Kehamilan

26 Mei 2020

4 Cara Mengobati Masalah Pendengaran Selama Kehamilan

Selain mual dan muntah, masalah pendengaran pun kerap mendatangi beberapa ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan adalah salah satu fase paling spesial dalam kehidupan wanita. Hal ini identik dengan perubahan fisik, emosi, dan lainnya. Perubahan tersebut bisa menyebabkan sesuatu yang indah atau komplikasi. Salah satunya masalah pendengaran selama kehamilan.

Masalah pendengaran selama kehamilan bisa seperti sensasi dering di telinga, sehingga Moms pun bertanya-tanya apakah hal itu normal? Lalu, Moms pun khawatir apakah dapat mendengar kembali dengan normal ketika masalah pendengaran selama kehamilan ini menimpa?

Ada beberapa penyebab masalah pendengaran selama kehamilan. Salah satunya, disfungsi hormon. Lalu, otosklerosis, yang terjadi karena modulasi hormon selama kehamilan, dan sering muncul di awal kehamilan. Selain itu, ada pula perubahan pada sistem kardiovaskular, sistem endokrin, dan sistem hematologi selama kehamilan.

Menurut jurnal Acta Oto-Laryngologica, perubahan tersebut memengaruhi sirkulasi cairan koklea yang mengakibatkan masalah pendengaran seperti gangguan pendengaran sensorineural, otalgia, dan masalah pendengaran selama kehamilan lainnya.

Baca Juga:Gangguan Pendengaran dan Efeknya untuk Kesehatan Otak, Begini Penjelasannya

Mengobati Masalah Pendengaran Selama Kehamilan

Biasanya dokter akan merekomendasikan perawatan masalah pendengaran selama kehamilan tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Bahkan, dokter mungkin menahan diri untuk tidak memberikan obat karena dapat membahayakan Si Kecil dalam kandungan.

Namun, berikut ini ada beberapa cara mengobati masalah pendengaran selama kehamilan yang mungkin efektif:

1. Istirahat

Ibu Hamil istirahat

Foto: Orami Photo Stocks

Tergantung pada jenis masalah pendengaran selama kehamilan, dokter mungkin menyarankan untuk beristirahat. Moms perlu istirahat di tempat tidur dengan kepala tidak bergerak di antara bantal.

2. Minum Cairan

Menghindari Masalah Pendengaran Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut artikel Betterhealth, minum cairan dapat mencegah dehidrasi akibat mual dan muntah yang mana hal tersebut bisa juga memengaruhi masalah pendengaran selama kehamilan. Sehingga, minumlah banyak cairan untuk menghindari hal tersebut.

Baca Juga:4 Gangguan Pendengaran Pada Bayi 0-6 Bulan

3. Hindari Stress

Ibu hamil stres

Foto: Orami Photo Stocks

Jika tingkat stress Moms meningkat karena tinnitus, maka menggunakan masker tinnitus adalah pilihan yang paling aman menurutJournal of Clinical Neurology. Selain itu, jaga diri selama kehamilan mulai dari menghindari rokok, minum kopi, makanan yang mengandung MSG, paparan suara keras, dan minuman soda.

Baca Juga: Ikuti 4 Tips Menjaga Pendengaran Agar Tetap Baik dan Sehat Ini

4. Gunakan Alat Bantu Dengar

Setelah memeriksa masalah pendengaran selama kehamilan, tak jarang dokter dapat merekomendasikan penggunaan alat bantu dengar yang sesuai.

Alat bantu dengar bisa meningkatkan kemampuan pendengaran. Perangkat memperbesar getaran suara yang masuk ke telinga.

Sel-sel rambut, sel-sel sensorik kecil di telinga bagian dalam mendeteksi getaran besar dan mengubahnya menjadi sinyal saraf dan mengirimkannya ke otak. Jadi, Moms bisa mendengar dengan cara yang lebih baik.

Menurut American Journal of Obstetrics & Gynecology, masalah pendengaran selama kehamilan terlalu sering diabaikan.

Sehingga, apabila Moms merasakan adanya perubahan pendengaran selama kehamilan ada baiknya langsung memberitahu kepada dokter kandungan agar bisa terdeteksi secara dini agar memungkinkan tindak lanjut serta penanganan yang tepat utamanya saat masalah pendengaran semakin memburuk.

Baca Juga:Bisa Merusak Pendengaran, Ketahui Batasan Aman Pakai Headphone Saat WFH

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait