Kesehatan

2 Mei 2021

23+ Manfaat Buah Sawo yang Harus Moms Ketahui, Salah Satunya Bisa menurunkan Berat Badan!

Bermanfaat juga untuk ibu hamil lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang tidak kenal dengan buah sawo? Buah berwarna cokelat bercita rasa super manis ini ternyata punya banyak manfaat lho Moms. Apa saja manfaat buah sawo? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sawo, buah satu ini ternyata tidak hanya terkenal di Indonesia. Sawo juga bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Kamboja, Thailand, dan Malaysia.

Kulit sawo berwarna kecokelatan, daging buahnya juga berwarna cokelat, serta memiliki biji kecil berwarna hitam. Tekstur buah ini seperti berpasir, namun rasanya manis dan legit.

Nah, mungkin Moms belum pernah menyadari bahwa ada banyak manfaat dari buah sawo untuk kesehatan.

Jika selama ini Moms dan keluarga belum rutin mengonsumsi sawo, kini saatnya memilih buah satu ini sebagai cemilan sehat dan bernutrisi.

Berikut ini ulasan tentang buah sawo, kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalamnya, serta manfaat yang bisa diberikan.

Baca Juga: 5 Buah untuk Bantu Redakan Radang Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Kandungan dalam Buah Sawo

kandungan dalam buah sawo

Foto: redlandfruitandspice.com

Ada berbagai banyak jenis buah sawo yang perlu diketahui, seperti sawo kecil, sawo manila, sawo duren, dan sawo mentega. Meski begitu, umumnya manfaat buah sawo tidak berbeda satu dengan yang lainnya.

Nah, menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram sawo memiliki kandungan niasin, serat, dan air yang tinggi.

Bahkan, sawo juga disebut mampu menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes melitus.

Sawo juga mengandung vitamin C yang kaya antioksidan sehingga baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Satu porsi 100 gram buah sawo mengandung 83 kalori dan tidak memiliki kolesterol sama sekali. Jika Moms memiliki kolesterol tinggi, maka buah satu ini bisa dijadikan pilihan buah-buahan yang bernutrisi.

Berbicara tentang kandungan mineral, makan sawo bisa memberikan manfaat seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

Sawo juga mengandung banyak vitamin B, termasuk riboflavin, niasin, dan asam folat.

Hal ini menunjukkan bahwa sawo aman untuk dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, tidak terkecuali untuk ibu yang sedang hamil.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari makan sawo untuk kesehatan? Ini penjelasannya.

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

pusat distributor grosir eceran jual bibit tanaman sawo manila murah online di kota kabupaten 2

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil sebaiknya makan sawo yang sudah matang karena alasan kesehatan. Nah, bagi Moms yang saat ini tidak hamil, bisa mengonsumsi sawo yang masih muda.

Namun, perlu diketahui bahwa lateks dan tanin sangat terkonsentrasi pada sawo muda sehingga rasanya akan lebih pahit.

Bagi beberapa orang, terutama anak-anak, makan buah yang masih mentah bisa menyebabkan sariawan dan rasa gatal di tenggorokan.

Meski begitu, sudah tahu kah kalau sawo muda juga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan? Berikut ini manfaat sawo muda untuk kesehatan tubuh:

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah sawo yang pertama adalah baik untuk kesehatan mata. Seperti bagian tubuh yang lain, mata juga perlu dijaga kesehatannya. Sawo mengandung vitamin A yang sudah terkenal baik untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi sawo secara teratur ternyata mampu menjaga penglihatan kita dan menunda penyakit mata yang terkait usia, seperti degenerasi makula.

Untuk itu, cobalah mengonsumsi sawo dan juga sumber vitamin A alami lainnya secara rutin untuk menjaga kesehatan mata dengan baik.

2. Bersifat Diuretik

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah bersifat diuretik. Sawo adalah buah yang bersifat diuretik. Apa maksudnya? Sawo dipercaya mengandung sifat diuretik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Mengonsumsi buah sawo dapat menjaga frekuensi buang air kecil dengan baik.

Artinya, secara tidak langsung, buah ini membantu tubuh untuk membuang zat beracun, bahan kimia, dan garam berlebih.

Sawo juga dikenal mampu melarutkan batu ginjal. Namun, apabila Moms memang mengalami masalah pada saluran kemih, jangan didiamkan dan segera konsultasikan ke dokter.

Dilansir dari National Health Service UK, wanita lebih rentan mengalami masalah infeksi saluran kemih.

Hal ini karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Jadi, bakteri lebih rentan mencapai kandung kemih atau ginjal dan menyebabkan infeksi.

3. Meredakan Gejala Batuk dan Pilek

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah meredakan gejala batuk dan pilek. Mengapa buah sawo dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek? Hal ini karena kandungan antiinflamasi di dalamnya yang mampu meredakan dada tersumbat, dahak, dan produksi lendir.

Maka dari itu, apabila anak sedang mengalami gejala batuk dan pilek, coba berikan sawo sebagai penambah nutrisi agar kesehatannya bisa kembali pulih.

Anak-anak yang sedang mengalami batuk atau pilek juga umumnya jadi lebih mudah kelelahan dan tubuh terasa lemas.

Nah, buah sawo ternyata juga mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Hal ini karena buah sawo mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk tetap berenergi.

Baca Juga: 12 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil, Sudah Coba?

4. Menjaga Kesehatan Psikologis

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan psikologis. Ada banyak sekali faktor pemicu seseorang bisa merasakan tingkat stres yang tinggi.

Jika tidak mampu mengelolanya dengan baik, maka stres tersebut dapat mengganggu kesehatan mental sehingga rentan mengalami depresi atau gangguan kecemasan.

Nah, jadi sudah paham kan Moms menjaga kesehatan mental itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan psikologis adalah menerapkan pola makan sehat dan teratur. Rutin mengonsumsi buah-buahan adalah langkah yang penting. Perlu diketahui, sawo adalah jenis buah yang baik untuk kesehatan mental.

Mengapa demikian?

Mineral dan vitamin dalam buah sawo efektif meredakan gejala depresi dan kecemasan. Hal ini juga akan berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin makan buah sawo demi kesehatan mental yang lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sawo menjadi buah yang mampu menjaga kesehatan jantung karena mengandung magnesium yang tinggi. Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk jantung.

Studi yang diungkap dalam BMJ Journals menyatakan, kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kardiovaskular.

Studi ini menyatakan bahwa kekurangan magnesium sering terjadi pada orang yang mengalami gagal jantung kongestif.

Asupan magnesium yang tepat sesuai kebutuhan tubuh juga dapat mengurangi risiko mengalami aritmia atau irama jantung yang tidak normal.

Baca Juga: 6 Buah yang Baik untuk Kesehatan Vagina

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan kulit. Buah sawo membantu membuat kulit Moms bersinar, sehingga mengurangi kebutuhan produk perawatan kulit untuk meningkatkan tekstur dan warna kulit alami. Vitamin E dalam buah ini melembapkan kulit, sehingga memberi Moms kulit yang sehat dan cantik. Makanya, mengonsumsi buah sawo baik untuk kulit.

Buah sawo kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, ia bertindak sebagai agen anti penuaan dengan memberantas radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk meningkatkan proses penuaan. Ini juga efektif dalam mengurangi kerutan.

Minyak biji sawo digunakan sebagai salep kulit. Sisa dari biji ini, setelah diekstraksi minyaknya, dapat diaplikasikan sebagai tapal pada penyakit kulit yang menyakitkan.

Getah susu dari tanaman sawo dapat digunakan untuk menghilangkan kutil dan pertumbuhan jamur pada kulit. Kombinasi Vitamin A dan C mempercantik kulit dengan memberikan kilau yang sehat.

7. Baik untuk Kesehatan Rambut

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan rambut. Minyak yang diekstrak dari biji sawo membantu melembapkan dan melembutkan rambut, sehingga membuatnya lebih mudah diatur. Ini memberikan kilau dan dianggap sangat baik untuk rambut keriting. Ini terserap dengan mudah tanpa meninggalkan residu berminyak.

Minyak biji sawo menutrisi kulit kepala dengan meringankan kondisi kulit yang teriritasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak ini dianggap efektif untuk mengatasi rambut rontok akibat dermatitis seboroik.

Biji sawo dapat ditumbuk hingga menjadi pasta dan dicampur dengan minyak jarak. Campuran ini harus dioleskan pada kulit kepala dan dicuci keesokan harinya. Ini membuat rambut Moms halus dan masalah ketombe juga bisa dikendalikan.

8. Sumber Energi

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah sumber energi. Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan bagi tubuh. Atlet membutuhkan banyak energi dan karenanya, dianjurkan untuk makan buah sawo.

9. Agen Anti Inflamasi

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah sebagai agen anti inflamasi. Kandungan tanin yang tinggi menjadikan sawo sebagai agen anti inflamasi yang penting. Dengan kata lain, ini membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, radang usus, sindrom iritasi usus besar dan gastritis. Ini juga mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Pencegahan Kanker Tertentu

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah mencegah jenis kanker tertentu. Vitamin A dan B membantu menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Antioksidan, serat makanan dan nutrisi yang terdapat dalam sawo memberikan perlindungan terhadap kanker dan mengikat erat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lendir usus besar.

Vitamin A memberikan perlindungan dari paru-paru dan kanker rongga mulut.

11. Menjadikan Tulang Sehat

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menjadikan tulang sehat. Jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya. Kaya akan kalsium, zat besi dan fosfor, buah sawo sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang.

12. Obat Sembelit

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah sebagai obat sembelit. Buah sawo menyediakan serat makanan dalam jumlah tinggi (5,6 / 100g). Dengan demikian, ini dianggap sebagai pencahar massal yang sangat baik. Kandungan seratnya memberikan kelegaan dari sembelit. Ini mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

13. Properti Hemostatik

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah memiliki properti hemostatik. Ramuan sawo dikenal dengan khasiat hemostatiknya yaitu menghentikan kehilangan darah. Dengan demikian, ramuan ini bermanfaat dalam mengurangi perdarahan jika terjadi wasir dan cedera.

Biji sawo yang ditumbuk dapat diaplikasikan sebagai pasta untuk meredakan sengatan dan gigitan serangga.

Baca Juga: Ini Dia 3 Manfaat Kulit Ari Buah Salak yang Selama Ini Justru Kita Buang

14. Sifat Anti-virus dan Anti-bakteri

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah memiliki sifat anti-sirus dan anti-bakteri. Karena adanya antioksidan polifenol, sawo ternyata memiliki beberapa sifat anti virus, anti parasit dan anti bakteri. Antioksidan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh manusia.

Vitamin C menghancurkan radikal bebas berbahaya sedangkan kalium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan.

15. Anti-Diare

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah sebagai anti diare. Sawo dianggap sebagai anti diare karena sifat pencaharnya. Ramuan yang dibuat dengan merebus buah ini dalam air dapat menyembuhkan diare. Ini juga membantu dalam pengentasan wasir dan disentri.

16. Menghancurkan Batu Ginjal

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menghancurkan batu ginjal. Biji buah yang dihancurkan bertindak sebagai diuretik, sehingga membantu mengeluarkan kandung kemih dan batu ginjal. Ini memberikan perlindungan terhadap penyakit ginjal juga.

17. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Buah sawo secara tidak langsung membantu dalam penurunan berat badan dan mencegah obesitas dengan cara mengatur sekresi enzim lambung, mengatur metabolisme.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayuran dan Buah Oranye untuk MPASI Bayi

18. Sebagai Agen Detoksifikasi

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah sebagai agen detoksifikasi. Sawo bertindak sebagai diuretik dan dengan demikian membantu mengeluarkan bahan limbah dari tubuh melalui sering buang air kecil. Ini mencegah edema atau retensi air dengan menjaga konsentrasi air di dalam tubuh.

19. Gigi Berlubang

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah mengobati gigi berlubang. Kandungan lateks yang tinggi pada buah sawo dapat digunakan sebagai bahan pengisi kasar gigi berlubang.

20. Baik untuk Darah

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah baik untuk darah. Magnesium yang terkandung dalam sawo bermanfaat untuk darah dan pembuluh darah sedangkan potasium membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi yang sehat. Folat dan zat besi mencegah anemia.

Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

memberikan energi untuk bumil

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil memang tidak dilarang untuk makan buah sawo. Namun, sebaiknya tetap perhatikan porsi yang dikonsumsi karena tergantung pada berat badan dan usia Moms. Umumnya, buah sawo yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sebanyak 100-120 gram.

Nah, beberapa manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang bisa diterima, yaitu:

21. Memberikan Energi untuk Bumil

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang pertama adalah memberikan energi. Sawo kaya akan fruktosa dan sukrosa sehingga rasanya manis dan gurih. Nah, kandungan ini dapat memberikan energi untuk tubuh Moms saat hamil.

Menurut American Pregnancy Association, tubuh Moms akan mudah sekali merasa kelelahan saat awal kehamilan.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Mengapa demikian? Ada proses yang luar biasa terjadi saat janin bertumbuh.

Tubuh Moms memproduksi lebih banyak darah yang kemudian membawa nutrisi ke janin. Nah, hal ini menyebabkan kadar gula darah dan tekanan darah juga lebih rendah.

Hormon progesteron meningkat, sehingga Moms mudah merasa lelah dan mengantuk.

Jika saat ini Moms masih berada pada awal kehamilan, penting untuk tetap menjaga nutrisi dalam tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang teratur.

Sawo juga mampu meredakan gejala morning sickness yang rentan terjadi pada awal kehamilan. Nah, sawo bisa dijadikan pilihan buah yang enak untuk dimakan di antara waktu makan besar.

Baca Juga: 14 Buah Penyubur Kandungan yang Bisa Moms Konsumsi

22. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Jangan pernah sepelekan kesehatan pencernaan saat hamil, sebab Moms akan mudah mengalami sembelit atau konstipasi dan diare. Misalnya saja, diare yang terjadi pada masa kehamilan.

Dilansir dari laman Baby Center, penyebab diare saat hamil itu beragam.

Sebut saja seperti keracunan makanan atau terkena infeksi virus, berasal dari produk susu atau antibiotik tertentu, atau mengalami masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar atau penyakit radang usus.

Umumnya, masalah pencernaan pada ibu hamil memang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada baiknya kita mencegah terjadinya masalah tersebut, bukan?

Nah, caranya bisa dicoba dengan menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mencukupkan nutrisi dalam tubuh.

Sawo, menjadi salah satu buah yang mengandung serat tinggi dan mampu memerangi peradangan di usus. Jadi, buah ini baik dikonsumsi demi pencernaan Moms saat hamil.

23. Mencegah Pembengkakan saat Hamil

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencefak pembengkakan. Jika saat ini Moms tengah mengandung, mengalami pembengkakan pada tangan, kaki, atau wajah sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi.

Namun, hati-hati karena pembengkakan pada anggota tubuh juga bisa menjadi salah satu gejala dari preeklamsia.

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang terjadi ketika ibu hamil memiliki tekanan darah yang tinggi.

Maka dari itu, penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal saat hamil. Salah satu caranya dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.

Nah, sumber vitamin C alami bisa Moms dapatkan dari buah sawo.

Vitamin C juga dapat membantu tubuh Moms melawan infeksi dan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Vitamin C untuk ibu hamil juga membantu Moms menyerap zat besi, terutama dari sumber-sumber vegetarian.

“Kekurangan vitamin C saat hamil dapat dikaitkan dengan komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi dengan pembengkakan pada tangan, kaki, dan wajah. Selain itu, bisa juga mengakibatkan anemia hingga ukuran janin yang kecil,” ungkap Alice Rumbold, associate professor dari University of Adelaide.

Nah, jadi dampak negatif yang bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C saat hamil bukan hal yang main-main, ya, Moms.

Perbanyak sumber vitamin C alami dari buah-buahan, seperti sawo. Namun, suplemen vitamin C juga diperlukan Moms apabila sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

24. Memperkuat Tulang

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah memperkuat tulang. Dilihat dari nutrisi dalam buah sawo, terdapat kalsium, fosfor, dan zat besi yang sudah pasti penting untuk pemeliharaan kesehatan tulang Moms.

Terlebih lagi, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi di dalam kandungan.

Selain itu, pengaruh kebutuhan kalsium juga berpengaruh pada kesehatan mulut dan gigi. Hal ini karena terjadi peningkatan kadar hormon selama kehamilan yang bisa menyebabkan gusi mudah membengkak dan berdarah.

Jadi, penuhi kalsium dan zat besi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Sawo bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk menjadi cemilan sehat bagi ibu hamil.

Baca Juga: 5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan, Patut Dikonsumsi Lebih Banyak

Nah, Moms sekarang sudah paham kan banyak sekali manfaat buah sawo yang bisa diberikan untuk kesehatan tubuh.

Moms dan anggota keluarga bisa langsung makan buah sawo atau mencampurkannya dengan buah-buahan segar lainnya agar lebih kaya cita rasanya.

Intinya, jaga kesehatan tubuh dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta makanan bergizi lainnya, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait