Bayi

BAYI
6 Mei 2020

4 Obat Rumahan untuk Bayi Sakit, Bebas Kimia!

Ternyata bahan obat rumahan untuk bayi sakit mudah untuk didapatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebelum memutuskan memberikan obat kimia, orang tua jaman dulu selalu melihat ke kebun dan dapur untuk mengambil obat rumahan untuk bayi yang sakit.

Saat ini, penggunaan pengobatan kimia sering digunakan bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Padahal, obat rumahan alami biasanya terjangkau, murah dan tidak memiliki efek samping. Meski begitu, tidak semua perawatan alami tidak berbahaya.

Contohnya, meskipun madu mungkin merupakan obat yang umum untuk pilek atau batuk ringan, madu sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun. Karena madu dapat mengandung bakteri yang menyebabkan babybotulism seperti dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

“Banyak obat rumah yang digunakan nenek kita seperti sup mi ayam, mandi uap hangat dan sejenisnya. Ini sama bagusnya dengan pilihan mewah atau lebih mahal untuk mengobati penyakit anak-anak,” kata Dr. Whitney Casares, penulis ‘The Newborn Baby Blueprint ‘ dan pendiri Modern Mommy Doc.

Baca Juga: Bayi Sembelit? Yuk Coba 8 Obat Alami Ini!

Obat Rumahan untuk Bayi Sakit

Berikut ini ada beberapa obat rumahan alami untuk bayi saat sakit yang bisa Moms gunakan.

1. Lancarkan Pernafasan dengan Bawang dan Uap Panas

Berikan 4 Obat Rumahan Alami Ini Saat Bayi Sedang Sakit -1.jpg

Foto: Everydayhealth.com

Bawang iris mentah mungkin bukan pilihan sebagai pengharum ruangan untuk kamar bayi, hal tersebut tetapi bisa membantu melancarkan pernapasan saat Si Kecil terkena flu.

Moms cukup meletakkan irisan bawang dan letakkan di piring di sebelah tempat tidur atau boks bayi.

Dokter anak Lauren Feder, MD, dan penulis Natural Baby and Childcare mengatakan, bawang baik untuk pernafasan.

“Kandungan sulfur dalam bawang akan mengeluarkan lendir dan cairan dalam tubuh. Jika hidung bayi tersumbat, dia bisa melonggarkannya tanpa efek samping kecuali bau yang menyengat di ruangan itu,” terangnya.

Penulis The Holistic Baby Guide Randall Neustaedter, OMD, LAc, mengatakan, menghirup uang air panas juga akan membantu melegakan pernafasan.

“Jika hidung bayi Anda tersumbat, pergi ke kamar mandi dan masukkan air panas ke dalam ember. Kemudian masukkan dan pegang bayi Anda di sana sebentar. Anda akan mendapatkan uap yang lebih pekat dan kamar Anda tidak menjadi basah semua,” jelasnya.

2. Atasi Sembelit dengan Buah Plum dan Chamomile

Berikan 4 Obat Rumahan Alami Ini Saat Bayi Sedang Sakit -2.jpg

Foto: Momjunction.com

Ada alasan mengapa buah plum memiliki reputasi untuk meningkatkan pencernaan. Plum mengandung sorbitol tinggi, sejenis gula alkohol yang konon memiliki efek pencahar ringan.

Jika bayi terlihat berusaha keras untuk buang air besar dan fesesnya keras saat sembelit, coba tambahkan buah plum pada makanannya sebagai obat rumahan untuk bayi saat sakit.

Untuk sembelit, Randall merekomendasikan untuk menghidrasi dan memotong beberapa plum organik sebagai obat rumahan saat bayi sakit sembelit.

“Letakkan Plum dengan makanan padat apa pun yang Anda berikan kepada bayi. Jika Anda memberi makan brokoli dan kacang polong, tambahkan beberapa plum. Itu biasanya berhasil,” kata dia.

Selain untuk mengobati gangguan pencernaan dan insomnia, teh chamomile juga dapat digunakan untuk bayi sebagai kompres untuk meredakan masalah perut.

Untuk membuat kompres, tambahkan dua hingga tiga kantong teh chamomile organik ke dalam mangkuk berisi air panas.

Rendam kain katun dalam infus chamomile, peras, dan letakkan di perut bayi. Pastikan kainnya tidak terlalu panas. Simpan kain berisi teh di tempatnya selama 10 hingga 15 menit.

Baca Juga: 8 Obat Diare Alami untuk Bayi, Mudah Ditemukan!

3. Oatmeal untuk Kulit

Berikan 4 Obat Rumahan Alami Ini Saat Bayi Sedang Sakit -3.jpg

Foto: Thealternativedaily.com

Jika bayi memiliki kulit kering dan gatal, cobalah mandi oatmeal yang menenangkan. Untuk membuat rendaman oatmeal sendiri, giling oatmeal dalam blender atau food processor sampai halus.

Taburkan setengah cangkir oatmeal ke dalam bak mandi saat air mengalir, dan aduk hingga rata. Air akan terlihat seperti susu, dan bak mandi akan menjadi licin.

“Biarkan bayi berendam hingga 15 menit. Anda dapat mengulangi ini hingga tiga kali sehari,” kata Lauren.

4. Cegah Dehidrasi dengan Adas dan Kapulaga

Berikan 4 Obat Rumahan Alami Ini Saat Bayi Sedang Sakit -4.jpg

Foto: Healthline.com

Ada resep mencegah dehdrasi alami dengan obat rumahan dari Pakistan. Jika bayi muntah, didihkan tumbuhan herba adas dan kapulaga, biarkan mendidih selama 15 hingga 20 menit, biarkan dingin, kemudian saring.

Campuran tersebut bisa untuk membantu bayi dehidrasi dan sakit perut, terutama jika anak-anak muntah ketika minum susu.

Teh hangat akan dapat bermanfaat bagi balita dan anak yang berumur di atas itu. Intinya, cairan dengan elektrolit dan glukosa atau gula adalah yang paling penting untuk mencegah dehidrasi.

Baca Juga: 6 Obat Alami untuk Mengatasi Candidiasis pada Bayi

Obat rumahan untuk bayi saat sakit ternyata mudah didapat. Jika masih ragu, Moms bisa mendiskusikannya dengan doktor ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait