12 April 2020

3 Manfaat Vaksin Influenza, Enggak Cuma Mencegah Flu lho!

Vaksin influenza bisa dilakukan setiap tahun

Moms bisa mendapatkan manfaat dari vaksin influenza, yaitu menghindari dari penyakit flu. Karena itu, vaksin ini termasuk jenis yang banyak dilakukan orang.

Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza. Meski gejalanya ringan dan penyembuhannya bisa dilakukan dengan istirahat dan minum obat, tetapi dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang vaksin influenza ya, Moms.

Baca Juga: Selain Influenza, Ada Juga 4 Jenis Flu yang Berbahaya dan Wajib Diketahui

Penyakit Flu Bisa Jadi Lebih Serius

manfaat vaksin influenza-1
Foto: manfaat vaksin influenza-1

Foto: Orami Photo Stock

Dokter akan membantu Moms melakukan pemeriksaan secara klinis jika flu berlanjut ke tahap yang lebih serius.

Karena, bisa jadi penyakit flu tersebut berkembang menjadi sebuah komplikasi, atau mengarah ke gejala infeksi bakterial dan membutuhkan penanganan berupa antibiotik.

"Jika gejala flu disertai sesuatu yang lebih serius seperti: demam tinggi selama tiga hari lebih, sesak napas, perubahan warna lendir yang signifikan, hingga napas terasa berat, segeralah berkonsultasi dengan dokter," jelas dr. Muliadi Limanjaya, Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Manfaat Vaksin Influenza Bagi Anak dan Orang Dewasa

manfaat vaksin influenza-2
Foto: manfaat vaksin influenza-2

Foto: Orami Photo Stock

Vaksin influenza bisa dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Terutama bila Moms ingin mencegah virus flu, dr. Muliadi menjelaskan untuk melakukan imunisasi influenza setiap satu tahun sekali.

Baca lebih lanjut tentang penjelasan manfaat vaksin influenza bagi anak dan orang dewasa ini ya, Moms.

Baca Juga: Vaksin Influenza, Ini Waktu Tepat Pemberian dan Efek Sampingnya

1. Dapat Mencegah Tubuh dari Sakit Flu

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, vaksin flu mencegah jutaan penyakit dan kunjungan dokter karena penyakit flu setiap tahunnya.

Di Amerika Serikat, pada tahun 2017-2018, vaksin influenza mencegah sekitar 6,2 juta penyakit influenza, 3,2 juta kunjungan medis karena influenza, 91.000 rawat inap terkait influenza, dan 5.700 kematian terkait influenza.

Dengan vaksin flu, telah terbukti mengurangi risiko seseorang dengan penyakit flu untuk pergi ke dokter sebesar 40 hingga 60 persen.

2. Menjaga Tubuh dengan Kondisi Kesehatan Kronis

Dalam Journal of American Medical Association, disebutkan adanya hubungan antara vaksinasi flu dengan rendahnya tingkat kejadian penyakit jantung pada orang dengan riwayat sakit jantung.

Selain itu, manfaat dari vaksin influenza yaitu mengurangi masa perawatan di rumah sakit, bagi orang dengan penyakit paru-paru kronis yang berhubungan dengan flu.

Baca Juga: Catat! Ini Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak

3. Melindungi Wanita Selama dan Setelah Kehamilan

Vaksin influenza juga dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan akut terkait flu pada wanita hamil.

Jurnal Clinical Infectious Disease melakukan studi saat musim influenza dari 2010-2016. Hasilnya, vaksin flu mengurangi risiko wanita hamil dirawat di rumah sakit dengan kondisi sakit flu, dengan persentase rata-rata 40 persen.

Selain itu, manfaat vaksin influenza di masa kehamilan juga dapat membantu melindungi bayi dari flu selama beberapa bulan setelah kelahiran, ketika ia belum cukup umur untuk divaksinasi.

Nah, ternyata ada manfaat lain ya dari vaksin influenza. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk melakukan vaksinasi influenza ya Moms. Jangan lupa ajak Dads dan juga Si Kecil.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb