Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
28 November 2020

6 Manfaat Mandi Susu dan Cara Melakukannya di Rumah

Benarkah baik untuk kulit?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Mandi susu sudah menjadi bagian dari ritual perawatan kecantikan dan relaksasi selama berabad-abad terutama di kalangan para putri raja.

Bahkan muncul cerita bahwa manfaat mandi susu dengan campuran madu adalah rahasia ratu Cleopatra dalam mendapatkan kecantikan kulitnya.

Kini, mandi susu kembali menjadi tren kecantikan. Banyak klinik kecantikan yang juga memasukkan mandi susu ke dalam salah satu treatment mereka.

Namun, apakah manfaat mandi susu benar-benar terbukti baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Cari tahu penjelasannya lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: Mandi ASI Untuk Bayi, Ketahui 5 Manfaat Ini

Ragam Manfaat Mandi Susu

photo-1579724175068-f1419564ca6d.jpg

Foto: unsplash.com

Sebenarnya penelitian tentang manfaat mandi susu sebagai perawatan kulit masih sangat terbatas. Hanya ada bukti yang bersifat anekdot yang didapat karena sebagian orang mengaku merasakan manfaat mandi susu.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Moms ingin menjajal perawatan kulit dengan mandi susu. Selain cenderung aman dan minim efek samping, Moms tetap berpotensi mendapatkan manfaat mandi susu seperti enam contohnya di bawah ini.

1. Melembapkan Kulit Kering

Jika Moms memiliki masalah dengan kulit kering, mandi susu dipercaya dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Hal ini dikarenankan kandungan susu yang kaya akan protein, lemak, vitamin, mineral, dan asam laktat.

Melansir Healthline, protein dan lemak yang terkandung dalam susu bisa membantu melembutkan dan menenangkan kulit. Selain itu, asam laktat juga merupakan eksfoliator yang ramah bagi kulit.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Dermatologic Clinics mengamati tentang perawatan kulit untuk wanita di atas usia 65 tahun. Para peneliti juga menemukan manfaat mandi susu dapat meredakan pruritus atau kulit gatal secara efektif.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

obat-jamur-kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, susu mengandung asam laktat yang merupakan bahan asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak disertakan dalam produk perawatan kulit.

Asam laktat biasanya mudah kita temukan dalam produk pembersih wajah berlabel anti aging.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Molecules menunjukkan jika asam laktat dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini memberi ruang pada permukaan kulit bagi sel-sel yang lebih halus dan cerah

Namun perlu diingat, jika manfaat mandi susu mungkin tidak akan sebaik manfaat losion atau krim pelembap wajah.

Alasannya karena produk perawatan kulit telah dirancang dan diformulasikan untuk memberikan hasil yang spesifik, mereka juga mengandung persentase asam laktat yang jauh lebih tinggi daripada susu.

3. Mengatasi Sunburn dan Kemerahan Pada Kulit

Protein, lemak, asam amino, serta vitamin A dan D yang ditemukan dalam susu dapat menenangkan dan menyejukkan kulit yang terkena sunburn.

"Mandi susu dapat memberikan banyak manfaat besar bagi kulit Anda. Mereka dapat menenangkan dan melembabkan kulit, apakah itu kering, gatal, atau hanya iritasi biasa," kata Michelle Henry, M.D., instruktur klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College, dilansir Good Housekeeping.

"Protein dan vitamin akan membantu menenangkan peradangan dan melembapkan," lanjutnya.

Ia menambahkan, mengoleskan lidah buaya setelah mandi akan membuat penyembuhan ruam akibat sengatan matahari menjadi lebih cepat. Hal ini dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Cocok Untuk Menenangkan Pikiran dan Relaksasi Saraf

4. Memberikan Sensasi Relaksasi

arti-mimpi-mandi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari seberapa besar manfaat mandi susu bagi kulit, perawatan ini tetap memiliki efek relaksasi dan dapat menenangkan secara psikologis. Menggunakan minyak aromaterapi ke dalam rutinitas mandi susu bisa membuat Moms merasa lebih rileks dan santai.

Moms juga bisa menciptakan suasana tenang veri Moms sendiri, seperti salah satunya dengan meredupakan lampu, menyalakan lilin aromaterapi, dan memutar musik dengan alunan lembut.

5. Meringankan Gejala Eksim

Manfaat mandi susu terhadap pengobatan penyakit eksim memang sudah cukup sering diteliti, namun hasilnya cukup kontradikitif.

Ditambah lagi, penelitian dilakukan menggunakan ASI yang tentunya sangat jarang digunakan kebanyakan orang untuk mandi susu sehari-hari.

Seperti penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology. Mereka menemukan bahwa mengoleskan ASI secara topikal sama efektifnya dengan salep hidrokortison untuk mengobati bayi yang memiliki eksim.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti bahwa mandi susu untuk orang dewasa dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk penyakit eksim.

Sehingga jika Moms memiliki masalah kulit seperti eksim, baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar mendapat perawatan yang tepat.

6. Membantu Mengatasi Psoriasis

Manfaat mandi susu berikutnya dipercaya dapat membantu mengobati gejala psoriasis, termasuk kulit gatal, bersisik, atau permukaan kulit tidak rata.

Namun sekali lagi, penelitian ilmiah yang dilakukan masih terbatas terhadap manfaat mandi susu untuk mengobati psoriasis.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Moms ingin menikmati mandi susu sebagai kegiatan relaksasi dan bukan secara khsusus ingin menyembuhkan psoriasis.

Moms tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan lanjutan jika memiliki kondisi ini.

Baca Juga: Masker Susu: Manfaat, Cara Membuat, dan Menggunakannya

Cara Mandi Susu Sendiri di Rumah

photo-1566925852300-62cc9004f2e8.jpg

Foto: unsplash.com

Meski kini sudah banyak klinik kecantikan yang memiliki perawatan mandi susu, namun manfaat mandi susu tetap bisa Moms dapatkan dengan melakukannya di rumah.

Selain lebih ekonomis, Moms bisa menggunakn jenis susu maupun aromaterapi yang paling disuka.

Jenis Susu yang Dapat Digunakan

Sebenarnya tidak ada kriteria khusus atau patokan soal jenis susu yang paling ideal digunakan agar manfaat mandi susu dapat maksimal. Menggunakan jenis susu apapun sah-sah saja, seperti susu murni, buttermilk, susu kambing, hingga susu bubuk.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan susu non-diary seperti santan atau susu berbasis kacang-kacangan misalnya susu almond atau susu kedelai.

Meskipun kandungan nutrisinya berbeda dengan susu sapi atau kambing, namun efek hidrasi yang akan Moms rasakan kemungkinan mirip.

Hal ini karena susu berbahan dasar tumbuhan kaya akan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Meskipun menggunakan berbagai jenis susu cenderung aman, namun baiknya Moms menghindari susu skim.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

Langkah Mandi Susu di Rumah

Pada dasarnya, belum ada aturan yang spesifik mengenai takaran mandi susu yang ideal.

Namun, untuk mempermudah Moms dalam menyiapkan bahan dan mendapatkan manfaat mandi susu yang optimal, berikut adalah contoh bahan dan lankah melakukan mandi susu:

Bahan-bahan:

  • 1-2 cup susu (berlaku untuk segala jenis susu)
  • Bahan tambahan lain seperti 1/2 cangkir garam mandi, baking soda, 1 cangkir oatmeal, 1/2 cangkir madu, atau 10 tetes minyak esensial

Langkah mandi susu:

  1. Isi bathtub dengan air hangat lalu tuang susu dan bahan tambahan lainnya.
  2. Aduk menggunakan lengan atau kaki hingga air tercampur rata.
  3. Berendamlah selama 20-30 menit lalu bilas menggunakan air biasa.

Jika Moms tidak memiliki banyak waktu untuk meracik bahan mandi susu sendiri, Moms bisa juga lho membeli milk bath mix atau campuran mandi susu instan yang banyak dijual di pasaran.

Namun, jangan lupa memeriksa apa saja komposisinya dan pastikan tak ada alergen maupun bahan yang dapat memicu iritasi.

Bagaimana jika seseorang intoleran terhadap laktosa dalam susu? Umumnya mandi susu tetap aman dilakukan, karena penderita intoleran laktosa hanya bermasalah dalam mencerna laktosa susu dan seharusnya tidak menimbulkan masalah.

Namun, berbeda jadinya jika Moms memiliki alergi terhadap susu. Biasanya pada penderita alergi susu akan timbul reaksi seperti gatal maupun ruam meski kontak terjadi pada kulit dan bukan dikonsumsi.

Nah, itu dia Moms ragam manfaat mandi susu dan bagaimana cara melakukannya untuk perawatan kecantikan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait