28 Juli 2023

10 Makanan yang Mengandung Kolagen, Bagus untuk Kulit!

Makanan ini bisa meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh

Kolagen penting untuk kulit, rambut, dan kuku, persendian dan tulang. Sudah tahu apa saja makanan yang mengandung kolagen?

Melansir Cleveland Clinic, kolagen adalah protein yang paling banyak di tubuh.

Kolagen biasanya ditemukan pada otot, tulang, tendon, ligamen, organ, pembuluh darah, kulit, lapisan usus dan jaringan ikat lainnya.

Meskipun Moms tidak bisa mengukur tingkat kolagen, tapi Moms bisa mengetahui ketika kadar kolagen dalam tubuh menurun.

Karena, kolagen memang akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Menurunnya kadar kolagen dalam tubuh ini berkontribusi pada kulit keriput, pelemahan otot, nyeri sendi hingga masalah gastrointestinal.

Baca Juga: Mengenal Kolagen dan Manfaatnya untuk Kecantikan

Makanan yang Mengandung Kolagen

Konsumsi makanan kaya kolagen atau meningkatkan produksi kolagen dapat membantu menciptakan asam amino yang dibutuhkan kulit.

Ada 3 asam amino yang penting untuk sintesis kolagen, yakni prolin, lisin dan glisin.

Kolagen ini berperan besar dalam membuat kulit bercahaya dan sehat, rambut berkilau serta kuku yang kuat.

Melansir Harvard School of Public Health, dalam makanan, kolagen secara alami terdapat pada daging hewan seperti daging dan ikan.

Berikut ini makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen

1. Kacang Polong

Makanan pertama yang mengandung kolagen adalah kacang polong.

Melansir The Healthy, sayuran biasanya bukan sumber protein tertinggi, kecuali kacang polong.

Sayuran ini menawarkan hampir 8 gram protein dalam satu ikat.

Protein tanpa lemak seperti kacang polong ini bisa meningkatkan produksi kolagen. Moms bisa mengonsumsi dengan menambahkannya ke dalam sayur sup, salad, dan lainnya.

Baca Juga: 10+ Manfaat Sunscreen, Bukan Cuma Melindungi Kulit dari Matahari!

2. Quinoa

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah quinoa.

Satu cangkir quinoa bisa menghasilkan lebih dari 8 gram protein yang membantu produksi kolagen dan sedikit seng, mineral yang membantu transformasi asam amino menjadi kolagen.

Seng adalah tembaga yang membantu asam amino protein menjadi kolagen.

3. Wortel

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah wortel.

Wortel tidak hanya mengandung vitamin A, tetapi juga mengandung banyak kolagen.

Wortel merupakan sumber terbaik untuk memproduksi kolagen yang bisa dikonsumsi dalam salad, sayuran dan lainnya.

4. Kaldu Tulang

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah kaldu tulang.

Kaldu tulang rawan dari ayam atau sapi merupakan sumber protein sekaligus kolagen alami.

Jadi, mengonsumsi kaldu tulang rawan secara rutin bisa membantu produksi kolagen.

Baca Juga: Kolagen di Tubuh Berkurang Sejak Usia 25 Tahun dan Picu Kerutan, Apa Faktor Penyebabnya?

5. Legum

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah legum.

Legum mengandung banyak komponen yang mendukung produksi kolagen, seperti protein, vitamin C, dan A, seng dan tiamin.

Tiamin adalah vitamin yang sangat penting produksi kolagen karena membantu memecah protein.

Vitamin B dalam legum juga membantu revitalisasi kulit dan penyembuhan luka.

6. Ikan

Ikan merupakan makanan yang mengandung kolagen.

Makanan laut ini memiliki jaringan ikat dan tulang yang kaya kolagen alami berkualitas tinggi.

Jenis kolagen yang terdapat dalam ikan lebih mudah dicerna dibandingkan dengan kolagen dari sumber lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebagian besar kolagen ikan terdapat pada kepala, bola mata, dan kulitnya.

Jika Moms tidak menyukai bagian-bagian tersebut, Moms masih bisa mendapatkan asupan kolagen dengan mengonsumsi daging ikan dan kulitnya.

7. Ayam

Ayam juga merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Namun, tidak semua bagian ayam mengandung banyak kolagen.

Bagian ayam yang paling banyak mengandung kolagen adalah leher dan tulang muda.

Selain itu, ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen.

8. Daging

Daging merah mengandung kolagen, terutama pada bagian yang mengandung jaringan ikat seperti tendon dan ligamen.

9. Telur

Telur mengandung kolagen dalam kuantitas kecil, terutama pada kuning telur.

10. Buah-buahan dan Sayuran Berwarna Gelap

Buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, stroberi, kiwi, bayam, dan brokoli mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen dalam tubuh.

Makanan yang mengandung kolagen telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb