Trimester 3

TRIMESTER 3
25 November 2019

4 Cara Mencegah Mimpi Buruk Saat Hamil

Moms, tidak perlu khawatir pada mimpi buruk saat hamil lagi, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Masa kehamilan sangat dekat kaitannya dengan perubahan. Ya, perubahan menjadi ibu bukan hal yang sepele. Sejak masa kehamilan pun, akan ada banyak perubahan fisik serta psikis yang akhirnya memengaruhi kualitas tidur Moms, salah satunya mimpi buruk. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari perubahan hormon yang terjadi saat masa kehamilan.

Penyebab Mimpi Buruk Saat Hamil

mimpi buruk saat hamil

Mimpi yang bisa terjadi pada ibu hamil nyatanya berasal dari kekhawatiran dan kecemasan menunggu sang buah hati lahir ke dunia. Tidak jarang, mimpi buruk pun terjadi dan waktunya lebih intens dibandingkan sebelum hamil.

Moms juga dapat mengingat mimpi dengan lebih jelas karena Moms lebih banyak bangun karena mual di pagi hari, sakit punggung, dan keinginan untuk buang air kecil.

Perlu Moms ketahui, biasanya mimpi buruk saat memasuki usia kehamilan pada trimester pertama dan ketiga. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa terjadi pada sepanjang kehamilan.

Penelitian BMC Pregnancy Childbirth, menemukan bahwa mimpi buruk akan semakin sering terjadi pada trimester ketiga kehamilan.

Kualitas tidur yang baik mendukung kesehatan ibu selama masa kehamilan sehingga mimpi buruk bisa membuat waktu tidur berantakan karena tiba-tiba terbangun di malam hari. Lalu, kenapa hal ini bisa terjadi saat masa kehamilan?

Baca Juga: Ini Artinya Mimpi Hamil yang Moms Alami dan Tandanya Bagi Kehidupan

Dr. Tore Nielsen, dokter dari Montreal, Kanada, mengungkapkan bahwa mimpi tentang bayi dapat muncul karena pengaruh kecemasan dan kekhawatiran seorang ibu baru.

“Mimpi buruk saat masa kehamilan adalah hal yang normal sebagai respons terhadap kecemasan menjadi ibu baru yang penuh tanggung jawab. Selain itu, hormon juga dapat berpengaruh pada kondisi ini,” ujar dokter Tore.

Waspada terhadap kondisi insomnia yang bisa terjadi karena sering mimpi buruk, ya, Moms. Ada juga gangguan tidur lainnya yang bisa terjadi selama kehamilan, yaitu obstructive sleep apnea (OSA) seperti suara terengah-engah dan tersedak saat sedang tidur.

Restless legs syndrome (RLS) juga dapat terjadi saat hamil karena zat besi yang rendah. Untuk itu, penting bagi Moms untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan minum suplemen.

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan jika memiliki gangguan tidur secara terus-menerus.

Mencegah Mimpi Buruk Saat Hamil

mimpi buruk saat hamil

Moms membutuhkan rata-rata waktu 5 jam untuk tidur malam untuk memaksimalkan tenaga keesokan harinya.

Namun, hormon yang terus berfluktuasi membuat Moms lebih sering bermimpi yang lebih intens. Untuk itu, coba lakukan beberapa cara ini untuk mencegah mimpi buruk saat hamil, yaitu:

1. Temukan Penyebabnya

Mimpi buruk yang Moms alami biasanya terjadi karena suatu penyebab, misalkan pikiran negatif karena ketakutan, kekhawatiran, kecemasan menjadi orang tua baru. Atau bisa terjadi karena masalah kesehatan. Nah, sebaiknya Moms segera menemukan sumber penyebabnya agar tahu cara mengatasinya.

2. Jaga Kesehatan Fisik

Tidak dapat dipungkiri, tingkat stres bisa meninggi karena kondisi tubuh yang tidak fit. Untuk itu, sebaiknya

Moms menjaga kesehatan fisik dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, aktif bergerak, dan memiliki gaya hidup yang sehat. Kebiasaan ini akan membuat tubuh tertidur lebih cepat dan nyenyak sehingga bisa terhindar dari mimpi buruk.

Baca Juga: Inilah Berbagai Penyebab Gangguan Tidur pada Ibu Hamil

3. Bicarakan pada Pasangan

Menjalani kehamilan membutuhkan kerja sama antara suami dan istri, karena keduanya yang akan menjadi orang tua.

Untuk itu, jika Moms memiliki kekhawatiran tertentu, tidak ada salahnya membagikannya kepada pasangan.

Faktanya, mimpi buruk juga bisa dialami oleh suami, lho! Sehingga keterbukaan pada pasangan sangat dibutuhkan, ya.

4. Tenangkan Pikiran

Stres kadang tidak bisa dihindari, namun Moms bisa mengelola stres itu dengan baik agar tidak menjadi pikiran.

Cara terbaik yang bisa Moms lakukan adalah latihan yoga, meditasi, mendengarkan musik, membaca buku atau melakukan hal apapun yang disuka. Hal ini membantu menenangkan pikiran Moms.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, praktekkan yoga sebelum waktu tidur. Lakukan setiap pose yoga selama 3-5 menit.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyaman? Coba Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Itulah yang bisa dilakukan untuk mencegah mimpi buruk selama hamil. Tidak lupa juga untuk selalu berpikiran positif dan mensyukuri setiap hal yang telah dijalani, ya, Moms.

(DG)

Artikel Terkait