Kesehatan Umum

24 Oktober 2021

Selain Enak Dikonsumsi, Ini Dia 11 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan!

Bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Moms penggemar drama Korea atau drakor? Bagi Moms gemar menonton drama Korea pasti sudah tak asing lagi dengan kimchi. Makanan ini menu yang selalu ada saat menyantap makanan Korea. Selain enak, manfaat kimchi juga sangat beragam bagi kesehatan.

Kimchi sebetulnya adalah sayur kubis yang diawetkan dengan bumbu pedas. Secara historis di Korea, tidak selalu memungkinkan untuk menanam sayuran segar sepanjang tahun.

Oleh karena itu, penduduk orang mengembangkan metode pengawetan makanan, seperti pengawetan dan fermentasi, yakni suatu proses yang menggunakan enzim untuk membuat perubahan kimiawi dalam makanan.

Kimchi biasanya mengandung bumbu seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai.

Meskipun biasanya difermentasi selama beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum disajikan, sayuran ini juga dapat dimakan segar. Makanan ini tidak hanya lezat, tetapi ada juga manfaat kimchi yang ditawarkan.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Jajanan Pasar yang Lezat dan Bikin Ketagihan!

Kandungan dalam Kimchi

Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Kimchi dikemas dengan nutrisi sekaligus rendah kalori. Sayur sawi atau kubis yang merupakan bahan utama dalam kimchi mengandung vitamin A dan C, setidaknya 10 mineral berbeda, dan lebih dari 34 asam amino.

Karena kimchi sangat bervariasi dalam bahan-bahannya, profil nutrisinya yang tepat berbeda antara kelompok dan merek.

Namun, melansir U.S. Department of Agriculture, dalam satu porsi (150 gram) kimchi, kira-kira terkandung nutrisi antara lain:

  • Kalori: 23
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Natrium: 747 mg
  • Vitamin B6: 19 persen dari Nilai Harian
  • Vitamin C: 22 persen dari Nilai Harian
  • Vitamin K: 55 persen dari Nilai Harian
  • Folat: 20 persen dari Nilai Harian
  • Besi: 21 persen dari Nilai Harian
  • Niacin: 10 persen dari Nilai Harian
  • Riboflavin: 24 persen dari Nilai Harian

Lantas, apa saja sih manfaat kimchi bagi kesehatan? Yuk Moms simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Resep Sosis Kentang, Jajanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor

Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

manfaat kimchi

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam kimchi, berikut ini adalah manfaat kimchi bagi kesehatan:

1. Mengandung Probiotik

Proses fermentasi lacto yang dialami kimchi membuat manfaat kimchi sangat unik. Makanan fermentasi tidak hanya memiliki umur simpan yang lebih lama tetapi juga rasa dan aroma yang lebih baik.

Fermentasi terjadi ketika pati atau gula diubah menjadi alkohol atau asam oleh organisme seperti ragi, jamur, atau bakteri.

Fermentasi lacto menggunakan bakteri Lactobacillus untuk memecah gula menjadi asam laktat, akan memberi kimchi rasa asam.

Mengutip U.S. National Library of Medicine, ketika dikonsumsi sebagai suplemen, bakteri ini sendiri mungkin memiliki beberapa manfaat, termasuk mengobati kondisi seperti hay fever dan jenis diare tertentu.

Fermentasi juga menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri baik lainnya berkembang biak dan berkembang biak.

Ini termasuk probiotik, yang merupakan mikroorganisme hidup yang menawarkan manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Probiotik sendiri telah terbukti mengatasi beberapa kondisi, seperti:

Perlu diingat bahwa banyak dari temuan ini terkait dengan suplemen probiotik dosis tinggi dan bukan jumlah yang ditemukan dalam porsi normal kimchi.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakteri Lactobacillus dalam kimchi juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Mengutip Journal of Microbiology and Biotechnology, dalam sebuah penelitian pada tikus, mereka yang disuntik dengan Lactobacillus plantarum, yakni strain spesifik yang umum pada kimchi dan makanan fermentasi lainnya, memiliki tingkat TNF alpha, penanda inflamasi, yang lebih rendah dari kelompok lain.

Karena kadar alfa TNF sering kali meningkat selama infeksi dan penyakit, penurunan mengindikasikan bahwa sistem kekebalan bekerja secara efisien.

Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian kepada manusia tentang manfaat kimchi masih diperlukan untuk membuktikannya.

Baca Juga: 5 Resep Kimchi, dari Nasi Goreng hingga Kimchi Jjiggae

3. Mengurangi Inflamasi

Manfaat kimchi yang mengandung probiotik dan senyawa aktif dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Ini adalah manfaat kimchi selanjutnya.

Melansir The British Journal of Nutrition, ada penelitian pada tikus yang mengungkapkan bahwa HDMPPA, salah satu senyawa utama dalam kimchi, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan menekan peradangan.

4. Memperlambat Penuaan

Peradangan kronis tidak hanya dikaitkan dengan berbagai penyakit, tetapi juga mempercepat proses penuaan. Namun, manfaat kimchi mungkin memperpanjang umur sel dengan memperlambat proses ini. Mungkin ini yang membuat orang Korea tampak awet muda.

Melansir International Journal of Medicinal Foods, senyawa fenolik, vitamin C, klorofil, dan karotenoid yang terdapat di dalam kimchi mampu memperpanjang umur sel dengan melawan radikal bebas.

Baca Juga: Drakor Welcome to Waikiki Tayang di NET TV, Yuk Kenalan dengan 5+ Pemainnya!

5. Menurunkan Kolesterol

Meskipun hubungan pasti antara manfaat kimchi dan kolesterol belum sepenuhnya jelas, beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan kimchi secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol "jahat" (LDL) yang lebih rendah.

Ini bisa menjadi manfaat kimchi yang mungkin jarang diketahui.

Namun, para ilmuwan tidak yakin bahan mana yang sebenarnya paling baik dalam kimchi, apakah kubis, paprika merah, bawang putih, daun bawang, jahe, atau bakteri asam laktat.

Sebab semuanya masing-masing menawarkan potensi manfaat kesehatan yang baik.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain mendukung kolesterol sehat, manfaat kimchi juga dapat membantu kinerja jantung dengan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan akan membantu menstabilkan sel yang rusak sehingga dapat mempercepat penyembuhan, sehingga ia memiliki status antioksidan yang tinggi dapat melindungi diri dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Kuaci Biji Semangka yang Cocok untuk Camilan

7. Mendukung Kesehatan Otak

Melansir artikel dari Women's Health, hasil tidak langsung lainnya dari usus yang sehat adalah kemampuan kerja otak yang lebih baik.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan juga penting bagi otak, karena sistem saraf enterik di usus berkomunikasi dengan otak.

Dengan makan kimchi, Moms dapat merasakan manfaat kimchi yaitu menjaga pencernaan lebih sehat yang kemudian mendukung kesehatan otak.

8. Menurunkan Berat Badan

Makan satu porsi kimchi tidak akan secara ajaib membuat berat badan langsung turun. Namun, ini bisa menjadi salah satu gaya hidup sehat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Manfaat kimchi adalah pilihan sayuran kaya rasa yang rendah kalori.

Orang cenderung makan berlebihan saat makanannya membosankan atau hambar, tetapi saat Moms menambahkan kimchi dengan cita rasa unik, Moms akan lebih mudah untuk merasa puas dengan ukuran porsi yang lebih sehat.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Kimchi merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber antioksidan beta karoten yang baik.

Kandungan beta karoten telah dikaitkan dengan kesehatan mata yang lebih baik, terutama seiring bertambahnya usia, dan merupakan salah satu nutrisi terpenting dalam hal penglihatan.

Baca Juga: Agar Seperti Perempuan Korea, Konsumsi 5 Makanan Ini Supaya Kulit Glowing

Manfaat Kimchi untuk Ibu Hamil

Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya

Foto: Orami Photo Stock

Kimchi merupakan hidangan 'mentah' yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Proses fermentasi ini sering kali membuat ibu hamil khawatir untuk mengonsumsinya.

Padahal, menurut ahli gizi bernama Natalie Allen dari Biomedical Sciences Department Missouri State University mengatakan bahwa, makanan fermentasi seperti kimchi terbilang aman dikonsumsi selama hamil.

Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kimchi secara berlebihan dan harus memastikan makanan tersebut higienis. Berikut ini manfaat kimchi untuk ibu hamil:

10. Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan saat hamil biasanya ditandai dengan begah, mual ingin muntah, dan sering bersendawa. Kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Gangguan pencernaan saat hamil merupakan kondisi yang disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi kimchi.

Kimchi mengandung bakteri lactobacilli yang ditemukan dalam yogurt dan produk susu fermentasi lainnya. Bakteri ini bekerja menjaga dan mengurangi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome dan radang usus besar.

11. Mencegah dari Berbagai Macam Penyakit

Makanan fermentasi yang dikonsumsi selama hamil mampu meningkatkan kadar nutrisi, sehingga janin di dalam kandungan pun mendapatkan tambahan gizi.

Kimchi sendiri merupakan makanan fermentasi memiliki kadar serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Kimchi juga mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 hingga zat besi. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

Baca Juga: 60 Kata-kata Malam Lucu dan Bijak, Bikin Mood Kembali Ceria!

Cara Mudah Membuat Kimchi di Rumah

Cara Mudah Membuat Kimchi di Rumah

Foto: theepochtimes.com

Nah, Moms sudah mengetahui ragam manfaat kimchi. Lalu, bila tertarik ingin mencobanya, bagaimana ya cara membuatnya?

Meskipun menyiapkan makanan fermentasi mungkin tampak seperti pekerjaan yang merepotkan, namun membuat kimchi di rumah sebetulnya cukup sederhana.

Moms bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kumpulkan bahan-bahan pilihan, seperti kubis dan sayuran segar lainnya seperti wortel, lobak, dan bawang merah, ditambah jahe, bawang putih, gula, garam, tepung beras, minyak cabai, bubuk cabai atau serpihan lada, kecap ikan, dan saeujeot (udang fermentasi ).
  • Potong dan cuci sayuran segar bersama jahe dan bawang putih.
  • Taburkan garam di antara lapisan daun kubis dan diamkan selama 2-3 jam. Balik setiap 30 menit untuk mendistribusikan garam secara merata. Gunakan perbandingan 1/2 cangkir (72 gram) garam untuk setiap 2,7 kg sayuran kubis.
  • Untuk menghilangkan garam berlebih, bilas sayuran dengan air dan tiriskan dalam saringan.
  • Campur tepung beras, gula pasir, jahe, bawang putih, minyak cabai, serpihan lada, kecap ikan, dan saeujeot menjadi pasta, tambahkan air jika perlu. Moms dapat menggunakan lebih banyak atau lebih sedikit bahan-bahan ini tergantung seberapa kuat rasa kimchi yang diinginkan.
  • Masukkan sayuran segar, termasuk kubis ke dalam pasta sampai semua sayuran terlapisi seluruhnya.
  • Kemas campuran ke dalam wadah atau toples besar untuk penyimpanan, pastikan untuk menutupnya dengan benar.
  • Biarkan kimchi berfermentasi setidaknya selama 3 hari pada suhu kamar atau hingga 3 minggu pada suhu 4° Celsius.

Moms akan tahu bahwa fermentasi sudah siap dimakan setelah mulai berbau dan terasa asam atau saat gelembung kecil mulai bergerak melalui toples.

Setelah fermentasi, Moms dapat mendinginkan kimchi hingga 1 tahun. Ini akan terus berfermentasi tetapi pada kecepatan yang lebih lambat.

Munculnya gelembung, menggembung, rasa asam, dan kubis yang lembut semuanya normal untuk kimchi.

Namun, jika Moms merasakan bau busuk atau tanda-tanda jamur, seperti lapisan putih di atas makanan, maka kimchi tak boleh dimakan.

Itu dia Moms, ragam manfaat kimchi dan bagaimana cara membuatnya.

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/343652/nutrients
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30513869/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25112321/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22715945/
  • https://www.researchgate.net/publication/259880932_Health_Benefits_of_Kimchi_Korean_Fermented_Vegetables_as_a_Probiotic_Food
  • womenshealthmag.com/food/a29892608/health-benefits-of-kimchi/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait