Gizi

23 November 2021

16 Manfaat VCO untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Simak berbagai manfaat VCO yang bisa Moms dan keluarga dapatkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Amelia Puteri

Di dunia kesehatan herbal, Moms pasti sudah tidak asing dengan manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil.

VCO sangatlah berbeda dengan minyak lain, seperti minyak zaitun dan termasuk minyak kelapa pada umumnya.

Minyak VCO adalah minyak kelapa murni yang pada prosesnya tidak melalui proses pemanasan suhu tinggi seperti minyak pada umumnya.

Hal ini memperjelas kata “virgin” yang ada di depan “coconut oil” karena pada prosesnya tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, atau dikurangi elemen-elemen tertentu di dalamnya.

Umumnya VCO digunakan untuk bahan baku kosmetik dan juga dikonsumsi langsung sebagai asupan gizi berkalori tinggi. Ada beragam manfaat jika Moms menggunakan VCO secara rutin, lho.

Lantas, apa saja manfaat VCO? Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Enggak Perlu Beli, 5 Resep Coto Makassar Lezat dan Mudah untuk Dibuat di Rumah!

Manfaat VCO untuk Kesehatan

minum obat batuk

Foto: Orami Photo Stock

Moms, manfaat VCO tidak hanya bisa dinikmati untuk perawatan kecantikan saja, lho! Moms juga bisa merawat kesehatan keluarga dengan bantuan minyak VCO. Tak percaya? Simak beberapa manfaat VCO berikut:

1. Membantu Mengatasi Stres

Penat dan bad mood yang menumpuk bisa membuat seseorang mudah stres.

Penelitian yang dilakukan pada tikus yang dipublikasikan oleh Experimental and Therapeutic Medicine, minyak kelapa terbukti mampu membantu mengurangi stres akibat flu kronis.

Selain itu, para peneliti juga percaya bahwa manfaat VCO juga bisa diandalkan untuk mencegah depresi.

2. Mencegah Penyakit Lever

Manfaat VCO selanjutnya yang bisa Moms rasakan adalah untuk melindungi organ hati. Journal of The Science of Food and Agriculture membuktikan uji penggunaan VCO kepada tikus yang memiliki penyakit hati.

Tikus yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki masalah kesehatan hati yang lebih baik setelah 4 minggu dibandingkan tikus lain yang tidak mengonsumsi minyak kelapa.

Dari percobaan ini, berbagai kandungan yang ada di dalam VCO dapat membantu melindungi hati. Meski demikian, perlu dilakukan lebih lanjut kebenarannya dalam kesehatan manusia.

Baca Juga: Penyakit Kawasaki pada Anak, Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Komplikasinya

3. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Asam lemak rantai menengah yang terdapat pada VCO dapat membantu menjaga keseimbangan hormon.

Moms tentu sudah tahu bahwa ketidakseimbangan hormon merupakan penyebab masalah infertilitas wanita, seperti PCOS, kan? Namun, tidak hanya itu saja.

Manfaat VCO juga diyakini sebagai sumber energi yang baik untuk menstabilkan kadar gula darah. Untuk menjaga kesuburan, Moms juga perlu menjaga kadar gula darah.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma dan masalah dengan implantasi embrio.

4. Mendorong Pembakaran Lemak

Minyak VCO adalah sumber yang kaya akan trigliserida rantai menengah (MCT), sejenis lemak jenuh.

Melansir Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menunjukkan bahwa mengonsumsi MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Dengan demikian, ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Hanya saja Moms harus dikonsumsi dalam batas normalnya. Sebab, meskipun MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan jika dalam jumlah banyak.

5. Sumber Energi Tubuh

Manfaat VCO selanjutnya adalah sebagai sumber energi dalam tubuh.

Kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) dalam VCO bekerja menuju ke hati dan menjadi pasokan energi yang cepat dengan cara yang sama seperti karbohidrat.

Dengan menyimpan banyak energi, maka hal ini dapat menunjang tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas hingga jauh dari rasa kelelahan berlebih.

Untuk mendapatkan asupan yang bernutrisi secara berkala, Moms dapat mencampurkan madu, VCO, dan biji chia.

Baca Juga: 11 Cerita Rakyat yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak, Yuk Bacakan!

6. Mengatasi Sakit Lambung

Minum obat menjadi perawatan asam lambung yang sering dilakukan, tetap ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menurunkan asam lambung, seperti mengonsumsi VCO.

Sebuah penelitian Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, menunjukkan fungsi anti-bakteri pada VCO dapat melapisi dinding lambung dan esofagus mengurangi rasa sakit.

7. Melindungi Tulang dan Gigi

Manfaat VCO yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada VCO diketahui dapat membantu tubuh untuk melawan penyebab gangguan kesehatan pada tulang dan gigi.

Antioksidan dapat menghalau radikal bebas yang mampu mengakibatkan penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang. Maka dari itu, mengonsumsi VCO secara rutin merupakan cara pencegahan yang tepat dari penyakit osteoporosis dan lainnya.

8. Meredakan Kejang

Kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) dalam minyak VCO dapat meningkatkan konsentrasi keton darah, yang dapat membantu mengurangi frekuensi kejang.

Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya mengurangi kejang pada anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan.

Meskipun perlu dikaji lebih dalam lagi, namun beberapa peneliti mempercayai manfaat VCO dapat mengatasi kejang pada epilepsi.

Baca Juga: Kenalan dengan Kimbab Family, Keluarga Youtuber Indonesia-Korea Menggemaskan

9. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat VCO selanjutnya adalah menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Penumpukan kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh merupakan penyebab utama dari gangguan pada tekanan darah serta penyakit jantung.

VCO justru mampu mengubah lemak yang terkandung di dalamnya menjadi energi. Hal ini pun menghindari adanya penumpukan kolesterol dan lemak jahat berlebih di dalam tubuh.

10. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit progresif yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Umumnya penyakit ini dialami oleh lansia.

Para peneliti menyarankan kepada lansia agar konsumsi makanan yang meningkatkan jumlah keton dalam darah, seperti minyak VCO. Keton ini berfungsi sebagai sumber energi alternatif untuk regenerasi sel-sel otak yang telah rusak.

Dengan begitu, mengonsumsi minyak VCO dapat mencegah penyakit alzheimer.

Baca Juga: 9 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang dan Kering, Bisa Dicoba!

Manfaat VCO untuk Wajah

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Proses pengolahan minyak VCO yang spesifik dan beda dibanding minyak biasa, membuat nutrisi di dalam VCO tetap terjaga. Inilah yang membuat banyak orang mengandalkan berbagai manfaat VCO.

Tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Simak manfaat VCO yang bisa Moms rasakan berikut:

Baca juga: 4 Tips Perawatan Kulit Berminyak Saat Liburan

11. Membantu Mengatasi Jamur dan Bakteri di Kulit

Manfaat VCO yang pertama adalah membantu mengatasi jamur dan bakteri di kulit.

Sebuah penelitian Fatty Acids and Derivatives as Antimicrobial Agents yang menguji 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri berbeda membuktikan, asam laurat yang terdapat pada minyak VCO merupakan kandungan terefektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Itulah sebabnya, VCO sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kulit mulai dari folikutis hingga kutu air.

Ingin merasakan manfaat VCO ini? Bersihkan area kulit yang mengalami masalah kulit dan aplikasikan minyak VCO pada area kulit yang bermasalah.

12. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat VCO yang juga sering diandalkan banyak orang adalah mengatasi jerawat. Berterimakasihlah pada sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung dalam VCO.

Kandungan tersebut membantu mengatasi jerawat dan radang pada orang yang mengalami penyakit eksim, psoriasis, hingga dermatitis kontak.

Meski demikian, ada beberapa orang yang merasa tidak cocok dengan manfaat VCO ini.

Jadi sebaiknya, lakukan tes pada area kulit wajah yang tersembunyi terlebih dahulu. Contohnya di belakang telinga. Jika tidak ada reaksi yang timbul, seperti gatal, kemerahan, atau iritasi, maka Moms bisa melanjutkan penggunaan VCO untuk wajah.

13. Membantu Meringankan Luka Bakar

Minyak kelapa murni atau VCO terbukti efektif untuk membantu penyembuhan luka.

Meski demikian, penyembuhan luka bakar tersebut efektif jika penggunaan minyak VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit.

Baca Juga: 21 Lokasi Vaksin COVID-19 di Kota dan Kabupaten Bekasi, Tersedia Vaksin Pfizer!

14. Mencegah Kulit dari Dehidrasi

Akhir-akhir ini, kita memang lebih sering mencuci tangan dan mandi setelah beraktivitas.

Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Kulit jadi lebih mudah kering dan mengalami dehidrasi karena stratum corneum sebagai bagian dari lapisan kulit epidermis, bisa jadi ikut terkikis.

Dijelaskan oleh dr. Purvisha Patel, selaku Dermatologist, stratum corneum merupakan lapisan kulit teratas yang membantu mencegah kulit dari dehidrasi dan infeksi.

Jika lapisan ini terkikis dan kondisinya menurun, bisa jadi akan menimbulkan reaksi infeksi, radang, dan kecenderungan mengalamai radang kulit kronis menjadi lebih tinggi.

Hal ini pun diperjelas dan didukung olehdr. Beth Goldst yang juga merupakan seorang Dermatologist. Ia mengatakan bahwa manfaat VCO dapat sangat dirasakan pada saat kulit sedang dalam keadaan kering dan dehidrasi.

“Minyak VCO membantu mencegah kulit dari dehidrasi dan ‘mengisi’ kembali lapisan kulit yang terkikis dengan kandungan asam lemak. Hal ini membuat kulit jadi lebih terhidrasi, lembut, dan kenyal,” tegas dr. Goldst

15. Melembapkan Kulit Wajah yang Kering

Manfaat VCO selanjutnya adalah untuk melembapkan kulit yang kering karena cuaca, paparan sinar matahari, hingga kebiasaan seseorang untuk selalu berada di ruang AC.

Minyak ini kaya akan kandungan asam lemak yaitu asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat yang mampu menembus beberapa lapisan kulit.

Moms bisa mengandalkan minyak ini sebagai pembersih wajah, pelembap area mata, hingga pelembap kulit wajah saat malam hari.

Terkait dari kemampuan VCO untuk melembapkan kulit, healthline.com menjelaskan bahwa sebenarnya minyak VCO bersifat seperti amplop. VCO akan melapisi kulit dan membantu mencegah kandungan air dalam kulit menguap.

Karena sifat dan cara kerja VCO ini, tak ada salahnya Moms mengaplikasikan night cream dan mengakhiri perawatan kulit malam hari dengan minyak VCO sebagai penutup.

16. Membantu Menyehatkan Rambut

Manfaat VCO selanjutnya adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut.

Selain itu, VCO juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe. Mengaplikasikan virgin coconut oil pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut.

Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

VCO juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras.

Untuk menjadikanVCO sebagai perawatan, cukup oleskan ke rambut dengan menjadikannya sebagai masker.

Baca juga: Ini 7+ Makanan Penambah Energi untuk Moms dengan Aktivitas yang Padat

Itulah beberapa manfaat VCO untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Moms ketahui. Bagaimana Moms? Apakah Moms tertarik untuk ikut merasakan manfaat VCO di atas?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4247320/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/jsfa.8650
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25636220/
  • https://www.hindawi.com/journals/ecam/2017/7251562/
  • https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/the-skinny-on-fats#.WcG90tOGNE8
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2792613/
  • https://www.healthline.com/health/coconut-oil-moisturizer#benefits
  • https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-studies
  • https://www.fertilitytips.com/the-fertility-benefits-of-coconut-oil/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait