Newborn

30 November 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-4

Mama mungkin melihat bayi menggeliat, menyipitkan mata, meringis, dan bahkan tersenyum dalam tidurnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)
smiling newborn

Perkembangan Bayi:

Bayi Moms akan mulai menghabiskan lebih banyak waktu tidur dalam fase REM atau fase aktif. Moms mungkin melihat bayi menggeliat, menyipitkan mata, meringis, dan bahkan tersenyum dalam tidurnya.

Ya, Ma, bayi Moms juga bisa bermimpi! Perlu khawatir? Jelas tidak! Karena fase ini justru mampu memulihkan pikiran, daya ingat, serta mempertahankan fungsi sel-sel otak bayi. Saat tidur ini pula, somatotropin (hormon pertumbuhan) dilepaskan. Dengan kata lain, bayi Moms sedang bertumbuh!

Moms, Coba Deh:

Perhatikan, selain menangis, bayi Moms kini sudah mulai mengeluarkan suara meskipun tanpa arti. Ia seperti bergumam, bergelegak halus, atau mengeluarkan bunyi ‘humm’ atau ‘mmmhh’. Pastikan Moms mengiringi pertumbuhan bayi dengan merespon suara-suaranya ini.

Moms juga bisa melakukan beberapa aktivitas sederhana yang akan mendorong kesadaran bayi akan bagian tubuhnya. Bermainlah dengan bayi saat Moms mengganti popok atau memandikannya. Katakan, "Perut, perut, perut, Moms sayang perutnya!" Lalu cium perutnya. Katakan, "Jari kecil, jari mungil, jari kesayangan Moms." Lalu cium jari-jarinya. Permainan ini juga membuat bayi merasa dicintai.

Tip Minggu Ini:

Pastikan bayi tidur di kasur yang rata dan tidak terlalu empuk, agar tubuhnya tidak melesak ke dalam kasur atau hidungnya sampai tertutup bantal maupun selimut.

Buat area tidurnya lapang, ambil selimut, kain-kain, boneka, atau bantal yang tidak diperlukan jika kebetulan ia bergerak-gerak saat tidur apalagi bila sedang bermimpi. Ini penting untuk menurunkan risiko terjadinya sindroma kematian mendadak pada bayi atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait