foto: Oatmeal (Healthline.com)

Oatmeal adalah makanan prebiotik dan serat beta-glukan membantu memberi makan bakteri baik di usus.

Ini merupakan sumber serat larut, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi beberapa gejala yang terkait dengan radang usus, seperti sembelit atau diare.

2. Buah-buahan yang Tidak Mengandung Gas

Buah-buahan seperti melon, pisang, blueberry, stroberi, jeruk, dan anggur merupakan makanan untuk penderita radang usus.

Selain mengandung vitamin dan antioksidan, kandungan fruktosa yang ada di dalam buah-buahan ini juga dapat mencegah kambuhnya gejala radang usus, seperti diare, muntah atau sakit perut.

3. Dada Ayam Tanpa Kulit

Dada Ayam
Foto: Dada Ayam (Freepik.com/timolina)

Selain telur dan ikan, daging dada ayam tanpa kulit merupakan protein tanpa lemak yang kaya akan gizi.

Selain itu, daging dada ayam tanpa kulit disarankan sebagai makanan untuk penderita radang usus.

Moms bisa mengolahnya menjadi sup ayam yang mengenyangkan.

4. Buah dan Minyak Zaitun

Buah dan daun zaitun mengandung zat yang disebut biofenol, yang merupakan sumber antioksidan paling melimpah dari buah dan sayuran dalam makanan manusia.

Studi di Journal of Dietitians Association of Australia menunjukkan biofenol menjanjikan sebagai anti inflamasi dalam pengobatan radang usus.

Walaupun masih perlu penelitian terhadap manusia, tetapi buah dan minyak zaitun dianggap sebagai salah satu pilihan makanan untuk penderita radang usus yang aman.

5. Kunyit

Kunyit
Foto: Kunyit (Pulse.ng)

Kurkumin adalah zat yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Zat ini juga disebut dapat mengurangi hampir semua jenis penyakit.

Studi di International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa kunyit memiliki sifat terapeutik karena kandungan kurkumin di dalamnya.

Bahan alami ini juga memiliki sifat antimikroba dan imunomodulator sehingga berpotensinya untuk mengubah mikrobioma usus dalam pengobatan penyakit radang usus.

Itulah mengapa kunyit bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk penderita radang usus.

Moms bisa menambahkannya sebagai bumbu masakan atau mengonsumsinya sebagai jamu.

6. Sayuran Fermentasi (Kimchi)

Pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan kimchi, makanan khas Korea yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Selain rasanya yang enak, kimchi juga disebut sebagai makanan untuk penderita radang usus lho, Moms.

Sayuran fermentasi ini merupakan sumber probiotik yang baik dan dapat membantu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Moms bisa mengkonsumsi kimchi secara langsung dengan nasi hangat atau mie instan.

Selain itu, Moms juga dapat mengolahnya menjadi pancake atau sup kimchi.

Baca Juga: 8 Makanan yang Menyebabkan Sembelit pada Bayi, Hindari Moms!

Makanan untuk Penderita Radang Usus Buntu yang Bagus Dikonsumsi

Usus buntu merupakan salah satu organ yang ada di sistem pencernaan dan mudah sekali mengalami peradangan.

Jurnal The BMJ menjelaskan radang usus buntu paling sering dialami pada usia 10 hingga 20 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan usia yang lebih tua juga dapat mengalami radang usus buntu.

Radang usus buntu disebabkan karena adanya penyumbatan pada lapisan usus buntu. Penyumbatan bisa karena tinja, cacingan, luka traumatis atau tumor.

Infeksi yang dipicu oleh penyumbatan menyebabkan radang usus buntu karena terisi oleh nanah.

Penundaan dalam pengobatan apendisitis dapat mengakibatkan komplikasi seperti pecahnya usus buntu, atau abses nanah di perut.

Peradangan usus buntu sebenarnya dapat dikurangi dengan cara natural.

Walaupun cara ini tidak begitu disarankan, tetapi dilansir laman Medlife Moms bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan usus buntu dengan konsumsi makanan untuk penderita radang usus buntu berikut ini.

7. Biji Fenugreek

Fenugreek
Foto: Fenugreek (Indiamart.com)

Biji fenugreek atau biasa disebut biji klabet dipercaya mampu membantu mencegah pembentukan lendir dan nanah di dalam usus buntu.

Hal itupun dapat meredakan sakit perut akut yang ditimbulkan akibat peradangan usus buntu.

8. Olahan Mint

Olahan daun mint juga dipercaya dapat mengurangi gejala peradangan usus buntu.

Sensasi dingin yang dikeluarkan saat konsumsi daun mint yang direbus dengan air dapat mengurangi gejala radang usus buntu, seperti sakit kepala dan juga muntah-muntah.

Moms pun bisa menggunakan olahan daun mint ini sebagai pilihan makanan untuk penderita radang usus.

9. Buttermilk

Buttermilk
Foto: Buttermilk (iStockphoto.com)

Buttermilk merupakan makanan untuk penderita usus buntu karena ringan untuk dicerna.

Bagi Moms yang mungkin belum tahu, buttermilk adalah cairan yang tersisa dari proses pembuatan mentega.

Jenis makanan ini menawarkan probiotik penting yang membantu mengurangi pertumbuhan bakteri atau infeksi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

10. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Sifat-sifat ini menjadikannya pilihan yang efektif melawan radang usus buntu.

11. Buah Segar dan Jus Sayur

Jus Sayuran
Foto: Jus Sayuran (Freepik.com/fabrikasimf)

Sudah bukan rahasia lagi, kalau buah dan sayur merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Saat memiliki gejala radang usus buntu, dokter biasanya akan menyarankan untuk konsumsi buah segar dan jus sayur agar mengurangi gejala peradangan.

12. Sayuran Kukus

Selain diolah menjadi jus, dokter juga biasanya akan menyarankan Moms untuk konsumsi sayuran kukus.

Metode memasak dengan cara dikukus ini dianggap sangat baik karena dapat mempertahankan nutrisi yang ada di dalam sayuran.

Beberapa sayuran yang dapat Moms olah sebagai makanan untuk penderita radang usus yaitu bayam, wortel, asparagus, dan kentang tanpa kulit.

Pola makan mungkin dapat memicu terjadinya peradangan di usus besar.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb