Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
02 Maret 2022

9 Jenis Minuman Herbal untuk Diet yang Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumah Lho!

Yuk dicoba Moms, agar sukses menurunkan berat badan berlebih
9 Jenis Minuman Herbal untuk Diet yang Menyehatkan, Mudah Dibuat di Rumah Lho!

Melakukan diet sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, serta juga dapat dilakukan dengan konsumsi minuman herbal untuk diet.

Segala hal yang berhubungan dengan herbal memang sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan sehat.

Selain menyehatkan, minuman herbal untuk diet juga mudah dibuat di rumah. Bahan-bahannya pun tergolong gampang ditemukan di pasar atau supermarket.

Ingin tahu apa saja jenis minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badan? Simak rekomendasinya di sini, Moms!

Baca Juga: Mengenal Diet Sirtuin, Diet yang Dilakukan Adele

Rekomendasi Minuman Herbal untuk Diet

Selain untuk menurunkan berat badan, beberapa minuman herbal di bawah ini juga dapat memberi manfaat kesehatan lainnya.

1. Air Putih

air putih

Foto: air putih

Foto: Orami Photo Stock

Banyak yang masih menyepelekan manfaat dari air putih. Air sangat penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia, karena 60% dari tubuh orang dewasa mengandung air.

Selain menghidrasi tubuh, air dibutuhkan agar sistem pencernaan dan proses metabolisme dapat bekerja dengan baik, dengan membantu proses penyerapan dan transportasi nutrisi.

Zat ini juga membantu proses pembuangan limbah tubuh dan mengurangi risiko sembelit. Hal ini tentu dapat membantu menjaga berat badan tubuh agar tetap sehat dan ideal.

Setiap hari, Moms perlu memastikan asupan air cukup untuk tubuh.

Berdasarkan Informasi dari The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, dijelaskan bahwa kebutuhan air pada tubuh bervariasi tergantung jenis kelamin, cuaca di lingkungan tempat tinggal, dan lainnya.

Namun, sebagai patokan, pria usia dewasa dapat minum air putih sebanyak 15 gelas (3,7 liter), sedangkan pada wanita dewasa dapat minum air sekitar 11 gelas (2,7 liter).

2. Jus Sayur-Sayuran

Jus Sayur-Sayuran

Foto: Jus Sayur-Sayuran

Foto: Orami Photo Stock

Buah-buahan memang menyehatkan, namun beberapa buah mengandung tinggi gula yang tentu dapat menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan.

Untuk itu, Moms dapat mencoba membuat jus sayuran sebagai menu minuman herbal untuk diet yang sehat dan ampuh menurunkan berat badan.

Hal tersebut didukung dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BioMed Central Nutrition Journal. Penelitian tersebut dilakukan kepada tiga kelompok selama 12 minggu.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi jus sayuran paling banyak mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi jus sayur.

Tidak hanya itu, kebutuhan tubuh akan vitamin C dan potasium juga dapat terpenuhi, yang tentu saja memberi manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Diet Keto Ibu Menyusui, Apakah Boleh Dilakukan?

3. Teh Hijau

teh hijau

Foto: teh hijau (https://msn.com/)

Foto: Orami Photo Stock

Minuman herbal untuk diet selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang berasal dari negara China dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan mampu membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Namun kebanyakan orang mungkin tidak terlalu menyukai rasa teh hijau tawar yang cenderung terasa sangat pahit.

Moms dapat mengatasinya dengan menambahkan sedikit madu alami untuk mendapatkan sedikit rasa manis yang baik untuk kesehatan.

4. Infused Water

infused water

Foto: infused water (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Infused water terdiri dari air serta potongan-potongan buah dan sayuran, seperti buah lemon, jeruk, apel, mentimun, wortel, dan lainnya.

Pembuatan minuman herbal untuk diet ini pun tergolong simpel. Moms hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut dalam sebuah botol dan diamkan selama kurang lebih 3 - 4 jam di dalam kulkas.

Infused water sangat rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan juga dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

5. Air Kelapa

Air Kelapa

Foto: Air Kelapa (Momjunction.com)

Foto: Orami Photo Stock

Air kelapa termasuk minuman rendah kalori yang mengandung enzim alami, serta mineral seperti potasium, serat, dan protein, yang mampu untuk menurunkan berat badan.

Ini dapat dikonsumsi setiap hari karena kandungannya yang baik. Selain itu minum air kelapa juga baik untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang, terutama pada penderita diare yang mengalami kekurangan cairan.

Baca Juga: Agar Cepat Langsing, Utamakan Diet atau Olahraga?

6. Minuman Berprotein

Minuman Berprotein

Foto: Minuman Berprotein

Foto: cnn.com

Moms pernah mendengar tentang minuman berprotein? Seperti namanya, minuman ini merupakan campuran bubuk protein dan air.

Belakangan ini, minuman berprotein sedang populer di kalangan orang-orang yang melakukan fitnes dan membentuk otot.

Kandungan protein memang dikenal dapat memberikan rasa kenyang sehingga baik untuk membentuk otot, dan menahan lapar lebih lama, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

7. Teh Hitam

teh hitam

Foto: teh hitam

Foto: Orami Photo Stock

Minuman herbal untuk diet selanjutnya adalah teh hitam. Teh hitam memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi.

Kafein merupakan senyawa yang bermanfaat dalam meningkatkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Mengonsumsi teh hitam yang mengandung kafein juga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Namun, perlu diperhatikan, sebab jika mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kehidupan sehari-hari seperti sulit tidur, mual, merasa cemas, dan lainnya.

8. Teh Putih

teh putih

Foto: teh putih

Foto: Healthline.com

Teh putih mengandung mikronutrien yang berperan sebagai antioksidan dan pembakar lemak tertinggi. Senyawa tersebut dikenal dengan sebuatan polifenol.

Mengonsumsi teh putih membantu memecah lemak dan mencegah pembentukan sel-sel lemak baru.

Teh putih juga dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 4 - 5%, serta menghasilkan pembakaran 70 - 100 kalori ekstra per harinya.

Baca Juga: 5 Resep Jamu Beras Kencur agar Tubuh Sehat

9. Jamu Kunyit Herbal

Jamu Kunyit Herbal

Foto: Jamu Kunyit Herbal

Foto: whattocooktoday.com

Kunyit seringkali ditambahkan di dalam berbagai olahan masakan nusantara, hingga untuk perawatan kulit. Selain untuk kedua hal tersebut, kunyit juga ampuh untuk menurunkan berat badan lho, Moms!

Menurut penelitian yang diterbitkan di European Review for Medical dan Pharmacological Sciences, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan persentase pengurangan lemak tubuh dari angka 0,70 menjadi 8,43%.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan salah satu faktor penyebab dari obesitas.

Karena itu, tidak salah jika jamu yang mengandung kunyit jadi salah satu rekomendasi minuman herbal untuk diet yang dapat membantu menjaga berat badan.

Kunyit dapat Moms jadikan sebagai minuman jamu herbal yang dicampur dengan bahan-bahan herbal lainnya untuk memberi manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh.

Itu dia Moms rekomendasi minuman herbal untuk diet yang bisa dicoba di rumah. Moms ingin mencoba yang mana, nih?

  • https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-9-8
  • https://www.nationalacademies.org/news/2004/02/report-sets-dietary-intake-levels-for-water-salt-and-potassium-to-maintain-health-and-reduce-chronic-disease-risk
  • https://www.healthline.com/nutrition/white-tea-benefits#:~:text=Could%20Help%20You%20Lose%20Weight&text=Together%2C%20these%20compounds%20seem%20to,due%20to%20EGCG%20(%2019%20).
  • https://parade.com/1146746/nicolepajer/weight-loss-drinks/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26592847/#:~:text=Results%3A%20Curcumin%20administration%20increased%20weight,%25)%20(p%20%3C%200.01%20for%20all
  • https://www.ndtv.com/food/weight-loss-how-to-use-turmeric-haldi-to-lose-weight-and-burn-belly-fat-1940649