Kesehatan

KESEHATAN
15 Februari 2020

5 Makanan yang mengandung Kolagen, Sehat!

Makanan ini bisa meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kini, ada banyak jenis perawatan dan produk kecantikan yang menawarkan kolagen. Menurut Elizabeth Bradley, Direktur Medis di Pusat Pengobatan Fungsional Klinik Cleveland, tubuh seseorang selalu membutuhkan kolagen seumur hidup.

Karena itu, produk kecantikan yang meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh sangat bermanfaat. Dilansir dari oleh Cleveland Clinic, kolagen adalah protein yang paling banyak di tubuh.

Kolagen biasanya ditemukan pada otot, tulang, tendon, ligamen, organ, pembuluh darah, kulit, lapisan usus dan jaringan ikat lainnya.

Meskipun Moms tidak bisa mengukur tingkat kolagen, tapi Moms bisa mengetahui ketika kadar kolagen dalam tubuh menurun. Karena, kolagen memang akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Menurunnya kadar kolagen dalam tubuh ini berkontribusi pada kulit keriput, pelemahan otot, nyeri sendi hingga masalah gastrointestinal.

"Selain penuaan, alasan utama orang tidak memiliki cukup kolagen adalah pola makan yang buruk. Karena, tubuhmu tidak bisa membuat kolagen jika tidak memiliki elemen yang diperlukan," kata dr Bradley.

Menurut ahli yang dilansir oleh healthline.com, makanan seperti kaldu tulang bisa membantu pembentukan kolagen. Sebuah ulasan tahun 2012 tentang nutrisi dan penuaan juga menyimpulkan bahwa buah dan sayuran bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga: Mengenal Kolagen dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Makanan yang Mengandung Kolagen

Konsumsi makanan kaya kolagen atau meningkatkan produksi kolagen dapat membantu menciptakan asam amino yang dibutuhkan kulit. Ada 3 asam amino yang penting untuk sintesis kolagen, yakni prolin, lisin dan glisin.

Kolagen ini berperan besar dalam membuat kulit bercahaya dan sehat, rambut berkilau serta kuku yang kuat. Berikut ini makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen

1. Kacang Polong

kolagen -kacang polong (shutterstock).jpg

Makanan pertama yang mengandung kolagen adalah kacang polong. Dilansir oleh thehealthy.com, sayuran biasanya bukan sumber protein tertinggi, kecuali kacang polong. Sayuran ini menawarkan hampir 8 gram protein dalam satu ikat.

Protein tanpa lemak seperti kacang polong ini bisa meningkatkan produksi kolagen. Moms bisa mengonsumsi dengan menambahkannya ke dalam sayur sup, salad, dan lainnya.

2. Quinoa

kolagen - quinoa (shutterstock).jpg

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah quinoa. Satu cangkir quinoa bisa menghasilkan lebih dari 8 gram protein yang membantu produksi kolagen dan sedikit seng, mineral yang membantu transformasi asam amino menjadi kolagen. Seng adalah tembaga yang membantu asam amino protein menjadi kolagen.

Baca Juga: 5 Fakta dan Manfaat Kolagen untuk Kecantikan, Tertarik Mencoba?

3. Wortel

kolagen - wortel (shutterstock).jpg

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah wortel. Wortel tidak hanya mengandung vitamin A, tetapi juga mengandung banyak kolagen. Wortel merupakan sumber terbaik untuk memproduksi kolagen yang bisa dikonsumsi dalam salad, sayuran dan lainnya.

4. Kaldu Tulang

kolagen - tulang rawan (shutterstock).jpg

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah kaldu tulang. Kaldu tulang rawan dari ayam atau sapi merupakan sumber protein sekaligus kolagen alami. Jadi, mengonsumsi kaldu tulang rawan secara rutin bisa membantu produksi kolagen.

Baca Juga: Kolagen di Tubuh Berkurang Sejak Usia 25 Tahun dan Picu Kerutan, Apa Faktor Penyebabnya?

5. Legum

kolagen - legum (shutterstock).jpg

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah legum. Legum mengandung banyak komponen yang mendukung produksi kolagen, seperti protein, vitamin C, dan A, seng dan tiamin.

Tiamin adalah vitamin yang sangat penting produksi kolagen karena membantu memecah protein. Vitamin B dalam legum juga membantu revitalisasi kulit dan penyembuhan luka.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung banyak kolagen. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait