Newborn

28 November 2020

Menyendawakan Bayi setelah Menyusu, Pentingkah?

Yuk kita cari tahu alasannya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyusui bayi mungkin menjadi kegiatan menyenangkan dan favorit untuk beberapa ibu, terutama untuk mereka yang baru memiliki bayi. Namun menjadi ibu baru, mungkin ada hal-hal baru yang masih terlewatkan.

Tahukah Moms jika setelah bayi selesai menyusu, sebaiknya disendawakan? Pentingkah menyendawakan bayi setelah menyusu? Ternyata, hal ini penting lho dilakukan setelah anak menyusu.

Mungkin Moms bertanya-tanya mengapa menyendawakan bayi setelah menyusu itu penting. Apa sih manfaat sendawa setelah menyusu. Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Baca Juga: Jika Bayi Tidak Bersendawa, Lakukan 6 Hal Ini

Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu

bersendawa setelah menyusu

Foto: verywellfamily.com

Saat kita memberikan minum susu pada bayi, maka akan ada udara yang masuk dan terperangkap dalam lambung bayi.

“Udara tersebut dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman akibat perut yang terasa penuh atau begah, sehingga bayi cenderung menjadi lebih rewel,” jelas dr. Cynthia Rindang K., Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Puri Indah.

Saat bayi disendawakan, maka gas tersebut diharapkan akan keluar sehingga bayi lebih nyaman dan bisa minum lebih lama atau lebih banyak. Menyendawakan bayi juga bermanfaat bagi beberapa bayi yang sering gumoh, kolik, maupun refluks.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk menyendawakan bayi secara teratur. Waktu yang direkomendasikan untuk menyendawakan bayi adalah saat bayi sedang berhenti sesaat dari kegiatan menyusu, saat mengganti sisi payudara pada bayi yang disusui langsung, atau saat bayi sudah benar-benar selesai menyusu.

Baca Juga: Perjuangan Menyusui Bayi BBLR, Dimulai dengan Dot hingga Akhirnya Bisa Direct Breastfeeding

Untuk bayi berusia di bawah 6 bulan yang diberi minum dengan botol, dianjurkan untuk menyendawakan bayi setiap bayi sudah minum sekitar 60 sampai 90 ml.

Manfaat Menyendawakan Bayi

menyendawakan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Menyendawakan Si Kecil, terutama setelah menyusu, sebenarnya memiliki banyak manfaat dan kegunaan lho Moms. Apa saja manfaat tersebut? Yuk kita cari tahu.

1. Membantu Perut Bayi Terbebas dari Gas Berlebih

Udara yang dihirup bayi Moms selama setiap menyusu dapat mengganggu pencernaan Si Kecil, membuatnya merasa tidak nyaman dan menyiapkan lebih banyak masalah di dalam perut. Jadi gendonglah bayi Moms dan sendawakan dengan baik untuk membantu sistem Si Kecil terbebas dari udara berlebih. Ini akan membantu pencernaan bayi dan mencegah masalah perut.

2. Mencegah Kolik pada Bayi

Para ahli dan dokter percaya bahwa salah satu alasan utama bayi menderita kolik, sakit perut yang tak tertahankan adalah karena adanya udara berlebih yang terperangkap di dalam perut, tersedot selama sesi makan.

Bayi yang menderita kolik bisa menangis melengking hingga tidak bisa menenangkannya. Cara terbaik untuk mengatasi kolik adalah dengan mencegahnya terjadi. Dan untuk melakukannya, Moms bisa sendawakan bayi dengan baik setelah setiap menyusui. Ini akan membantu bayi Moms mengeluarkan udara dari sistemnya dan mengurangi terjadinya kolik selama bulan-bulan awal kehidupannya.

3. Membantu Bayi untuk Tidur Lebih Nyenyak

Beberapa ibu mengeluh bahwa bayinya tidak bisa tidur sepanjang malam dan terlalu sering bangun. Nah, perhatikan tanda-tanda pada bayi Moms yang menyebabkan gangguan tidur. Jika Moms melihat bayi bangun dan merasa lebih baik setelah Moms membuatnya duduk, kemungkinan besar udara di dalam perutnya mengganggu kualitas tidurnya.

Baca Juga: Tips Mengurangi Refleks Moro Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Segera gendong bayi Moms dan cobalah bersendawa sebelum Moms memberi mereka makan. Ingatlah bahwa menawarkan makanan tanpa membersihkan udara di dalam dapat menyebabkan risiko tersedak. Setelah Moms meletakkan bayi di pundak dan menepuk punggungnya, lihat apakah dia merasa baik. Jika tidak, coba tawarkan makanan atau periksa popok kotor, dan lakukan apa yang Moms bisa untuk membuatnya tertidur lagi.

4. Membuat Anak Lebih Ceria dan Aktif

Sekarang bayangkan betapa Moms merasa mual dan tidak nyaman jika sedang memiliki gas dalam perut atau menderita GERD. Kemudian pikirkan penderitaan Si Kecil yang bahkan tidak tahan dengan gas di dalam perutnya. Menjaga bayi Moms bebas dari udara berlebih juga memiliki manfaat lain; itu akan membuatnya lebih ceria dan aktif. Dengan cara ini bayi akan lebih berbaur dengan lingkungannya, belajar lebih banyak hal untuk menerima perintah dan menjalani hidup yang sehat.

5. Membuat Perut Bayi Lebih Nyaman setalah Menyusu

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa bayi menghirup sejumlah udara bersama dengan makanan mereka, tidak peduli apakah mereka disusui atau minum susu formula. Merupakan tugas bagi para Moms untuk membantu Si Kecil mengeluarkan udara dari perut kecilnya. Salah satu tugas sederhana yang dapat membuat bayi nyaman sepanjang hari adalah membuat bayi bersendawa dengan benar.

Banyak Moms yang berusaha keras melakukannya tetapi langsung menyerah jika bayi gagal bersendawa bahkan setelah upaya keras mereka. Berhati-hatilah bagi para ibu, tidak selalu bersendawa setelah menyusui bukanlah praktik yang baik.

Posisi untuk Menyendawakan Bayi

bersendawa setelah menyusu

Foto: motherandbaby.co.uk

Terdapat dua posisi yang umum dilakukan untuk menyendawakan bayi, yaitu:

1. Menggendong

Menggendong bayi dalam posisi tegak menghadap ibu, dengan dagu bayi menempel pada pundak ibu bisa jadi pilihan. Pada posisi ini salah satu tangan ibu menyangga bagian bokong bayi, sementara tangan yang lain secara lembut mengusap atau menepuk-nepuk lembut punggung bayi serta memastikan kepala dan leher bayi tersangga dengan baik.

Baca Juga: 4 Posisi Menyusui yang Salah Ini Membuat Payudara Kendur dan Nyeri

2. Duduk di Pangkuan Ibu

Dengan posisi ini, pastikan salah satu sisi lengan dan tangan menyangga badan dan kepala bayi, sementara tangan yang lain menepuk-nepuk lembut punggung bayi.

Menurut dr. Cynthia Rindang K., tidak ada rekomendasi khusus posisi mana yang paling baik untuk dikerjakan. Setiap ibu harus mencoba sendiri mencari posisi ternyaman baik bagi ibu maupun bayi untuk bisa menyendawakan bayi dengan efektif.

Posisi apapun yang akhirnya ibu pilih, pastikan ibu selalu menyiapkan handuk atau kain kecil untuk menampung gumohan atau muntahan yang mungkin terjadi saat sedang menyendawakan bayi.

Nah, ternyata penting ya Moms untuk menyendawakan bayi setelah menyusu. Jadi, jangan lupa selalu bantu Si Kecil untuk bersendawa setelah menyusu ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait