Kesehatan

KESEHATAN
5 November 2020

13+ Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Baik untuk Bumil Juga!

Bambu ternyata memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Bambu bukanlah tanaman yang asing di Indonesia. Batangnya yang kokoh sering dimanfaatkan menjadi bahan bangunan atau kebutuhan lainnya.

Tunasnya tidak kalah bermanfaat, bagian tumbuhan ini sering dijadikan lauk pelengkap makanan sehari-hari.

Ternyata tidak hanya enak, tetapi gizinya juga baik untuk kesehatan.

Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Rebung adalah tunas yang masih muda dan tumbuh dari akar bambu atau bisa disebut juga sebagai kecambah bambu. Rebung hadir dalam berbagai hidangan masakan di Asia Tenggara dan beberapa bagian negara di India.

Rebung memiliki tekstur yang renyah yang dapat diambil dari berbagai jenis bambu antara lain Bambusa vulgaris (bambu ampel), Phyllostachys edulis (bambu moso), Bambusa oldhamii (bambu oldhamii) dan lain sebagainya.

Rebung tersedia dalam berbagai macam bentuk. Baik dalam bentuk segar, fermentasi dan kalengan.

Dalam beberapa tahun terakhir popularitas rebung seakan naik daun karena diketahui mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Sering Dibuang, Ternyata Ini 6 Manfaat Biji Pepaya Moms!

Penggunaan rebung untuk pengobatan pertama kali tercatat dalam buku-buku Tiongkok yang berasal dari tahun 618-907 M serta di Jepang. Karena khasiatnya ini, rebung mendapat julukan sebagai 'Raja Sayuran Hutan'.

Rebung ini dapat diolah untuk dimakan serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat rebung bagi kesehatan?

1. Sumber Gizi

Rebung mengandung beberapa gizi yang diperlukan tubuh

Foto: pixabay.com

Manfaat rebung yang pertama adalah sebagai sumber gizi. Rebung mengandung kalium yang rendah kalori dan memiliki rasa yang manis.

Selain itu dalam rebung juga mengandung protein, gula, kalsium, magnesium, zat abu, serat, beberapa vitamin, serta beberapa senyawa antioksidan.

Rebung biasanya digunakan sebagai tambahan dalam makanan agar semakin sehat. Rebung biasanya sering dijadikan sebagai isian lumpia khas Semarang.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat rebung ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

Rebung memiliki kandungan fitonutrien dan fitosterol. Kedua zat ini dapat membantu tubuh menurunkan kadar lemak jahat yang ada di dalam darah dengan mendorong proses metabolisme tubuh.

Dengan kadar kolesterol jahat yang rendah dan terkontrol dengan baik, maka risiko timbulnya penyakit seperti gangguan jantung dan stroke akan semakin rendah.

3. Mencegah Kanker Usus

Rebung bambu kuning membantu mencegah kanker usus

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rebung adalah dapat mencegah kanker usus. Kanker usus terjadi akibat pencernaan yang tidak sehat. Namun, resiko ini bisa diminimalisir dengan menjaga kesehatan pencernaan.

Sehatnya pencernaan akan berdampak pada optimalnya kinerja usus dalam mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh seperti sisa makanan dan zat pemicu kanker.

Rebung juga memiliki kandungan berupa senyawa asam fenolik, senyawa yang termasuk antioksidan yang mampu melindungi jantung serta mencegah beberapa penyakit kanker.

Rebung juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan dan membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 5 Resep Sayur Kangkung yang Sederhana, Moms Mesti Coba!

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk Moms yang sedang dalam program diet, mengonsumsi rebung bambu kuning bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu program penurunan berat badan.

Rebung bambu kuning mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi rebung bambu kuning juga baik dalam melancarkan pencernaan.

Dikutip dari Express, bahwa keberhasilan penurunan berat badan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

Sistem pencernaan memainkan peran penting dalam proses penurunan berat badan, sebab saat makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan akan melambat dan limbah makanan akan menumpuk di dalam tubuh. Sistem pencernaan yang lamban inilah yang akan menyebabkan penambahan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Rebung bambu kuning dapat menjaga kesehatan kulit

Foto: Orami Photo Stock

Rebung memiliki Vitamin C dan E yang menjadikan manfaat rebung bambu kuning baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C ditemukan pada lapisan epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit) dengan kadar yang cukup tinggi.

Sifat vitamin C sebagai anti-kanker dan dapat membantu dalam produksi kolagen. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

6. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat rebung sebagai santapan sehari-hari salah satunya adalah memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

Siapa sangka kalau ternyata rebung merupakan sumber protein, karbohidrat, serat dan mineral.

Sayur rebung juga sangat rendah lemak dan gula sehingga dapat menjadi cemilan yang ideal bagi penderita diabetes.

Rebung juga mengandung jumlah serat yang cukup besar yang dikenal sebagai nutraceuticals dan dapat membantu mengatasi masalah usus.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ditemukan antioksidan dalam jumlah besar dengan senyawa fenolik di dalam rebung.

Antioksidan ini dapat membantu memerangi radikal bebas dan memiliki sifat anti-kanker, antibiotik dan anti-virus.

Tidak hanya sampai di situ, rebung juga mengandung vitamin dan mineral penting di antaranya adalah vitamin A, E, B6, thiamin, riboflavin, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, seng, mangan, dan mineral penting lainnya.

Sayur rebung dapat dikonsumsi tanpa rasa bersalah karena jumlah kalori pada rebung tidak lebih dari 20 kalori setiap 100 gram.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur rebung menyimpan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Foto: freepik.com

Manfaat rebung selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung.

Karena rebung sarat akan fitosterol dan fitonutrien, ahli jantung merekomendasikan untuk memakan sayur rebung secara rutin agar dapat melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, rebung juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu melawan kolesterol jahat.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat rebung lainnya adalah rebung dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam jurnal Advances in Studying on Physiological Activity and Curative Effect of Bamboo Derivatives menyebutkan bahwa rebung memiliki kandungan mineral dan vitamin yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kehadiran antioksidan, mineral dan vitamin dapat memperkuat tubuh dari dalam maupun luar.

Khasiat lainnya adalah kandungan nutrisi dalam sayur rebung juga dapat membantu dalam fungsi otak agar tetap tajam dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Aman untuk Ibu Menyusui

9. Melancarkan Pencernaan

Rebung mengandung anti inflamasi.jpg

Foto: pixabay.com

Rebung juga terkenal akan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat makanan yang ditemukan dalam sayur rebung dapat membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Didukung dengan fakta bahwa sayur rebung rendah kalori, maka sayur rebung layak masuk ke dalam menu diet sehat Moms dan keluarga.

10. Anti-Inflamasi

Manfaat rebung selanjutnya adalah dapat bertindak sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

Menurut sebuah penelitian rebung mengandung beberapa fitokimia bermanfaat yang berperan bagi kesehatan, salah satunya adalah senyawa fenolik.

Senyawa tersebut memberikan efek kesehatan yang positif seperti antioksidan, anti inflamasi, anti alergi, dan anti mikroba.

Senada dengan penelitian lainnya menunjukkan bahwa sifat analgesik dan anti inflamasi ditemukan pada rebung yang membantu mengobati bisul.

Sari buah yang diekstrak dari rebung dipercaya dapat membantu menyembuhkan bisul dan luka luar.

Manfaat Rebung untuk Ibu Hamil

Penggunaan rebung untuk diolah menjadi makanan sudah sangat familiar, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Meskipun rebung terkenal memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, namun banyak ibu hamil yang mempertanyakan keamanan mengonsumsi rebung selama masa kehamilan.

Banyak mitos beredar kalau mengonsumsi rebung ketika masa kehamilan akan menyebabkan anak lahir dengan banyak bulu atau rambut. Sebenarnya boleh tidak ibu hamil mengonsumsi rebung?

Mengutip dari Eat Pregnant, makan rebung saat hamil ternyata tidak berisiko untuk kehamilan.

Namun, pastikan rebung yang dikonsumsi dalam proses pengolahan yang benar. Dalam hal ini rebung harus dimasak hingga matang dan tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Satu-satunya risiko yang ditularkan oleh sayuran ini adalah toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah patologi yang terkait dengan parasit yang akan ada di air dan tanah.

Jika diolah dengan benar, akan ada banyak manfaat rebung untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara tepat. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

11. Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit saat hamil dapat diatasi dengan rebung

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat rebung untuk ibu hamil yang pertama adalah rebung dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian Treating constipation during pregnancy, diperkirakan 11% hingga 38% wanita hamil mengalami sembelit.

Sembelit pada ibu hamil sangatlah umum terjadi karena tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan fisiologis dan anatomis di sistem pencernaan.

Baca Juga: 11 Tips Melahirkan Lancar untuk Ibu Hamil 9 Bulan, Yuk Coba!

Rebung mengandung serat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat tubuh. Ketika kebutuhan serat di dalam tubuh terpenuhi, maka kinerja metabolisme tubuh juga akan semakin meningkat.

Inilah yang membuat rebung dapat membantu mengatasi sembelit pada masa kehamilan dan membantu pencernaan menjadi lebih optimal.

12. Mengontrol Tekanan Darah pada Ibu Hamil

Manfaat rebung untuk ibu hamil selanjutnya adalah rebung dapat membantu mengontrol tekanan darah pada ibu hamil.

Rebung mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh, salah satunya adalah kalium.

Perlu Moms ketahui, wanita hamil disarankan mengonsumsi sebanyak 4,700 mg kalium setiap hari.

Fungsi utama kalium dalam tubuh termasuk mengatur keseimbangan cairan dan mengendalikan aktivitas jantung dan otot.

Kalium juga dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah dan mampu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, makanan yang mengandung kalium dapat membantu mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit seperti stroke dan dapat mempengaruhi janin.

13. Mencegah Kanker

Rebung dapat membantu mencegah kanker pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Membantu mencegah kanker juga menjadi manfaat rebung untuk wanita hamil. Rebung mengandung kadar antioksidan di dalamnya yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta memperbaiki kerusakan sel.

14. Mendorong Persalinan Normal

Jika Moms mendambakan persalinan secara normal, maka mengonsumsi rebung bisa menjadi salah satu solusinya, karena rebung dapat membantu merangsang kontraksi rahim.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, wanita hamil dianjurkan menambahkan porsi kecil rebung ke dalam makanannya (hanya dengan rekomendasi dokter) pada trimester akhir kehamilan untuk membantu mendorong persalinan normal.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut, beberapa kelompok masyarakat percaya bahwa rebung dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Untuk itu disarankan untuk tidak mengonsumsi rebung selama trimester pertama kehamilan. Jika Moms berencana mengonsumsi rebung saat hamil, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Baca Juga: Ingin Melahirkan Normal di Rumah? Ini Hal yang Harus Moms Ketahui

Banyak sekali bukan manfaat rebung bagi kesehatan tubuh? Tidak sulit memasukkan rebung dalam masakan-masakan Indonesia yang dipadukan dengan berbagai macam rempah.

Mempertimbangkan gizi yang ditawarkan rebung untuk kesehatan, rasanya tidak salah Moms mulai rajin mengonsumsi rebung dalam menu makanan sehari-hari.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait