Kehamilan

11 Juli 2020

4 Mitos dan Fakta Tentang Ibu Hamil Anak Laki-Laki, Simak di Sini!

Katanya bentuk perut yang rendah serta detak jantung janin rendah menandakan ibu hamil anak laki-laki, loh!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

“Perut kamu menonjol banget kayaknya anak laki-laki ya?”, ”Wajah kamu kok bercahaya banget pasti hamil anak laki nih,” ucap beberapa orang bahkan keluarga terdekat mengenai kehamilan Moms.

Mengetahui jenis kelamin Si Kecil dalam kandungan merupakan hal yang mendebarkan serta menyenangkan untuk diingat. Maka, tak perlu heran akan banyak perkataan-perkataan yang masuk kategori mitos saat Moms hamil.

Utamanya, bila Moms merupakan calon ibu baru yang sangat rentan terhadap mitos kehamilan.

Alasan lain mengapa mitos masih tetap ada dan menghantui ibu hamil menurut penasihat praktik senior untuk American College of Nurse-Midwife, Eileen Beard, terkadang Moms melihat prediksi terwujud serta karena kekhawatiranlah membuat calon ibu mudah menerima informasi

”Bahkan, orang yang biasanya tidak percaya pada mitos malah sebaliknya ketika hamil,” terangnya.

Mitos Ibu Hamil Anak Laki-Laki

Nah, penasaran kan mitos ibu hamil anak laki-laki yang akan mendatangi Moms dan Dads?

Berikut ini ada lima mitos yang mungkin kerap didengar:

Baca Juga: Pasta Gigi untuk Ibu Hamil Harus Bebas Fluoride, Mitos atau Fakta?

1. Tidak Ada Mual dan Muntah

Ilustrasi ibu hamil muntah

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut American Pregnancy Association, lebih dari 50 persen ibu hamil merasa sakit selama trimester pertama. Beberapa orang mempercayai bahwa morning sickness tidak akan menimpa ibu hamil anak laki-laki karena hormon lebih rendah.

Namun, sebuah studi 2013 World Applied Science Journal terhadap 2.450 kelahiran menunjukkan tingkat mual dan muntah yang sedikit lebih tinggi pada wanita yang mengandung anak laki-laki, dibandingkan dengan mereka yang mengandung anak perempuan.

Di antara populasi penelitian, 79,5 persen perempuan yang membawa janin laki-laki melaporkan mual dan muntah, sementara hanya 72,3 persen perempuan yang membawa janin perempuan yang melaporkan gejalanya.

2. Tidak Ada Perubahan Kulit Serta Rambut

Menurut mitos ibu hamil anak laki-laki tidak akan mengalami perubahan kulit serta rambut atau penampilan. Secara nyatanya, perubahan hormon memengaruhi kulit dan rambut sebagian besar ibu terlepas dari jenis kelamin Si Kecil dalam kandungan.

Satu studi dari Journal of Family Medicine and Primary Care melaporkan bahwa lebih dari 90 persen wanita hamil mengalami perubahan dalam penampilan kulit dan rambut mereka.

Baca Juga:Pasta Gigi untuk Ibu Hamil Harus Bebas Fluoride, Mitos atau Fakta?

3. Detak Jantung Janin Lebih Lemah

detak jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jantung Si Kecil akan mulai berdetak pada sekitar usia kehamilan 6 minggu. Detak jantung janin adalah antara 140 dan 170 denyut per menit (bpm) pada minggu ke-9.Ada satu mitos yang menunjukkan bahwa janin dengan kecepatan detak kurang dari 140 bpm adalah laki-laki.

Sebuah studi tahun 2006 dalam artikel Karger, tidak menemukan perbedaan yang signifikan antara denyut jantung janin laki-laki dan perempuan pada awal kehamilan.

Dari 477 kehamilan yang diteliti, rata-rata denyut jantung janin pria adalah 154,9 bpm, dan rata-rata denyut jantung janin wanita adalah 151,7 bpm. Rata-rata, janin laki-laki cenderung memiliki detak jantung yang sedikit lebih cepat.

4. Posisi Benjolan Perut

Banyak orang percaya bahwa membawa rendah menunjukkan janin laki-laki, sementara membawa tinggi menunjukkan bahwa janin adalah perempuan. Namun, tidak ada kebenaran untuk kepercayaan ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Birth Journal ada tahun 1999 menyimpulkan bahwa wanita yang menggunakan ini dan cara lain untuk memprediksi jenis kelamin bayi mereka tidak mungkin benar.

Faktor-faktor yang menentukan bentuk dan ukuran benjolan wanita hamil meliputi ukuran janin dan posisinya. Jika punggung bayi sejajar dengan Moms, benjolan kehamilan cenderung rata.

Baca Juga:Fakta dan Mitos Makanan untuk Ibu Hamil

Mengetahui jenis kelamin Si Kecil tentu menyenangkan. Tapi, ingat sebagian besar mitos ibu hamil anak laki-laki tidak didasarkan pada fakta. Sabar saja, Moms akan segera tahu jenis kelaminnya!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait