Kesehatan

19 Juni 2021

11 Manfaat Minyak Kelapa, Bisa Mengatasi Kutu Rambut!

Simak berbagai manfaat minyak kelapa ini untuk kecantikan dan rambut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dilansir dari laman Cosmetics Info, minyak kelapa atau cocos nucifera oil adalah asam lemak yang diproduksi dari daging kering di buah kelapa. Minyak ini memiliki beragam manfaat yang sulit untuk diurutkan satu demi satu.

Karena mudah didapatkan, manfaat minyak kelapa ini ternyata tak hanya disukai oleh banyak orang di Indonesa, Tapi juga di seluruh dunia.

Robert Finney selaku Dermatologist yang berbasis di New York, Amerika Serikat pun pernah mengatakan bahwa minyak kelapa mengandung asam lemak seperti lauric acid serta zat antimicrobial yang membantu mencegah kulit dari bakteri hingga viral dan fungal pathogen.

Manfaat minyak kelapa juga beraneka ragam. Tak heran rasanya jika selebriti Hollywood sekelas Emma Stone selalu menjadikan minyak kelapa sebagai salah satu ritual wajib untuk perawatan sehari-harinya.

Baca juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

“Saya termasuk orang yang memiliki kondisi kulit yang sangat sensitif. Untuk perawatan kulit, saya hanya menggunakan extra virgin olive oil karena saya tahu, minyak ini tidak akan memberi reaksi apapun kepada kulit. Saat malam hari, saya terbiasa menghapus make up dan kotoran pada kulit wajah dengan minyak kelapa,” jelas Emma Stone seperti yang ditulis dalam koko.news.

Wah! Jika Emma Stone saja selalu mengandalkan manfaat minyak kelapa untuk perawatan kulit harian, apalagi manfaat minyak kelapa yang pantang Moms lewati? Simak beberapa hal berikut:

1. Membantu Merawat Kuku

Moms dapat merasakan manfaat minyak kelapa untuk merawat kulit tangan dan kuku. Minyak kelapa kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku.

Minyak kelapa juga mengandung lemak yang bermanfaat memberi kelembapan sehingga kuku terlindungi dari dehidrasi. Keunggulan lainnya, bahan makanan tersebut memiliki tekstur yang mudah berpenetrasi dan mampu bekerja efektif menjaga kulit kering.

Pulaskan minyak kelapa pada seluruh bagian kuku dan sekitar kutikula dengan gerakan memutar secara berkala. Lakukan setiap seminggu dua kali setiap malam hari untuk hasil terbaik mendapatkan tampilan kuku lebih mengilat, lembap, dan tak mudah rapuh.

2. Pelembap Tubuh

Serum mengangkat sel kulit mati

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari allure.com, minyak kelapa tidak memiliki sifat comedogenic. Itulah sebabnya banyak dermatologis tidak melarang penggunaan minyak kelapa di kulit wajah dan tubuh. Moms bisa merasakan manfaat minyak kelapa sebagai pelembap tubuh.

“Asam lemak yang ada di dalam minyak kelapa memiliki zat antibacterial dan anti-inflamasi. Jadi, tak hanya membantu melembapkan kulit, minyak kelapa bisa berperan sebagai ‘amplop’ yang mencegah kulit dari dehidrasi,” jelas dr. Finney lagi.

Karena memiliki zat antibacterial dan anti inflamasi, minyak kelapa pun juga bisa digunakan untuk membantu mencegah dan meredakan jerawat hormonal yang timbul saat Moms hamil. Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada area yang bermasalah.

3. Membantu Meringankan Gejala Eksim Kulit

Manfaat selanjutnya adalah meringankan gejala eksim kulit. Artinya, minyak kelapa bisa membantu mengurani kulit kering dan rasa gatal karena eksim. Tapi bukan untuk menyembuhkan ya, Moms!

Hal ini pun dibuktikan pada penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine pada tahun 2014. Penelitian itu menyarankan penggunaan minyak kelapa dibanding mineral oil untuk meringankan gejala eksim.

Minyak kelapa membantu menjaga skin barrier dan menjaga kelembapan kulit. Penggunaan minyak kelapa ini sangat disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan memiliki masalah kulit seperti eksim.

4. Membantu Mengangkat Sisa Make Up

Cara Memutihkan Leher-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti yang telah dilakukan oleh Emma Stone di atas, manfaat minyak kelapa dapat dirasakan untuk mengangkat make up, sebum, hingga kotoran yang menempel di kulit secara tuntas.

Meski demikian, dr Finney pun menyatakan bahwa minyak kelapa tidak hanya membantu mengangkat kotoran, namun juga meninggalkan jejak residu minyak yang menempel di kulit. Jadi, sebaiknya Moms tetap perlu membasuh kulit wajah dengan facial foam setelahnya.

Moms bisa melanjutkan perawatan dengan night cream atau mengoleksan lagi minyak kelapa (jika memungkinkan pilih VCO) untuk melembapkan kulit.

Baca juga: Kandidiasis, Jamur Vagina yang Pengaruhi Kesuburan?

5. Membantu Menjaga Bibir Tetap Kering

Masih ingat manfaat minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit tubuh dan kulit wajah di atas? Hal yang sama dapat Moms rasakan untuk merawat kulit bibir.

Minyak kelapa mampu bertugas untuk mencegah kelembapan alami bibir untuk "menguap". Lapisan tipis minyak kelapa juga mencegah iritan lainnya untuk masuk ke dalam bibir.

Minyak kelapa yang dibiarkan dingin dalam suhu ruang atau kulkas akan mengendap dan membentuk lapisan putih bagaikan krim. Hal ini tentu memudahkan Moms untuk mengambil sedikit endapan minyak kelapa ke dalam wadah kecil. Gunakan saat bibir terasa kering dan pecah-pecah.

6. Menenangkan Kulit yang Gatal dan Mencegah Stretch Mark

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Stretch Mark?

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang sedang hamil dapat menggunakan minyak kelapa di sekitar perut secara teratur dan rasakan manfaat minyak kelapa tersebut.

Menurut Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology pada saat hamil, kulit di sekitar perut dan panggul akan mengalami peregangan. Akibatnya, kulit terasa gatal.

Dengan menggaruk kulit di area ini, tidak hanya akan memperparah rasa gatalnya saja, namun juga meninggalkan bekas stretch mark.

New Health Advisor, pun menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa untuk memberi ekstra kelembapan area perut, panggul, dan bokong yang mengalami peregangan kulit.

Minyak kelapa menembus lebih dalam ke kulit Moms. Agar lebih aman, coba gunakan VCO untuk menjaga dan mencegah kulit dari kekeringan, meredakan gatal, serta mencegah tampilan stretch mark lebih dalam.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati/ Kerak pada Kepala Bayi Baru Lahir

Cradle cap, seringkali timbul pada kulit kepala bayi yang baru lahir. Cradle cap merupakan dermatitis yang terjadi di kulit kepala bayi dan terlihat seperti ketombe. Kulit kepala si kecil akan timbul kulit kering dan berkerak yang sulit dihilangkan hanya dengan penggunaan sampo.

Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, bellybelly.com.au menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala Si Kecil.

Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada kepala bayi. Diamkan sejenak selama kurang lebih 5 hingga 10 menit, lalu pijat lembut untuk meluruhkan kulit keringnya.

Bersihkan kepala bayi dengan bantuan sampo bayi dan air mengalir. Keringkan dengan handuk halus. Sisir rambut seperti biasa. Et-voila! Kulit kering dan berkerak pada kulit kepala Si Kecil pun hilang sudah!

8. Pembersih Bulu Kuas Make Up

5 tipe kuas makeup hero

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya menjaga kecantikan kulit saja, Moms juga bisa mencoba manfaat minyak kelapa untuk merawat perlatan kecantikan seperti kuas make up.

Hal ini sangat disarankan oleh Perry Romanowskiselaku Vice President dari Element 44 Inc sekaligus penulis buku Beginning Cosmetics Chemistry 3rd Edition.

Kepada allure.com, ia menyarankan untuk membersihkan kuas make up dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Hapus seluruh residu make up dan kotoran yang menempel dengan tisu. Lalu cuci kuas make up tersebut dengan sampo bayi dan air bersih mengalir. Dengan demikian, proses pembersihan akan jauh lebih maksimal dibanding hanya menggunakan air dan sampo bayi atau produk pembersih kuas lainnya.

Baca juga: Malas Membersihkan Makeup Memicu Timbulnya Kutu Bulu Mata?

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Oke, sekarang Moms sudah tahu berbagai manfaat minyak kelapa untuk kulit. Psst…belum selesai sampai di situ saja. Minyak kelapa juga cocok unuk merawat rambut Moms dan Si Kecil. Inilah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut:

9. Melembapkan Rambut yang Kering, Kasar, dan Rontok

Manfaat minyak kelapa adalah untuk merawat rambut yang kering, kusam, rusak, patah, dan bercabang. Kondisi rambut ini biasanya tidak hanya dipicu oleh paparan sinar matahari, polusi, dan cuaca saja, tapi juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan sehari-hari seperti cara menyisir rambut.

Seperti yang telah diketahui, menyisir rambut juga berpotensi membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. The Journal of Cosmetic Science membuktikan bahwa perawatan menggunakan minyak kelapa mampu membantu mencegah kerusakan saat menyisir rambut.

Lebih lanjut, penelitian itu menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki asam laurat dalam jumlah yang cukup banyak.

Asam laurat sangat penting untuk memberi protein pada rambut. Karena berat molekulnya rendah dan strukturnya asam laurat yang sangat khas, asam laurat dapat menembus ke kutikula hingga lapisan batang rambut terdalam.

Ingin merasakan manfaat minyak kelapa pada rambut Moms dan Si Kecil? Oleskan minyak kelapa pada seluruh batang rambut sebelum mandi. Pijat perlahan area rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dengan handuk hangat atau shower cap.

Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa pada rambut saat malam hari sebelum tidur. Keramaslah keesokan harinya seperti biasanya dengan air mengalir. Gunakan air dingin saat keramas. Air dingin disinyalir mampu membantu menjaga kutikula rambut sehingga tampak lebih mengilat dan sehat.

Baca juga: 9 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

10. Kutu Rambut

Ternyata-Begini-Cara-Kutu-Rambut-Menular.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pada saat masih anak-anak, Moms tentu pernah mengalami masalah dengan kutu rambut. Ternyata, hal yang sama masih bisa dialami oleh anak-anak era sekarang.Biasanya terjadi ketika Si Kecil berusia 7 hingga 10 tahun.

Kutu adalah masalah yang menular. Secara tradisional banyak orang yang menggunakan manfaat minyak kelapa untuk menghilangkan kutu rambut.

Ingin mencoba menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan kutu rambut? Caranya, awali dengan mencuci rambut dengan air yang diberi campuran cuka apel. Biarkan kering secara alami.

Oleskan minyak kepala ke seluruh kulit kepala Si Kecil. Tutup dengan shower cap. Diamkan kembali selama kurang lebih 35 menit. Cuci dan bilas kembali seperti biasa.

11. Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Ketombe biasanya akan diperparah oleh adanya infeksi jamur, eksim, psoriasis, kulit kepala yang sensitif, atau kondisi kulit kepala yang kering. Apalagi jika masih ditambah dengan perawatan rambut yang salah. Wah! Bisa makin para kondisinya!

Minyak kelapa digadang-gadang dapat membantu mengatasi ketombe karena mampu melembapkan kulit kepala. Minyak kaya kandungan antioksidan ini juga dipercaya dapat melindungi kulit kepala dari radikal bebas, mempercepat pertumbuhan sekaligus memperbaiki jaringan kulit, serta lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit dibandingkan jenis minyak lainnya.

Bagaimana memaksimalkan manfaat minyak kelapa untuk mengatasi ketomber? Pertama, keramaskan seperti biasa. Setelah rambut kering secara alami, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, terutama pada mahkota dan puncak kepala. Pijat perlahan selama kurang lebih 3-5 menit. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebih 10 menit

Bilas rambut dengan air hangat, akhiri dengan air dingin, lalu keringkan. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali hingga ketombe berangsur pulih.

Itulah berbagai manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit dan rambut. Sangat mudah untuk diaplikasikan dan menyimpan banyak manfaat ya!

  • https://www.bellybelly.com.au/baby/coconut-oil-5-great-uses-for-coconut-oil-for-your-baby/
  • https://www.allure.com/story/beauty-uses-for-coconut-oil
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714#types
  • https://koko.news/glow/Everything-you-need-to-know-about-Emma-Stones-beauty-secrets-20200724-0006.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5057295/
  • https://chemistscorner.com/perry-romanowski/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait