Kesehatan

KESEHATAN
23 Januari 2020

Mata Juling pada Bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa yang menjadi penyebabnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mata juling pada bayi mungkin saja dialami. Padahal, tentunya semua orang tua pasti berharap agar buah hatinya sehat secara fisik dan mental. Sayangnya ada beberapa kasus, di mana mata anak mengalami kondisi yang disebut juga dengan juling.

Mata juling sering terjadi pada bayi dan anak-anak yang masih kecil. Ini adalah masalah penglihatan di mana kedua mata anak tidak dapat fokus pada titik yang sama, pada saat yang bersamaan.

Baca Juga: Infeksi Mata Pada Bayi: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Umumnya otot mata kedua mata terkoordinasi dan bergerak ke arah yang sama ketika kita ingin fokus pada objek tertentu. Sedangkan mata juling pada bayi mencegah Si Kecil untuk melakukannya.

Seorang bayi mungkin tampak juling ketika otaknya tidak dapat menggabungkan pandangan kedua mata karena otot-otot mata tidak bekerja secara bersama-sama.

Penyebab Mata Juling pada Bayi

mata juling

Foto: babygooroo.com

Meskipun tidak diketahui dengan pasti penyebab mata juling pada bayi, kondisi mata ini cenderung terjadi karena faktor keluarga.

Mata juling juga berkembang pada anak ketika mata mengkompensasi masalah penglihatan seperti katarak dan rabun jauh. Dalam beberapa kasus, anak berisiko mengalami mata juling karena down syndrome, kelahiran prematur, cedera kepala, atau kondisi yang memengaruhi saraf dan otot.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kontak Mata dengan Bayi?

Beberapa anak mungkin dilahirkan dengan mata juling atau dapat berkembang selama enam bulan pertama tanpa alasan tertentu.

Mata bayi yang menyipit juga dapat terjadi karena masalah seperti miopia, astigmatisme atau hipermetropia, di mana cahaya tidak fokus dengan benar pada retina.

Mengutip dari British Journal of General Practice, setiap bayi yang menderita mata juling di atas usia 3 bulan harus dirujuk ke perawatan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mayoritas mata juling pada anak-anak akan sembuh dan dapat dirujuk untuk penyelidikan lebih lanjut secara rutin.

Cara Mengatasi Mata Juling pada Bayi

mata juling

Foto: id.pinterest.com

Berikut ini adalah perawatan yang biasa direkomendasikan dan bisa mengatadi mata juling pada bayi.

1. Suntikan ke Otot-otot Mata

Meskipun efek dari suntikan ini hanya bisa bertahan hingga tiga bulan, mereka membantu dalam melemahkan otot-otot mata karena itu menjadi mudah bagi mata untuk menyelaraskan dengan benar.

2. Penggunaan Kacamata

Jika juling adalah hasil dari masalah seperti rabun jauh, maka kacamata bisa menjadi solusi tepat untuk mengobati kondisi ini. Namun dalam hal ini, Moms juga harus berkonsultasi langsung dengan dokter, untuk mengetahui kapan waktu yang tepat.

Baca Juga: Balita Harus Pakai Kacamata, Apa Saja Penyebabnya?

3. Operasi Mata

Selama operasi, otot-otot mata yang mengendalikan gerakan dikoreksi sehingga mata dapat menyelaraskan diri. Operasi sering menjadi pilihan terakhir, terutama untuk bayi.

Itulah penjelasan tentang mata juling pada bayi. Semoga Moms dan Dads bisa mengatasinya, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait