Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
28 Februari 2022

Ketahui Jumlah Kalori Bakso Sapi, Bakso Aci, Bakso Ikan dan Bakso Goreng Sebelum Menyantapnya

Apakah makan bakso bisa bikin gagal diet? Cek dulu jumlah kalorinya, yuk!
Ketahui Jumlah Kalori Bakso Sapi, Bakso Aci, Bakso Ikan dan Bakso Goreng Sebelum Menyantapnya

Untuk Moms pecinta bakso yang sedang diet, coba cari tahu dulu jumlah total kalori bakso sebelum menyantapnya.

Bakso merupakan salah satu makanan yang digandrungi banyak orang dan dapat dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Keberadaannya telah dikenal sejak masuknya warga keturunan Tionghoa ke Indonesia.

Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging lalu dibentuk bulat-bulat dan umumnya dicampur dengan tepung tapioka untuk memberikan tekstur kenyal.

Bakso bisa dibuat dari daging ayam, ikan, sapi, kerbau bahkan udang.

Penyajiannya dengan cara disiram kuah kaldu sapi lalu diberi tambahan bihun atau mi kuning dan pangsit. Biasanya, masyarakat menyantap bakso selagi hangat dengan sambal, kecap, dan cuka atau acar.

Baca Juga: 5 Resep Capcay Bakso yang Lezat, Keluarga Pasti Suka!

Perpaduan rasa gurih kuah serta kenyalnya daging sapi yang lembut, menjadikan bakso sebagai makanan kuliner kesukaan banyak orang.

Kini, bakso juga hadir dalam berbagai variasi. Mulai dari bakso urat, keju, ikan, udang, bakar, hingga bakso aci. Semuanya memiliki penyajian yang berbeda dengan rasa dan tekstur yang unik namun tetap lezat serta yang pasti, bikin ketagihan!

Nah, bagi Moms yang sedang diet atau menjaga pola makan namun tetap ingin menyantap bakso, sebaiknya memahami jumlah kalori bakso.

Dengan begitu, Moms bisa mengontrol pola makan dan asupan kalori harian sehingga lebih terkontrol.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kalori bakso goreng, bakso ikan, bakso aci, hingga bakso sapi.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Bakso? Ini Faktanya!

Kalori Bakso Goreng

Kalori Bakso Goreng

Foto: Kalori Bakso Goreng

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti namanya, bakso goreng dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak panas.

Teksturnya pun berbeda dengan bakso kuah, bakso goreng berwarna kecoklatan dan lebih crispy ketika digigit. Biasanya bakso goreng dimakan dengan cara dicocol saus sambal atau bubuk cabai.

Namun, terlalu banyak makan bakso goreng tanpa mengetahui kadar kalori di dalamnya juga akan membahayakan bagi kesehatan, terlebih jika dilakukan setiap hari.

Lemak dari proses penggorengan dan tepung yang digunakan saat memasak bakso goreng dapat menyebabkan kolesterol dan lemak berlebih yang tak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Bakso Lobster Viral yang Lagi Hits dan Bisa Moms Coba

Kalori bakso goreng ukuran 35 gr terdapat setidaknya 90 kalori dengan komposisi lemak jenuh, kolesterol, protein dan karbohidrat.

Jumlah ini tergolong tinggi sebab kapasitas kalori harian wanita berkisar antara 1.600 - 2.400 kkal sehari dan pria 2.000 - 3000 kkal per hari.

Apabila Moms menyantap 5 buah bakso goreng berarti Moms sudah memakan 450 kalori, ini belum termasuk saus. Padahal, bagi sebagian orang, bakso goreng hanyalah camilan sehingga tidak membuat perut kenyang.

Dengan demikian, Moms akan kelebihan menyantap kalori per harinya dan berisiko obesitas atau terjadi peningkatan berat badan.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk dan Gurih

Nah, untuk mengakali kalori bakso ini, Moms bisa mengontrol diri untuk makan 1 buah bakso goreng per hari atau menggantinya proses memasaknya dengan olive oil yang lebih sehat dan rendah lemak.

Apabila Moms sedang dalam program diet, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal menurunkan berat badan.

Selain itu, sebaiknya Moms juga melakukan diet defisit kalori defisit agar lebih cepat mencapai berat ideal.

Baca Juga: Resep Bakso Cumi Marinara, Yuk Coba!

Kalori Bakso Ikan

Kalori Bakso Ikan

Foto: Kalori Bakso Ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Bakso ikan terbuat dari aneka ikan seperti ikan nila, tenggiri, kakap, patin, hingga lele. Bakso ikan biasanya dibuat dengan cara dikukus atau direbus sehingga teksturnya lebih lembut.

Bakso ikan pada umumnya disajikan dengan cara disiram kuah kaldu atau bisa juga digoreng di minyak panas.

Sementara itu, kandungan kalori bakso ikan menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, dijelaskan bahwa pembuatan bakso ikan nila dengan campuran tapioka sebanyak 15% mengandung nutrisi sebanyak:

  • 18,95% kadar protein
  • 7,05% lemak
  • 13,40% karbohidrat
  • 5,11 % kadar abu

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa kandungan protein pada bakso ikan lebih tinggi dibandingkan kandungan protein pada bakso daging yang dijual di pinggir jalan.

Melansir dari Fat Secret, untuk 100 gr bakso ikan mengandung 107 kkal dengan kandungan lemak 1,23 gr, kolesterol 53 mg, protein 11,27 g, karbohidrat 11,72 g, serat 0,4 g, gula 0,11 g, sodium 255 mg, dan kalium 229 mg.

Namun, jika Moms menyantap bakso ikan dengan kuah, untuk setiap 120 gr bakso ikan mengandung 130 kkal.

Meskipun banyak mengandung protein, namun Moms juga harus memperhatikan kandungan kolesterol juga lemak di dalam bakso ikan agar kesehatan tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Resep Kuah Bakso Gurih dan Lezat, Yuk Coba di Rumah Moms!

Kalori Bakso Aci

Kalori Bakso Aci

Foto: Kalori Bakso Aci

Foto: Orami Photo Stocks

Bakso aci merupakan salah satu kuliner legendaris khas Kota Garut, Jawa Barat yang keberadaannya kini mulai dikenal hingga seluruh penjuru Indonesia.

Di beberapa daerah di Pulau Jawa bakso dengan bahan utama tepung kanji ini dikenal dengan sebutan cilok atau "aci dicolok".

Bedanya, jika cilok disajikan dengan bumbu kacang, maka bakso aci diguyur dengan kuah kaldu campuran kencur yang kuat.

Dalam semangkuk bakso aci, selain bakso ada juga topping lainnya seperti pilus, tahu goreng, batagor, pangsit, lalu dibumbui dengan kuah pedas dan perasan jeruk purut untuk menambah aroma dan cita rasa.

Saking populernya, kini bakso aci juga tersedia dalam aneka kemasan dan bisa dikirim hingga luar kota bahkan tahan hingga berbulan-bulan lamanya.

Kalori bakso dalam satu mangkuk bakso aci ukuran sedang dengan aneka topping, terdapat 218 kkal.

Jumlah kalori bakso aci ini terdiri dari:

  • Lemak jenuh 1,93g
  • Lemak tak Jenuh Ganda 0,74g
  • Lemak tak Jenuh Tungga l0,643g
  • Protein 1,99g
  • Karbohidrat 48,59g
  • Serat 0,7g
  • Gula 1,78g
  • Sodium 214mg
  • Kalium 62mg

Rasa bakso aci ini cenderung pedas asam karena menggunakan cabai bubuk dan jeruk purut. Tekstur baksonya kenyal dan biasanya dibuat dalam aneka isian seperti daging ayam, urat, hingga keju mozarella.

Baca Juga: Apa Risiko Kesehatan di Balik Semangkuk Bakso? Ini 3 Dampak Buruknya

Kalori Bakso Sapi

kalori bakso sapi

Foto: kalori bakso sapi

Foto: Orami Photo Stocks

Bakso sapi adalah salah satu varian bakso yang paling umum dan banyak ditemukan di mana pun di seluruh wilayah Indonesia.

Perpaduan kuah kaldu yang gurih dengan bakso yang lembut bakso sapi jadi favorit banyak orang dan kian populer di semua kalangan.

Namun sayangnya, dalam satu mangkok bakso sapi dengan saus, pangsit, mi, bihun, kalorinya cukup besar lho, Moms, yakni mencapai 444 kkal.

Jumlah kalori bakso sapi ini terdiri dari:

  • Lemak Jenuh 10,897g
  • Lemak tak Jenuh Ganda 1,09g
  • Lemak tak Jenuh Tungga l12,718g
  • Kolesterol 233mg
  • Protein 42,39g
  • Karbohidrat 0,61g
  • Serat 0g
  • Gula 0,47g
  • Sodium 2016mg
  • Kalium 503mg

Baca Juga: Resep Bakso Tahu dan Cara Membuatnya, Pas Jadi Camilan Sore Hari

Kandungan lemaknya yang cukup banyak menjadikan bakso sapi ini tak boleh dimakan terlalu sering terutama untuk penderita kolesterol dan diabetes.

Tapi, jika Moms sedang diet, Moms bisa mencoba mengurangi isian dalam mangkuk daging sapi agar kalorinya tidak terlalu banyak. Misalnya, tidak menggunakan campuran mi dan bihun dalam semangkuk bakso.

Itulah daftar kalori bakso yang bisa Moms jadikan referensi untuk mengukur banyaknya jumlah kalori harian. Semoga bermanfaat!

  • http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/16641/121000394.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bakso-daging-sapi
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bakso-dengan-saus-(campuran)
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bakso-aci
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bakso-ikan