Kesehatan

6 Juli 2021

14 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Bantu Atasi Kanker hingga Perkembangan Janin

Buah segar ini memiliki beragam manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Buah blewah tidak hanya menjadi minum segar yang banyak disukai orang, ternyata buah ini baik untuk kesehatan tubuh lho.

Blewah merupakan anggota keluarga tanaman cucurbit (Cucurbitaceae), yang juga termasuk ketimun, labu, dan melon.

Umumnya buah blewah sering dijadikan sebagai makanan penutup musim panas yang menyegarkan, menyehatkan, serta memiliki kandungan air tinggi yang membantu mencegah dehidrasi.

Buah blewah juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Misalnya antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat memicu kanker dan kondisi kesehatan lainnya.

Selama metabolisme, tubuh menghasilkan molekul yang tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat terkumpul di dalam tubuh dan merusak sel.

Kerusakan ini dikenal sebagai stres oksidatif. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mencegah stres oksidatif.

Melansir Food and Drug Administration (FDA), blewah mengandung berbagai antioksidan, termasuk:

  • selenium
  • beta karoten
  • vitamin C
  • lutein
  • zeaxanthin
  • kolin

Kandungan di atas tentunya memberikan manfaat pada buah blewah. Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk kita simak.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Manfaat Buah Blewah

Buah blewah memiliki rasa yang manis, oleh sebab itu tak heran buah ini kerap kali dijadikan minuman segar.

Berikut ini manfaat buah blewah bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Degenerasi Makula Terkait Usia

mata sehat

Foto: Orami Photo Stock

Lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah dan sayuran, seperti buah blewah.

Kombinasi antioksidan tersebut dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Selain itu, zat ini memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD).

2. Mencegah Asma

Melansir Journal BMJ, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah blewah dapat melindungi seseorang dari asma. Beberapa ahli menyarankan penggunaan suplemen vitamin C untuk mengobati asma.

3. Menurunan Tekanan Darah

tekanan darah normal

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan kolin dalam buah blewah mendukung kesehatan jantung.

Mengonsumsi makanan kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa rata-rata orang dewasa mengonsumsi 4.700 mg potasium sehari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

4. Mencegah Kanker

Buah blewah menganung beta karoten, tokoferol, dan antioksidan lain yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kandungan tersebut dapat mengurangi risiko paru-paru, prostat, dan jenis kanker lainnya.

5. Baik untuk Kesehatan Rambut

rambut sehat

Foto: Orami Photo Stock

Buah blewah juga memberikan manfaat bagi perawatan kecantikan. Vitamin A dan vitamin C pada buah ini sangat penting untuk membantu Moms mempertahankan rambut yang kuat dan sehat.

Vitamin A dikenal sebagai retinol, yang dibutuhkan untuk produksi sebum, senyawa yang menjaga kulit kepala dan rambut Moms tetap lembab dan sehat.

Sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Melansir Journal of Cosmetic Dermatology, mengoleskan antioksidan pada kulit dapat memperlambat proses penuaan.

Meskipun menggunakan produk perawatan kulit yang tinggi vitamin A dan vitamin C, yang juga bisa didapat dengan mengonsumsi makan atau buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut, seperti buah blewah.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7. Tetap Terhidrasi

terhidrasi setelah olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Buah blewah memang dikenal kaya akan air. Hal ini tentunya membantu Moms tetap terhidrasi terutama pada hari-hari musim panas yang terik atau setelah olahraga yang intens.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah blewah atau makanan lain yang tinggi kalium sebagai camilan pasca olahraga membantu tubuh Moms cepat pulih dan mengurangi kemungkinan kram otot dan kelelahan.

8. Melancarkan Pencernaan

Memiliki saluran pencernaan yang sehat membantu menangkal kondisi seperti divertikulitis dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Untuk mencegahnya Moms cukup konsumsi buah blewah. Sebab, buah ini mengandung serat larut dan tidak larut, yang bekerja sama untuk kesehatan usus, membantu mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

9. Membantu Mengontrol Berat Badan

mengontrol berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan kaya akan serat, seperti buah blewah dapat mengenyangkan sehingga membantu Moms merasa puas, mengontrol rasa lapar, dan membantu mengontrol berat badan.

Buah ini secara alami rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol, sehingga aman untuk Moms yang sedang menjalani diet.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Blewah mengandung senyawa yang disebut fitonutrien. Fitonutrien meningkatkan kekebalan dan membantu melawan penyakit.

Senyawa ini memberikan sifat anti-inflamasi. Vitamin A meningkatkan kekebalan dan produksi sel darah putih.

11. Membantu Perkembangan Janin

janin berkembang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan folat dalam blewah adalah salah satu nutrisi paling penting selama kehamilan, karena mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Kandungan ini juga membantu membentuk sel darah merah dalam tubuh dan menjaga kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan.

12. Mencegah Insomnia

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab insomnia adalah hal yang memicu stres dan banyak pikiran.

Untuk mencegahnya, Moms bisa mengonsumsi blewah. Buah ini memiliki sifat sedatif. Sifat membantu penderita insomnia untuk bisa tidur pulas.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

13. Mencegah Batu Ginjal

batu ginjal

Foto: Orami Photo Stock

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Seseorang yang mengidap penyakit ini biasanya akan mengalami kesulitan saat buang air kecil.

Buah blewah dapat mengatasi penyakit ginjal, lho Moms. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi blewah dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal.

14. Membantu Menyembuhkan Sunburns

Blewah memberikan efek fotoprotektif saat dicerna atau dioleskan ke kulit. Buah ini bisa dijadikan bahan dasar untuk masker.

Ketika diletakkan pada kulit yang terbakar matahari, kandungan blewah meningkatkan aktivitas antioksidan yan mengurangi sel terbakar akibat matahari, dan meningkatkan kadar melanin.

Meskipun mengonsumsi buah blewah tidak menggantikan kebutuhan akan perlindungan terhadap sinar matahari, tetapi hal itu dapat memberikan bantuan ekstra pada tubuh Moms saat menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung!

Cara Memilih Buah Blewah yang Benar

blewah buah.jpg

Foto: liputan6.com

Memilih buah blewah yang sempurna merupakan salah satu tantangan. Moms bisa membeli buah ini yang sudah matang untuk segera digunakan, atau yang perlu dimasak sendiri di rumah.

Jika mencari blewah yang matang, Moms harus mencari tiga hal:

  • Warna: Kulit di bawah jaring harus berwarna oranye terang atau cream. Jika masi hijau menunjukkan buah yang masih mentah.
  • Ujung batang: Ujung blewah yang memiliki batang harus memiliki bekas luka yang halus dan membulat. Moms ingin mencari lekukan, indikasi bahwa buah dipetik saat sudah matang.
  • Bunga: Cium bagian ini, seharusnya harum dan ketika Moms menciumnya.

Blewah akan terus matang selama beberapa hari setelah dipetik. Jika masih keras dan aromanya sangat sedikit, rasanya mungkin mengecewakan.

Hindari blewah yang mengandung torehan atau kerusakan lainnya. Ini biasanya merupakan tanda bahwa itu adalah inang bakteri.

Jika Moms membeli buah blewah yang belum sepenuhnya matang, simpanlah pada suhu ruangan selama beberapa hari.

Wah Moms buah blewah selain memberikan kesegaran, ternyata memiliki banyak manfaat ya. Jadi, apakah Moms tertarik mengonsumsi buah ini? Selamat mencoba!

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169092/nutrients
  • https://www.bmj.com/content/349/bmj.g5517/rr/797361
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26578346/
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe#fiber
  • https://www.thehealthy.com/nutrition/health-benefits-cantaloupe/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait