Kesehatan

21 Juli 2021

6 Manfaat Kopi untuk Wajah yang Lebih Bersih, Sehat, dan Berseri

Ingin tahu manfaat kopi untuk wajah agar lebih lembap dan sehat? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Ada berbagai manfaat kopi untuk wajah yang mungkin belum Moms pahami. Ya, selain menjadi salah satu minuman yang banyak disukai, ternyata kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan wajah.

Namun, mungkin Moms masih bingung bagaimana penggunaannya agar manfaat kopi untuk wajah dapat dirasakan secara maksimal. Terkait hal ini, ada banyak alternatif cara yang bisa Moms lakukan.

Moms dapat menjadikan kopi sebagai masker alami untuk wajah, atau Moms membeli produk perawatan wajah yang memiliki kandungan kopi di dalamnya. Nah, jadi penasaran apa saja manfaat kopi untuk wajah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

Berbagai Manfaat Kopi untuk Wajah

Manfaat kopi untuk wajah sangat beragam. Secara keseluruhan, bisa dikatakan bahwa kopi menjadi salah satu pendukung wajah lebih glowing dan lembap secara alami. Nah, berikut ini beberapa manfaat kopi untuk wajah, yaitu:

1. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kopi untuk wajah, yaitu sebagai bahan eksfoliasi alami. Perlu dipahami, eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati dari wajah atau tubuh dengan menggunakan bahan kimia atau alat-alat tertentu.

Kegunaan dari eksfoliasi adalah membantu mengoptimalkan sel kulit mati yang tidak bisa dihilangkan secara alami.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, manfaat yang dapat terlihat setelah melakukan eksfoliasi kulit adalah wajah yang terlihat lebih cerah.

Selain itu, manfaat eksfoliasi kulit adalah meningkatkan efektivitas penyerapan kulit pada berbagai produk perawatan.

Jadi, Moms bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan skincare lainnya dengan lebih maksimal lagi.

Namun, hati-hati dengan over exfoliating kulit yang dapat membuat wajah menjadi lebih mudah iritasi dan kemerahan.

Sesuaikan bahan eksfoliasi dengan jenis kulit masing-masing, ya, Moms. Nah, kopi bisa menjadi bahan eksfoliasi kulit alami yang wajib dicoba.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Memakai Cream Pemutih Wajah? Simak Penjelasannya Moms

Dilansir dari laman Medical News Today, zat dalam kopi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Asam caffeic, antioksidan, dinilai dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel.

Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kuman.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menjadikan kopi sebagai eksfoliasi wajah, yaitu:

  • Seperempat cangkir bubuk kopi segar.
  • Seperempat cangkir gula merah.
  • Jus lemon, secukupnya.

Lalu, gosokkan campuran tersebut ke kulit setiap beberapa hari sekali setelah mandi Jika Moms menggunakan spons, pastikan menggunakannya secara lembut dan tidak terburu-buru.

Jangan melakukan eksfoliasi jika Moms memiliki luka terbuka atau kulit sehabis terbakar sinar matahari.

Biarkan scrub menempel di kulit selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih. Setelahnya, segera gunakan pelembap wajah yang lembut agar hidrasi kulit tetap terjaga dengan baik.

Bagi Moms yang memiliki jenis kulit wajah normal hingga kering, lakukan eksfoliasi kulit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Sementara itu, bagi Moms yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak, lakukan eksfoliasi kulit 3-4 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Membantu Mengatasi Jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kopi untuk wajah berikutnya, yaitu membantu mengatasi jerawat. Manfaat ini bisa Moms dapatkan dengan menggunakan scrub wajah berbahan dasar kopi.

Terdapat kandungan antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi yang bisa bantu mengatasi jerawat yang efektif.

Perlu Moms pahami, jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh wanita.

Munculnya jerawat terjadi karena minyak, sel kulit mati, dan zat lainnya menyumbat pori-pori, yang terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradangan.

Nah, Moms bisa menggosok wajah dengan bubuk kopi untuk bantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Selain itu, asam klorogenat dalam kopi juga membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa jenis bakteri.

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar jerawat cepat teratasi, yaitu tetap rutin mencuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari, memakai pelembap, dan jangan lupakan memakai sunscreen di pagi hari.

Jika jerawat terasa gatal, hindari untuk menyentuhnya, ya, Moms. Masalahnya, menyentuh wajah dengan lapisan kulit berisiko menimbulkan ruam pada area jerawat.

Alasannya, menyentuh area jerawat dengan lapisan kulit justru dapat menyebarkan bakteri dan berisiko menimbulkan jerawat lebih banyak.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

3. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa manfaat kopi untuk wajah juga mampu melindungi dari paparan sinar matahari?

Kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol. Zat ini dapat membantu melindungi dari sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan kulit yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Sebuah studi yang diungkap dalam International Journal of Dermatology pada tahun 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi polifenol tertinggi, dari kopi atau sumber lainnya, mampu mengurangi bintik-bintik penuaan di wajah.

Nah, Moms bisa mendapatkan manfaat ini dengan minum kopi dalam batasan yang wajar setiap harinya atau menjadikan kopi sebagai scrub wajah.

Kandungan kafein dalam skincare yang Moms pakai juga dapat menjadi opsi lainnya.

Dilansir dari laman Dermatology Times, jumlah rata-rata kafein yang biasanya ada dalam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran adalah sekitar 3 persen.

Paparan sinar matahari secara berlebihan memang sangat berbahaya untuk kulit, terlebih lagi apabila kulit tidak mendapatkan proteksi apa pun. Paparan sinar UV yang mengenai kulit dapat menyebabkan penuaan dini.

Selain menjadikan kopi sebagai pelindung kulit dari sinar UV matahari, Moms wajib memakai sunscreen setiap hari, ya. Sunscreen menjaga kulit tetap awet muda dan memperlambat keriput atau bintik-bintik matahari pada kulit.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, jenis sunscreen yang terbaik adalah memiliki perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, serta memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

4. Mengatasi Lingkaran Mata yang Menghitam

Mengatasi Lingkaran Mata yang Menghitam

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa kebiasaan yang membuat lingkaran mata menghitam, seperti kebiasaan begadang setiap harinya, pola makan yang buruk, tidak cukup nutrisi dalam tubuh, dan juga tingkat stres yang tinggi.

Nah, manfaat kopi untuk wajah adalah mampu mengatasi lingkaran mata yang menghitam dan mata yang membengkak.

Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Disebutkan kafein mampu merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah.

Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah, yang akan membantu mengencangkan kulit secara alami. Hasilnya mungkin berkurangnya tumpukan cairan di bawah mata.

Kandungan lainnya dalam kopi, seperti asam klorogenat, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Nah, bagaimana cara menggunakan kopi agar manfaat ini bisa didapatkan secara maksimal?

Pertama, Moms bisa menggunakan eye cream atau eye serum yang mengandung kafein. Atau cara alaminya, cobalah untuk mengoleskan scrub kopi di area mata yang membengkak atau menggelap.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Eye Cream untuk Menghilangkan Mata Panda

5. Mengatasi Kerutan di Wajah

Mengatasi Kerutan di Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kopi untuk wajah berikutnya, yaitu mengatasi kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit di wajah. Seiring bertambahnya usia, perubahan pada wajah memang tidak dapat dihindari.

Namun, Moms dapat mencegah penuaan dini dengan kandungan kafein dalam produk skincare yang dipakai.

“Bahan kafein dalam skincare mampu menjadi sumber antioksidan yang baik. Jadi, kafein dapat membantu meremajakan kulit yang menua dan mengobati kerutan. Kafein juga menyempitkan pembuluh darah, itulah sebabnya ia ditemukan pada banyak produk perawatan kulit,” ungkap Dr. Patricia Farris, dokter kulit di Metairie, Louisana.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam kafein juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda hiperpigmentasi pada kulit, termasuk lingkaran hitam, bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus di wajah.

6. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Meningkatkan Elastisitas Kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kopi untuk wajah berikutnya, yaitu mampu mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Kandungan kafein dalam perawatan kulit mampu mengencangkan dan mencerahkan kulit, serta menghaluskan kulit.

Moms dapat menggunakan skincare yang mengandung kafein atau menggunakan scrub kopi untuk pengelupasan kulit wajah.

Pengelupasan kulit juga membantu menghaluskan kulit dan merangsang aliran darah.

Ingin hasil yang lebih maksimal? Moms dapat mencampurkan scrub kopi dan shea butter untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Shea butter juga meningkatkan produksi kolagen di kulit. Elastisitas kulit juga akan berpengaruh pada berkurangnya kerutan dan noda htiam di wajah.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

Shea butter dikenal karena khasiat penyembuhannya, yang dikaitkan dengan adanya beberapa asam lemak dan sterol seperti asam oleat, palmitat, stearat, dan linolenat. Semua kandungan ini baik untuk perawatan kulit Moms.

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat kopi untuk wajah. Tertarik untuk mencobanya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25041334/
  • https://www.besthealthmag.ca/list/caffeine-in-skin-care/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322875#exfoliation
  • https://www.dermatologytimes.com/view/caffeine-s-role-in-skincare
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait