Tren

16 Februari 2019

Lamaran Kerja Ditolak? Atasi Kecewa dengan 3 Cara Ini

Rasa kecewa dan sedih itu wajah, tapi jangan sampai berlarut-larut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms sedang mencari pekerjaan? Mencari pekerjaan memang tidak mudah ya, Moms. Bolak-balik mengirim CV ke berbagai perusahaan, juga menjalani banyak interview.

Meski sudah berjuang keras, tapi Moms malah menerima surat balasan bahwa lamaran pekerjaan ditolak oleh perusahaan. Pasti rasanya sedih, lelah, dan kecewa.

Perasaan-perasaan itu wajar sekali kok, tapi Moms tidak boleh terlalu lama tenggelam dalam keputusasaan. Berikut cara mengatasi kecewa saat lamaran pekerjaan ditolak!

1. Kumpulkan Energi Positif

1 tolak

Jangan terus-terusan berada dalam situasi terpuruk, karena hal itu akan membuat Moms makin stres dan merasa tidak berdaya.

Kondisi emosi Moms akan menentukan tindakan yang Moms lakukan, contohnya mengurung diri di kamar, tidak mau berinteraksi dengan teman-teman, juga makin menutup diri.

Ceritakanlah kesedihan dan kekecewaan pada orang terpercaya, misalnya suami, sahabat, atau keluarga. Dengan begitu perasaan akan jadi lebih ringan.

Lakukan juga kegiatan-kegiatan yang Moms sukai, seperti berkumpul bersama teman, olahraga, atau membaca buku, sehingga energi positif akan terus terjaga.

Baca Juga: Menjadi Pengangguran, Begini Cara Menjelaskannya Pada Anak

2. Tidak Usah Overthinking

2 tolak

Moms mungkin akan berandai-andai, “Kalau saja aku tadi tidak menjawab seperti itu.” Overthinking dan terlalu menganalisis kejadian akan membuat Moms malah semakin kecewa dan susah move on.

Tenggelam dalam kekecewaan akan membuat kita stuck di tempat dan membuat kita tidak kunjung berusaha menggapai pekerjaan impian.

“Ketika pikiran negatif tiba-tiba muncul, ingatkan diri bahwa hal itu sangat tidak produktif. Lebih baik susun kembali strategi yang akan dilakukan,” ujar Melody J. Wilding, LMSW, career coach sekaligus dosen di City University New York.

Baca Juga: Sebelum Bekerja di Perusahaan Startup, Ketahui Dulu 5 Hal Ini!

3. Tingkatkan Kualitas Diri

3 tolak

Menurut Melody, cara terbaik untuk bangun adalah mencari tahu feedback dari perusahaan yang menolak kita.

Ketika kita ditolak, tanyakan pada perusahaan tersebut bagaimana cara kita memperbaiki diri saat interview atau apa kualifikasi yang butuh kita pelajari.

“Mungkin akan terasa canggung, tapi mengirim email balasan untuk menanyakan feedback adalah hal yang umum dilakukan. Dengan begitu, kamu akan bisa menjadi kandidat yang lebih baik untuk perusahaan selanjutnya,” lanjut Melody.

Moms juga perlu menyadari bahwa kita tidak mungkin mendapatkan seluruh pekerjaan yang kita inginkan.

Ditolak saat melamar pekerjaan akan membuat diri kita menjadi lebih kuat dan lebih siap menghadapi hal terburuk dalam hidup. Tetap semangat ya, Moms!

(INT)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait