10 Desember 2023

Cek Jumlah Kalori Sayur Sop Berdasarkan Jenis Isiannya!

Jumlah kalorinya bikin perut kenyang

Sayur sop dikenal sebagai makanan berkuah yang mengandung banyak sayur. Mungkinkah pertanda kalori sayur sop cenderung rendah?

Jumlah kalori sayur sop perlu diketahui, terutama buat Moms yang sedang diet.

Untuk mendukung program diet, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tentu harus lebih rendah daripada jumlah kalori yang dikeluarkan.

Apakah bisa menjadikan sayur sop sebagai menu diet sehat yang mengeyangkan?

Maka itu, yuk cek dulu kandungan nutrisi dan kalori sayur sop berikut ini!

Baca Juga: Gizi dan Kalori Pecel Sayur, Apakah Bagus untuk Diet?

Kalori Sayur Sop Bening

Sayur Sop
Foto: Sayur Sop (Instagram.com/dianayupuspitasari)

Pada dasarnya, jumlah kalori sayur sop tergantung dari bahan dasar pembuatannya.

Semakin banyak komponen dan lauknya, tentu semakin banyak pula kalorinya.

Dalam versi paling sederhana, sayur sop bening terdiri dari berbagai macam sayur seperti wortel, kubis, brokoli, tomat, dan sedikit kentang.

Jika tanpa tambahan apa pun, jumlah kalori sayur sop tergolong rendah.

Melansir laman Fatsecret, semangkuk sup sayuran rendah natrium mengandung 56 kalori.

Selain itu, sajian ini juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti:

  • 0,76 gram lemak (11%)
  • 2,02 gram protein (13%)
  • 12,14 gram karbohidrat (76%)

Jumlah kalori sayur sop wortel kentang cenderung rendah karena kandungan airnya tinggi.

Ditambah lagi dengan kandungan vitamin dan mineral dari sayuran yang membuat sajian ini patut disebut makanan sehat.

Itu artinya, sayur sop bisa menjadi alternatif menu saat diet.

Baca Juga: Mengenal Bunga Iris, Bunga Cantik yang Memiliki Arti Pelangi

Kalori Sayur Sop Ayam

Sup Ayam
Foto: Sup Ayam (Youtube.com/mydeliciousrecipes)

Dibandingkan lauk lainnya, ayam merupakan sumber protein yang paling banyak ditambahkan ke dalam semangkuk sup.

Selain mudah didapat, daging ayam mudah diolah tanpa harus dipresto agar empuk.

Hampir semua bagian tubuh ayam juga bisa digunakan, mulai dari sayap, dada yang disuwir, hingga kepala ayam.

Untuk menghitung jumlah kalori sop ayam, Moms tinggal menambahkan kalori sop ayam bening dengan kalori daging ayam yang digunakan.

Secara umum, jumlah kalori sop ayam adalah 127 kalori.

Nutrisinya juga diperkaya dengan 2,84 gram lemak, 3,62 gram protein, dan 8,58 gram karbohidrat.

Selain membuat perut kenyang, ada banyak manfaat sup ayam bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya yang dimuat dalam jurnal Chest, sup ayam kerap dijadikan obat untuk mengatasi gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Para ahli menemukan bahwa komponen non partikulat dalam sup ayam dapat mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Tak hanya itu, makan sop ayam juga membantu melancarkan pernapasan dengan mengeluarkan lendir dari hidung.

Pernapasan jadi lancar, tenggorokan pun bebas nyeri.

Baca Juga: Penggemar Drama Korea, Yuk Simak Arti dari 15 Nama Marga Korea Ini

Kalori Sayur Sop Bakso

Sup Bakso
Foto: Sup Bakso (Cookpad.com/Dian Mariasari)

Bakso merupakan salah satu sumber protein yang cocok melengkapi sajian sayur sup favorit.

Biasanya, baksonya dapat direbus langsung secara utuh atau dipotong-potong terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi.

Namun, hati-hati dengan jumlah kalorinya karena bisa meningkat. Hal ini tergantung dari jumlah bakso yang dimakan.

Setiap satu buah bakso berukuran sedang mengandung 57 kalori.

Jika sekali makan sayur sop disertai dengan 2 bakso sedang, maka total kalori sayur sop bakso berkisar 170 kalori.

Baca Juga: 15+ Tempat Bukber di Depok, Banyak Tempat Estetik dan Murah!

Kalori Sayur Sop Daging

Sop Daging
Foto: Sop Daging (Cookpad.com/yunaarichard)

Semangkuk sayur sop dengan kaldu ayam saja sudah terasa gurih, apalagi jika menggunakan kaldu daging.

Kaldu daging terbuat dari tulang atau jaringan ikat daging, bisa dari sapi atau kambing.

Jika ditambahkan dengan berbagai jenis sayuran sebagai pelengkap, jumlah kalori sayur sop daging sapi bisa mencapai 330 kalori.

Seperti yang diketahui, satu potong daging saja sudah mengandung tinggi kalori.

Namun, dibalik jumlah kalorinya yang tinggi, kandungan nutrisinya pun tak kalah berlimpah, lho Moms.

Contohnya pada kandungan protein daging sapi yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan otot.

Ditambah lagi dengan mineral kalsium, zat besi, dan kalium yang membuat semangkuk sayur sop daging semakin kaya nutrisi.

Menu sayur sop telur puyuh menjadi salah satu menu bekal anak yang praktis.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.