Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
09 Oktober 2022

7 Manfaat Susu Almond, Salah Satunya Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Rendah kalori sehingga cocok untuk orang yang sedang diet
7 Manfaat Susu Almond, Salah Satunya Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Saat ini, susu almond makin sering ditemukan di kafe, supermarket, bahkan dijual secara online. Namun, apakah Moms sudah tahu mengenai manfaat susu almond?

Perlu Moms ketahui, susu almond dibuat dengan cara memcampur almond dengan air, lalu diblender.

Kemudian, saring airnya dan Moms bisa menambahkan almond butter agar lebih terasa creamy.

Susu almond terasa seperti susu pada umumnya, kental, dan gurih. Cocok untuk Moms dan Si Kecil yang alergi susu sapi.

Manfaat Susu Almond

Lalu, apa saja ya manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh? Yuk, cari tahu selengkapnya, Moms.

1. Kaya Vitamin E

manfaat susu almond - kaya vitamin e

Foto: manfaat susu almond - kaya vitamin e (Orami Photo Stock)

Dibanding dengan susu lain, manfaat susu almond sangat kaya akan vitamin E.

Hal ini karena kacang almond memang mengandung vitamin E alami, dalam setiap 1 ons (28 gram) almond menyediakan 37% dari kebutuhan vitamin E harian.

Sementara dalam 1 cangkir susu almond (240 ml) menyediakan 20-50% kebutuhan vitamin E harian, tetapi tergantung pada mereknya.

Vitamin E berfungsi untuk menyeimbangkan kolesterol, melebatkan rambut, dan mengurangi kram saat menstruasi.

Bahkan dalam artikel yang diterbitkan U.S National Library of Medicine disebutkan bahwa, vitamin E adalah antioksidan kuat yang memerangi peradangan dan stres dalam tubuh.

Jadi, tubuh bisa terhindar dari penyakit jantung dan kanker, mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang dan mata.

Tak hanya itu, vitamin E baik untuk kesehatan otak. Dalam jurnal Nutrients ditemukan bahwa vitamin E meningkatkan kinerja mental.

Tampaknya, vitamin E juga mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan dapat memperlambat perkembangannya.

Baca Juga: 8 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

2. Rendah Kalori

minum susu almond rendah kalori

Foto: minum susu almond rendah kalori (shutterstock.com)

Manfaat susu almond berikutnya adalah susu ini merupakan minuman yang rendah kalori sehingga Moms tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika banyak mengonsumsinya.

Dalam 1 gelas susu almond mengandung 39 kalori, yakni setengah dari susu rendah lemak.

Namun, tidak semua susu almond memiliki jumlah kalori yang sama.

Jadi, pastikan Moms selalu mengecek nutrisi pada kemasannya dan pilih susu almond tanpa gula tambahan.

Hal ini pun bisa menjadikan susu almond sebagai menu diet jika Moms sedang menjalani program penurunan berat badan.

Apabaila Moms mencoba menurunkan berat badan, cukup mengganti 2 atau 3 porsi harian susu dengan susu almond.

Dengan demikian, akan menghasilkan pengurangan kalori harian hingga 348 kalori.

Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan olahraga agar lebih maksimal ya, Moms.

3. Cocok untuk Orang yang Diabetes

susu almond bisa untuk penderita diabetes

Foto: susu almond bisa untuk penderita diabetes (Orami Photo Stock)

Manfaat susu almond berikutnya, yakni bisa menjadi minuman pengganti susu bagi pasien diabetes.

Susu almond tanpa gula mengandung 0.6% karbohidrat atau 1.5 gram per gelasnya.

Sedangkan susu sapi rendah lemak memiliki 5% karbohidrat, yakni sekitar 12 gram di dalam 1 gelasnya.

Oleh sebab itu, susu almond cocok bagi orang diabetes yang sering kali perlu membatasi asupan karbohidrat harian mereka, memiliki gula darah yang tinggi, atau Moms yang sedang diet rendah karbohidrat.

Namun, pastikan Moms selalu membaca label nutrisi di bagian kemasan dan pilihlah susu almond yang bebas gula tambahan.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Rendah Laktosa dan Rekomendasinya untuk Anak

4. Tepat untuk Orang yang Alergi Produk Sapi

susu almond untuk yang intoleransi laktosa

Foto: susu almond untuk yang intoleransi laktosa (foolproofliving.com)

Seperti yang kita tahu, manfaat susu almond tidak mengandung produk dari sapi sehingga tepat dikonsumsi untuk orang yang alergi produk sapi alias dairy.

Susu almond tidak akan menimbulkan intoleransi laktosa yang ditandai dengan gejala sakit perut, kembung, atau diare.

Susu almond juga cocok untuk Moms yang vegetarian, lho.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Susu Almond Menjaga Kesehatan Jantung

Foto: Susu Almond Menjaga Kesehatan Jantung (Aimsindia.com)

Dari berbagai studi disebutkan bahwa kacang-kacangan termasuk almond, terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal ini karena almond memiliki vitamin E yang tinggi dan lemak baik di dalamnya.

Maka, risiko penyakit jantung akan berkurang jika Moms rutin mengonsumsi susu almond.

Baca Juga: Pengganti Susu Sapi, Ini 6 Manfaat Susu Beras Bagi Kesehatan

6. Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang

susu almond untuk kesehatan tulang

Foto: susu almond untuk kesehatan tulang (Abouther.com)

Manfaat susu almond lainnya, yakni bisa meningkatkan kesehatan tulang. Pasalnya, susu almond kaya akan kandungan kalsium di dalamnya.

Meskipun memang kandungan kalsium dalam susu almond tak sebanyak susu sapi, tetapi susu ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Selain baik untuk kesehatan tulang, kalsium yang diperkaya dalam susu almond bermanfaat dalam mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

Kalsium juga diperlukan untuk berfungsinya jantung, saraf, dan otot.

Untuk mendapatkan kalsium dari susu almond, lihatlah pada label nutrisi yang tersedia dalam setiap kemasannya.

Pilihlah susu almond yang diperkaya dengan kalsium karbonat.

Hindari membeli susu almond yang mengandung kalsium jenis trikalsium fosfat karena tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Baca Juga: 5 Jenis Susu Pelancar ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahu!

7. Diperkaya Vitamin D

susu almond kaya vitamin d.jpg

Foto: susu almond kaya vitamin d.jpg (godairyfree.org)

Sebenarnya vitamin D bisa diproduksi oleh tubuh ketika terkena sinar matahari, tetapi banyak orang yang kekurangan vitamin D.

Menurut European Heart Journal, 30-50% orang tidak mendapatkan cukup vitamin D karena warna kulit, gaya hidup, jam kerja yang panjang, atau hanya tinggal di daerah yang sinar mataharinya terbatas.

Padahal, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi.

Kemudian, osteoporosis, kelemahan otot, masalah kesuburan, penyakit autoimun, hingga penyakit menular.

Namun kini, banyak merek susu almond yang diperkaya dengan vitamin D sehingga menjadikannya sebagai sumber vitamin D untuk tubuh.

Kebanyakan susu almond diperkaya dengan vitamin D2 atau yang juga dikenal sebagai ergocalciferol.

Rata-rata, dalam 1 cangkir (240 ml) susu almond yang diperkaya memberikan 25% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin D.

Selain dari susu, Moms juga bisa memperoleh vitamin D dari jus, sereal, keju, margarin, dan yogurt sebagai manfaat susu almond yang tak kalah menarik.

Itu dia berbagai manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa susu almond tidak bisa menjadi susu untuk bayi, karena tidak memiliki nutrisi yang wajib ada untuk pertumbuhan bayi.

Susu almond hanya baik dikonsumsi untuk anak yang telah berusia 5 tahun ke atas dan bagi orang dewasa.

  • https://www.healthline.com/nutrition/almond-milk-health-benefits
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14585310/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4276978/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23751422/
  • https://www.healthline.com/nutrition/almond-milk

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.