Scroll untuk melanjutkan membaca

3-12 BULAN
24 Maret 2020

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya

Salah memutuskan akan membahayakan Si Kecil.
Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya

Yuk, tengok aturan menaruh barang di boks bayi.

Untuk Moms milenial, sepertinya tidak bisa lepas dari media sosial. Mulai dari parenting hingga masalah gaya baju Si Kecil juga tidak bisa terlepas dari peran aplikasi di gadget tersebut.

Tak jarang Moms juga mengikuti tren, termasuk tren dalam memperindah tampilan kamar atau boks kasur Si Kecil.

Meskipun saat mendekorasi boks Si Kecil akan membuat ruangan terlihat sangat cantik, ternyata itu malah membahayakan untuk Si Kecil lho Moms! Kok bisa?

Sebuah penelitian merekomendasikan agar Moms untuk tidak mengutamakan gaya ketika mendekorasi.

Mereka mengungkapkan bagaimana ratusan anak di bawah usia lima tahun terluka setiap tahun oleh barang yang ada di kamar dan di boks kasurnya.

Baca Juga: Pelajari Cara Tepat Membersihkan Tempat Tidur Anak

Aturan Menaruh Barang di Boks Bayi

Dokter anak di Amerika Dr. Ruth Barker menjelaskan bahwa sangat penting untuk menciptakan ruang yang aman tidak hanya untuk kemampuan bayi saat ini, tetapi untuk kemampuannya yang berkembang dari waktu ke waktu.

"Orang tua perlu mengantisipasi dan tetap satu langkah ke depan, karena Anda tidak ingin Si Kecil bisa melakukan sesuatu untuk yang pertama sekaligus yang terakhir,“ kata dia.

Jadi sebelum memutuskan menaruh barang di boks bayi, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Kelambu

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 01.jpg

Foto: Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 01.jpg

Foto: pepperfry.com

Meski terlihat cantik dengan berbagai warna dan desain, ternyata kelambu adalah hal yang rentan membuat Si Kecil terluka. Jaraknya yang dekat akan memudahkan bayi untuk memainkannya.

"Aku pernah mendapat pasien yang menceritakan bahwa bayinya menggunakan kelambu untuk berdiri. Namun, kelambu itu malah terjerat di lehernya. Untungnya ibunya masuk ke kamar dan menyelamatkannya sebelum terlambat,” tambah dia.

2. Lampu Hias

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 02.jpg

Foto: Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 02.jpg

Foto: amazon.com

Saat Moms berharap Si Kecil akan tertarik saat ada lampu berkelip warna warni di boks tidurnya, Moms harus kembali memperhatikan hal tentang menaruh barang di boks bayi yang malah akan membahayakan.

Dr Ruth mengatakan bagaimana lampu juga dapat meningkatkan resiko bayi tercekik lehernya jika dimainkan serta sengatan listrik jika dipasang.

“Jika mereka bertenaga baterai, baterai juga bisa sangat berbahaya bagi seorang anak jika terlepas dan dimasukkan ke mulut bayi,” tambah dia.

Baca Juga: Kapan Seharusnya Anak Pindah dari Boks Bayi ke Tempat Tidur?

3. Bantal

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 03.jpg

Foto: Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 03.jpg

Foto: childsafetyexpress.com

Apakah Moms menyadari bahwa bantal sebenarnya adalah ancaman bagi Si Kecil?

Dokter Ruth menjelaskan, bahkan ketika berbaring kepala bayi secara alami mengarah ke depan karena bentuk tengkorak mereka.

"Jika Anda meletakkan bantal di bawah kepala mereka, itu dapat membesar-besarkan sudutnya,. Ini malah akan menjadi penyebab bayi terkena SIDS,” tambahnya.

Bantal dapat menutupi hidung dan mulut bayi dan dapat menyebabkan bayi mati lemas.

Rata-rata, ada 32 kematian bayi setahun akibat bantal yang digunakan sebagai kasur atau untuk menopang kepala bayi. Mayoritas kematian ini terjadi pada bayi dalam tiga bulan pertama kehidupannya.

4. Selimut

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 04.jpg

Foto: Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 04.jpg

Foto: popsugar.com

Jika Moms khawatir tentang suhu di kamar bayi, kenakan pakaian hangat pada Si Kecil. Atau Moms juga bisa mengenakan selimut tipis pada bayi untuk menjaganya agar tetap terlindung dan hangat.

Jangan gunakan selimut atau selimut tebal. Bayi yang berusia muda dapat terjebak di selimut tebal yang dapat mengakibatkan mati lemas.

Menaruh barang di boks bayi seperti selimut malah akan mengganggunya. Moms bisa menaruhnya di luar boks atau yang mudah terjangkau.

Sehingga jika diperlukan, Moms dapat dengan mudah menggunakannya pada Si Kecil.

Baca Juga: Berapa Kali Selimut Bayi Idealnya Dicuci?

5. Mainan

Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 05.jpg

Foto: Menaruh Barang di Boks Bayi, Ini 5 Aturan Sesuai Jenisnya 05.jpg

Foto: tripadvisor.com

Apakah aman menaruh mainan di boks bayi? Jawabannya adalah tidak.

Meskipun Moms beralasan agar bayi bisa tenang saat di letakkan di dalam boks karena memiliki teman bermain, hal ini malah akan menjadi hal yang berbahaya.

Menaruh barang di boks bayi walaupun hanya mainan tidak aman untuk SI Kecil. Banyak mainan yang dapat terbalik ketika diletakkan di atas permukaan yang tidak rata seperti kasur.

Bayi juga bisa membalikkan mainannya dan ada kemungkinan terjepit di antara mainan-mainan tersebut.

Boks yang tidak berantakan adalah ruang tidur paling aman untuk bayi. Selain itu, hindari menggantung mainan buaian dengan bagian-bagian yang dapat digunakan anak untuk menarik diri keluar dari boks atau terlilit.

Tingkatkan rasa waspada saat memutuskan menaruh barang di boks bayi jika keadaan darurat. Pastikan Moms tidak melepaskan pandangan dari Si Kecil saat itu ya.