Parenting Islami

25 Januari 2021

Ketahui 3 Hal Penting Tentang Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa Berikut Ini

Mimpi berhubungan badan saat puasa, batalkah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat berpuasa, seseorang dilatih untuk mengendalikan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak berpahala.

Saat puasa juga, ada beberapa hal yang terlarang untuk dilakukan. Misalnya saja adalah makan, minum dan berhubungan badan saat siang hari.

Beberapa hal tersebut selain akan membatalkan puasa dan juga tidak akan mendatangkan pahala, bahkan akan berdosa jika dilakukan.

Namun, ada beberapa hal yang masih menjadi keraguan saat terjadi jika seseorang puasa, misalnya mimpi berhubungan badan saat puasa.

Meski hanya mimpi, terkadang seseorang akan ragu terkait puasa yang dilakukan.

Untuk menjelaskannya, simak beberapa penjelasannya dalam artikel ini yang berkaitan tentang mimpi berhubungan badan saat puasa.

Baca Juga: Tips Berolahraga Walau Sedang Berpuasa

Hukum Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa

3 Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa -1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Islam Web, mimpi berhubungan badan saat puasa Ramadan atau saat melakukan puasa lain di siang hari tidak memengaruhi sahnya puasa, karena orang tersebut tidak dapat mencegahnya karena berada di luar kendalinya.

Allah SWT tidak membebani manusia untuk apa yang di luar kekuasaannya. Untuk menjelaskan hal ini, dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Allah tidak mengisi jiwa kecuali (dengan yang di dalam) kapasitasnya,” (QS Al-Baqarah: 286).

Hal ini juga mirip dengan kasus ketika sesuatu masuk ke tenggorokan saat seseorang sedang tidur saat berpuasa, karena keduanya berada di luar kendalinya dan tidak bisa dikontrol.

Tidak ada pahala atau dosa baginya bila mimpi berhubungan badan saat puasa, dan orang tersebut bisa melanjutkan berpuasa.

Meski orang yang mimpi berhubungan badan saat puasa atau saat ihram tidak mempengaruhi puasanya, tetapi orang tersebut harus mandi wajib untuk membersihkan dirinya dari janaabah (kenajisan) karena ada maniy (air mani) yang dikeluarkan saat mimpi, dikutip Fataawa al-Lajnah al-Daa'imah dalam situs Islam Q&A.

Yang tidak boleh dilakukan selama berpuasa adalah sengan sengaja melakukan hubungan puasa.

Sebab, berhubungan badan dengan sengaja dapat membatalkan puasa. Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:

“Setiap perbuatan (kebaikan) putra Adam akan berlipat ganda, amal baik menerima sepuluh kali lipat menjadi tujuh ratus lipat hadiah.

Allah, Yang Maha Tinggi dan Mulia, telah berfirman: Kecuali puasa, karena itu dilakukan untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala untuk itu, karena seseorang meninggalkan keinginan dan makanannya untuk Ku," (HR Bukhari dan Muslim).

Salah satu haist dari Ummu Salamah tentang hal ini adalah saat dia berkata:

"Umm Sulaim istri Abu Talhah datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu (mengatakan) kebenaran.

Apakah seorang perempuan perlu mandi (ghusl) setelah dia mengalami mimpi basah?' Rasulullah SAW bersabda, 'Ya, jika dia memperhatikan ada pelepasan,'” (HR Bukhaari, al-Ghusl, 373; Muslim, al-Hayd, 471).

Baca Juga: 5 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Praktikkan Yuk!

Arti Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa

3 Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa -2

Foto: Orami Photo Stock

Karena mimpi berhubungan badan saat puasa tidak membatalkan puasa, ada juga yang penasaran apakah ada arti tersembuyi saat seseorang mimpi berhubungan badan saat puasa?

Sebab, bisa saja mimpi datang karena ada alasan tertentu.

Terkait dengan mimpi ini, ada salah satu riwayat dari Bukhari meriwayatkan dari Abu Salamah bahwa Abu Qutaadah al-Ansaari berkata:

“Aku mendengar Rasulullah SAW berkata: 'Mimpi datang dari Allah dan mimpi buruk datang dari Syaitan.

Jadi jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang tidak disukainya, biarkan dia meludah ke sisi kiri dan berlindung kepada Allah dari mimpi itu, dan itu tidak akan merugikannya,” (al-Ta’beer, 6488; Muslim, al-Ru’yaa, 4196).

Meski ini tidak berarti bahwa setan yang menyebabkan seseorang bermimpi berhubungan badan saat puasa, namun fakta bahwa setan dan jin dirantai selama Ramadan tidak berarti bahwa iblis berhenti berbisik ke dalam hati orang-orang dan mendesaknya untuk melakukan kejahatan.

Ibn Hajar berkata:

“Fakta bahwa mimpi buruk disebutkan dalam hubungannya dengan Shaytaan berarti bahwa mereka memiliki karakteristik berbohong dan berlebihan, tidak seperti mimpi nyata yang disebutkan dalam hubungannya dengan nama Allah sebagai penghormatan, meskipun semuanya diciptakan dan ditetapkan oleh Allaah,” (Fath al-Baari, 12/393).

Baca Juga: 3 Tanda Ibu Hamil Harus Batalkan Puasa

Menghindari Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa

3 Mimpi Berhubungan Badan Saat Puasa -3

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, gairah seksual seseorang cenderung meningkat saat berpuasa di bulan Ramadan. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada.

Pakar filsafat Jawa Prof.Dr Damardjati Supadjar mengatakan, meski puasa ternyata dapat menyebabkan kondisi fisik menurun, namun hasrat seksual yang meningkat harus dikontrol dengan baik agar puasa lebih berkualitas.

“Masyarakat harus menunda hasratnya yang meningkat hingga Syawal (Idul Fitri), sedangkan puasa setelah Ramadhan sebenarnya harus ditingkatkan,” kata Damardjati .

Menurut Damardjati, meningkatnya gairah seks saat berpuasa disebabkan sel darah dalam tubuh yang tidak banyak mendapat nutrisi, sehingga darah lebih banyak mengalir ke area genital.

“Ketika darah tidak mencerna makanan, darah menjadi lepas tugas dan mengalir ke ‘daerah otonom’,” kata dia yang juga merupakan Guru Besar Filsafat UGM ini.

Damardjati menambahkan bahwa hal tersebut juga telah dibahas secara detail dalam kitab Jawa kuno, Bayanullah.

Oleh karena itu, meski mimpi berhubungan badan saat puasa tidak dapat dikendalikan karena ada dengan sendirinya, hal tersebut sebenarnya bisa disiasati.

Dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW bersabda:

"Wahai anak muda! Siapapun diantara kalian boleh menikah, harus menikah, karena itu membantu menurunkan pandangan dan menjaga kesopanannya. Dan siapa yang tidak dapat menikah, harus berpuasa, karena puasa mengurangi (hasrat) seksualnya."

Cara terbaik untuk menghindari terjadinya mimpi erhubungan badan saat puasa adalah dengan menikah atau kembali pada pasangan.

Sebab, saat sudah sah menjadi pasangan suami istri, seseorang bisa menyalurkan hasrat seksualnya selepas maghrib atau sebelum subuh saat hendak berpuasa.

Allah berfirman:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.

Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu.

Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.

Kemudian, sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya.

Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa." (QS Al-Baqarah: 187).

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah mengetahui upaya yang dilakukan dengan mengingkari keinginan seseorang saat puasa dan bahwa laki-laki diperbolehkan berhubungan badan dengan istrinya pada malam hari.

Ada seseorang yang bertanya kepada 'Aisha RA dan bertanya, “Apakah Rasulullah SAW memeluk (istrinya) saat berpuasa?’. Dia menjawab:

“Iya, tetapi dia memiliki kendali terbesar atas keinginannya di antara kalian: atau dia adalah salah satu dari mereka yang memiliki kendali atas keinginannya,” (HR Muslim).

Seorang pria bertanya kepada Nabi SAW, apakah seseorang yang berpuasa dapat memeluk (istrinya) dan dia memberinya izin; tetapi ketika pria lain mendatanginya, dan memintanya, dia melarangnya.

“Orang yang dia beri izin adalah seorang pria tua dan orang yang dia larang adalah seorang pemuda,” (HAR Abu Daud).

Meningkatkan kualitas ibadah juga menghindarkan seseorang untuk mimpi berhubungan badan saat puasa. Karena pada dasarnya puasa adalah media untuk belajar mengendalikan diri.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait