Newborn

NEWBORN
17 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-21

Ia kini punya lebih banyak suku kata yang bisa diucapkan, seperti ba, ma, ga dan lainnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Bayi:

Menjelang usia enam bulan, bayi suka bila diposisikan duduk atau berdiri tegak dan mulai mencoba memberi tahu Moms apa yang dirasakan atau diinginkannya dengan isyarat seperti bahasa tubuh dan kontak mata.

Bayi Moms juga akan lebih banyak mengoceh seolah-olah dia sudah paham semua isi dunia! Hahaha... Seperti apa ocehannya? Ia kini punya lebih banyak suku kata yang bisa diucapkan, seperti ba, ma, ga dan lainnya.

Tips Minggu Ini :

Ajak bayi bicara lebih sering tentang lebih banyak topik. Manfaatkan benda-benda di sekitar rumah atau rutinitas yang biasa Moms dan bayi lakukan.

Moms bisa mencobanya dari topik warna misalnya. Warna bajunya, warna mainan, warna handuk. Nama-nama binatang seperti boneka gajah, gambar kuda, kelinci di selimutnya. Hingga aktivitas seperti Moms mau makan, Papa main piano, nenek memasak dan sebagainya.

Moms, Coba Deh:

Perhatikan baik-baik. Ocehannya mungkin mulai bermakna. Ia juga bisa mengatakan ba-ba, ga-ga, ma-ma bahkan kata yang lebih pendek seperti hap, jii, atau bam sebagai kata pertamanya.

Memang tidak ada yang bisa memastikan apa kata pertama seorang anak, tapi dengan memperhatikan dengan baik, Moms pasti tahu apa maksudnya.

Narasumber ahli : dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto : Shutterstock

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait