Rupa-rupa

9 Juli 2021

8 Nama-nama Dinosaurus Terpopuler yang Digemari Anak-anak

Kenalan dengan dinosaurus terpopuler di dunia yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dinousaurus adalah hewan hewan purba yang menyita banyak perhatian dunia. Nama-nama dinosaurus pun sering muncul dalam beberapa film terkenal seperti Jurassic Park.

Salah satu daya tarik utama dari dinosaurus adalah bentuknya yang sangat besar sehingga membuatnya terlihat seperti hewan raksasa.

Nama dinosaurus sebenarnya diambil dari bahasa Yunani yakni ‘deinos; yang berarti mengerikan, kuat, dan hebat lalu sauros yang artinya kadal. Jadi bisa diartikan kalau nama-nama dinosaurus artinya adalah kadal yang mengerikan, kuat, dan hebat.

Sosok dinosaurus memang sangat ditakuti karena bentuk dan ukurannya yang besar. Dinosaurus ini memiliki banyak spesies dengan nama-nama dinosaurus yang berbeda-beda.

Meski nama-nama dinosaurus berbeda-beda, tapi secara umum hewan ini terbagi menjadi tiga kategori yakni dinosaurus herbivora yang hanya makan tumbuhan, dinosaurus karnivora yang hanya makan daging saja, dan yang terakhir adalah dinosaurus omnivora yang memakan segalanya.

Baca Juga: 11+ Perlengkapan MPASI yang Wajib Moms Miliki

Fakta dan Sejarah dari Nama-nama Dinosaurus

Nama-nama Dinosaurus

Foto: www.discovermagazine.com

Sebelum membahas nama-nama dinosaurus, kita akan mempelajari tentang fakta dan sejarah dinosaurus terlebih dahulu.

1. Masa Hidup Dinosaurus

Dinosaurus pertama kali ditemukan fosilnya pada abad ke-19. Dengan adanya bukti fosil tersebut, para arkeolog mengidentifikasi kalau ada lebih dari 500 generasi dinosaurus yang berbeda-beda.

Diduga, nenek moyang dari dinosaurus adalah eoraptor yang sudah ada sejak 230 juta tahun silam dan awalnya hewan ini memiliki ukuran badan yang kecil alias tidak sebesar yang selama ini kita ketahui.

Keseluruhan dari masa hidup dinosaurus berlangsung dari zaman mesozoikum yang terjadi antara 250-65 juta tahun silam. Zaman mesozoikum berlangsung sebelum zaman Kenozoikum dan setelah Paleozoikum.

2. Masa Kepunahan Dinosaurus

Penyebab kepunahan dinosaurus sebenarnya masih merupakan misteri karena hingga saat ini masih belum diketahui penyebabnya. Diduga kepunahan hewan ini terjadi karea dua hal.

Pertama karena disebabkan oleh adanya peningkatan iridium yang terjadi secara tiba-tiba. Iridium adalah unsir kimia yang berbahaya dan berasal dari luar angkasa.

Penyebab kedua kepunahan dinosaurus adalah karena adanya serangan vulkanik yang terjadi sekitar 65 juta tahun silam. Sumber magma pada serangan tersebut dikeluarkan dalam aliran yang sangat besar dan bisa menyebar hingga 2,5 km lebih.

Dari kedua teori tersebut, penyebab kedua yang paling dipercaya oleh para peneliti hingga sekarang. Oleh karena itu, kita seringkali melihat adegan gunung meletus yang mengeluarkan serangan vulkanik pada film-film bertema dinosaurus.

Baca Juga: Jangan Sampai Luput, Ini Pentingnya Imunisasi IPV untuk Anak!

Nama-nama Dinosaurus yang Populer di Dunia

Tahukah Moms kalau nama-nama dinosaurus diperkirakan bisa mencapai hingga seribu spesies. Saat ini sudah ada sekitar 700 spesies yang telah valid ditemukan dan dinamai secara resmi.

Tapi tentu saja tidak semuanya populer. Ada sekitar delapan nama-nama dinosaurus yang paling populer di dunia karena sering muncul dalam film dan juga fosilnya diperlihatkan di museum arkeolog, yaitu:

1. Tyrannosaurus Rex

T-rex Dinosaurus

Foto: theconversation.com

Dinosaurus pertama yang paling populer di dunia adalah tyrannosaurus rex atau lebih dikenal dengan nama singkatan T-rex.

Tyrannosaurus rex ini mendapat label sebagai dinosaurus terganas karena memiliki tampilan tinggi besar dan tegak dengan dua kaki, rahang yang besar serta penuh gigi yang tajam sehingga bisa mencabik-cabik mangsanya dengan mudah.

Tyrannosaurus rex memiliki tinggi sekitar 4-5 meter dengan berat yang bisa mencapai satu ton. Kebayang bukan bagaimana besarnya hewan ini? Menurut para peneliti, hewan ini bisa memakan hingga 230 kg daging dalam satu kali santapannya.

Bisa dikatakan kalau tyrannosaurus rex menjadi dinosaurus di urutan mata rantai teratas karena kekuatan dan keganasannya yang membuat dinosaurus lain takut.

Baca Juga: Sudah Kenal Tamanu Oil? Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit!

2. Brontosaurus

Brontosaurus

Foto: insider.com

Brontosaurus merupakan salah satu dari nama-nama dinosaurus yang memiliki ukuran sangat besar, bahkan lebih besar dari tyrannosaurus rex.

Ciri khasnya adalah lehernya yang sangat panjang seperti jerapah. Tinggi dari brontosaurus bisa mencapai hingga 27 meter dengan berat hingga 38 ton. Ia sangat suka tinggal di padang rumput yang luas ketimbang di dalam hutan.

Walaupun terlihat besar, tapi brontosaurus ini termasuk dinosaurus herbivora.

3. Stegosaurus

Stegosaurus

Foto: mentalfloss.com

Dinosaurus yang satu ini punya tampilan yang unik dan punya ciri khas khusus yakni memiliki lempeng duri-duri di sepanjang punggungnya. Stegosaurus adalah salah satu nama-nama dinosaurus yang ukurannya bisa mencapai 9 meter dengan berat hingga 3 ton.

Duri-duri di punggung stegosaurus ini ternyata bagian dari kerangka mereka dan berfungsi untuk menarik perhatian saat musim kawin. Keunikan lain dari stegosaurus, meski tubuhnya besar, ia hanya memiliki otak yang sangat kecil.

4. Triceratops

Triceratops

Foto: jurassicworld-evolution.fandom.com

Ada lagi dinosaurus unik lainnya yakni triceratops yang memiliki ciri khas tanduk besar sehingga mudah dikenali. Di belakang tanduknya terdapat sirip besar mirip telinga yang memenuhi bagian atas kepalanya.

Ukuran dari triceratops ini bisa mencapai 9 meter, sedangkan berat tubuhnya bisa mencapai 9 ton. Sebagian besar beratnya terletak di bagian kepala. Kepala triceratops bahkan menjadi yang terbesar di antara jenis dinosaurus lainnya.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Saat Bepergian Jauh bersama Hewan Peliharaan

5. Velociraptor

Velociraptor

Foto: jurassicworld-evolution.fandom.com

Selanjutnya ada velociraptor. Nama-nama dinosaurus yang satu ini dari segi bentuknya memang agak mirip dengan T-rex. Hanya saja tubuhnya lebih kurus dan kecil.

Meski kecil, ukuran tubuhnya tetap saja besar. Ukuran dari nama-nama dinosaurus ini kira-kira setinggi 1,5 meter saja dengan berat sekitar 135 kg. Berhubung ukuran tubuhnya jauh lebih kecil, velociraptor ini sangat lincah, gesit, dan juga cerdas.

Diperkirakan hewan ini bisa berlari hingga kecepatan 39 km per jam. Ia mampu berinteraksi dengan kawanan sejenisnya dan lebih suka berburu dalam jumlah besar alias berlompok.

Velociraptor sangat pandai membuat jebakan untuk mangsanya yang rata-rata mamalia kecil, reptil kecil, dan serangga.

6. Dilophosaurus

Dilophosaurus

Foto: jurassicworld-evolution.fandom.com

Jika kita melihat tampilannya, dilophosaurus punya bentuk yang unik dengan adanya sirip yang ada pada bagian kepalanya. Sirip ini bisa menutup dan membuka. Dilophosaurus punya tinggi sekitar 6 meter dengan berat sekitar 400 kgherbi.

Rahang dari dilophosaurus sangatlah kuat sehingga memudahkannya dalam menyantap mangsanya karena hewan ini merupakan dinosaurus karnivora.

Baca Juga: Tak Suka Hewan? Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan Pecinta Hewan

7. Spinosaurus

Spinosaurus

Foto: bilimgenc.tubitak.gov.tr

Spinosaurus menjadi salah satu dinosaurus terbesar yang ada. Tingginya bisa mencapai hingga 18 meter dengan berat 22 ton.

Dinosaurus ini memiliki ciri khas sirip besar yang tumbuh pada bagian punggung hingga ke ekor. Menjadi salah satu dinosaurus karnivora, spinosaurus lebih suka mengonsumsi ikan dan hewan laut sehingga meski badannya besar, spinosaurus ini diperkirakan mampu berenang dengan gesit di dalam air.

8. Corythosaurus

Corythosaurus

Foto: www.thoughtco.com

Terakhir ada corythosaurus yang menjadi salah satu nama-nama dinosaurus populer di dunia. Corythosaurus punya ciri khas bentuk mulutnya yang seperti paruh bebek dan bagian atas kepalanya yang memiliki jengger.

Jengger pada bagian atas kepalanya ini berfungsi untuk menghasilkan bunyi ketika disalurkan ke udara. Ketika jengger tersebut berbunyi, itu tandanya corythosaurus memberikan peringatan bagi hewan pemangsa yang ada disekitarnya supaya tidak mendekat.

Corythosaurus memiliki tinggi hingga 9 meter dengan berat hingga 3-4 ton.

Itulah nama-nama dinosaurus yang sangat populer di dunia. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms saat mengajarkan tentang dinosaurus kepada buah hati.

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Dinosaurus#Masa_Hidup
  • https://www.merdeka.com/jatim/jenis-dinosaurus-terpopuler-yang-pernah-hidup-dan-berhasil-diidentifikasi-kln.html
  • https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/03/180000869/fakta-dinosaurus--dinosaurus-terbesar-hingga-dinosaurus-terganas
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/3920396/jenis-dinosaurus-yang-pernah-hidup-di-bumi-ada-yang-berukuran-kecil
  • https://www.q-files.com/prehistoric/dinosaur-species
  • https://www.amnh.org/dinosaurs/types-of-dinosaurs
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait