3-5 tahun

3-5 TAHUN
4 Maret 2021

Olahraga yang Aman dan Sehat Bantu Optimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Anak Tidak Mudah Sakit di Masa Pandemi Jika Rutin Melakukan Deretan Olahraga yang Aman dan Sehat Berikut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Di tengah masa pandemi ini menjaga kesehatan diri dan keluarga, terutama anak-anak, adalah hal penting, dan banyak orang memilih olahraga yang aman dan sehat sebagai salah satu solusinya.

Selain memiliki banyak manfaat, olahraga yang aman dan sehat pada umumnya melibatkan fisik Si Kecil yang mudah dilakukan serta diikuti oleh mereka untuk membantu mengoptimalkan daya tahan tubuhnya.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Manfaat Olahraga yang Aman dan Sehat untuk Si Kecil

olahraga seru bareng anak

Foto: Orami Stock Photo

Dikutip dari Healthline, olahraga yang aman dan sehat dapat membantu memperkuat otot dan tulang anak, mencegah penambahan berat badan yang berlebihan, dan mengurangi risiko penyakit ringan dan berat.

Kebiasaan baik ini akan membantu Si Kecil tidak mudah sakit dan kondisi tubuhnya tetap terjaga di tengah kondisi pandemi yang sedang melanda.

Tak hanya itu, olahraga yang aman dan sehat dengan bermanfaat bagi kesehatan mental anak, seperti membangun percaya diri, mengelola rasa cemas dan depresi, serta meningkatkan harga diri, dan keterampilan kognitif.

"Olahraga juga melepaskan endorfin, yang membentuk anak yang bahagia," kata Len Saunders, pendidik kesehatan fisik, dan penulis buku Keeping Kids Fit dan Buddy and Bea.

Baca Juga: Bedak Bayi yang Tepat Bisa Membantu Tingkatkan Bonding dan Stimulasi Otak Si Kecil

Jenis Olahraga yang Aman dan Sehat untuk Anak

Moms bisa mengajak Si Kecil melakukan olahraga yang aman dan sehat di dalam atau di sekitar rumah. Apalagi di tengah masa pandemi yang membuat sulit membuat Si Kecil melakukan jenis olahraga seperti biasa.

Hal serupa disampaikan oleh Jacquelyn Oldham, Direktur Kurikulum dan Pengembangan untuk The Little Gym. Dia merekomendasikan olahraga yang aman dan sehat untuk anak-anak untuk dilakukan di rumah dengan cara yang menyenangkan.

Kalau Moms masih bingung apa saja kegiatan olahraga yang aman dan sehat untuk Si Kecil, berikut beberapa jenis pilihannya yang bisa dicoba.

1. Jalan Kaki

olahraga anak jalan kaki

Foto: Orami Stock Photo

Olahraga yang aman dan sehat pertama yang mudah dicoba adalah jalan kaki.

Ajak Si Kecil jalan kaki mengelilingi area rumah, termasuk halaman.

Moms bisa menemaninya sambil berbincang supaya menjadikan kegiatan tersebut lebih menyenangkan.

Selain memperkuat otot dan tulangnya, jalan kaki juga membantu anak jadi lebih tenang dan belajar lebih fokus.

2. Lari-lari Kecil

olahraga untuk anak

Foto: childrens.com

Manfaatkan area rumah atau halaman untuk mengajar Si Kecil lari-lari kecil.

Agar terlihat lebih menyenangkan, kemas olahraga yang aman dan sehat ini dengan permainan, misalnya kejar-kejaran dengan Moms.

Menurut National SAFE KIDS Campaign dari American Medical Association, Moms cukup lengkapi anak dengan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk olahraga, mengenakan alat bantu, dan selalu melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum dan sesudah olahraga.

3. Menari dengan Musik

5 olahraga ringan untuk stimulasi otak anak 1

Foto: Orami Stock Photo

Pasang lagu anak yang menyenangkan atau kesukaan Si Kecil, lalu ajak dia bergerak mengikuti irama lagu. Moms juga perlu menari bersamanya supaya anak bisa meniru gerakannya.

Di YouTube juga sudah banyak gerakan menari untuk anak-anak. Tinggal nyalakan dan menarilah bersama Si Kecil. Olahraga yang aman dan sehat ini bisa membantu mood anak jadi lebih ceria.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Perkembangan Balita

4. Melompat

5 olahraga ringan untuk stimulasi otak anak 4

Foto: Orami Stock Photo

Olahraga yang aman dan sehat ini sangat cocok untuk Si Kecil yang malas atau tidak suka olahraga. Mengajak anak melompat-lompat di rumah sama dengan membuatnya berolahraga tanpa sadar.

Cara mengajak anak melompat juga sangat mudah. Cukup gantungkan sebuah mainan di tempat yang agak tinggi, tetapi masih bisa dijangkau anak, dan minta dia melompat untuk mendapatkannya. Bisa juga sambil main engklek atau lompat tali.

Dikutip dari Fitness Kid, melompat aman dilakukan oleh anak usia 2-8 tahun dan memiliki segudang manfaat. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan otot inti tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta melatih fleksibilitasnya.

5. Main Bola

ajak anak main bola

Foto: Orami Stock Photo

Main bola di dalam atau di halaman rumah bisa jadi pilihan olahraga yang aman dan sehat untuk Si Kecil. Selain bangun daya tahan tubuh, olahraga ini juga melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Beberapa contoh permainan bola dalam ruangan yang tidak membutuhkan banyak ruang antara lain adalah melempar bola ke dalam keranjang cucian, menangkap bola dengan tangan atau mangkuk plastik, menggiring bola, mengoper, dan menggulirkan bola bolak-balik di antara dua tempat.

Moms cukup pastikan area rumah yang dipakai bermain bola aman dan jauh dari barang pecah belah. Dikutip dari Very Well Family, pilihlah bola yang lembut untuk menghindari anak dari cedera.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Bola Untuk Membantu Perkembangan Bayi

Nutrisi Pelengkap agar Tubuh Anak Sehat

Olahraga yang aman dan sehat adalah bantuan dari luar yang Moms berikan untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Selain itu, Moms juga perlu mengoptimalkannya dari dalam.

Salah satu bantuan dari dalam yang bisa Moms berikan adalah lewat asupan nutrisi pelengkap yang tepat, seperti susu Nutrilon Royal Acti Duobio+.

Nutrilon Royal Acti Duobio+ sudah teruji klini dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Semua itu berkat kandungan FOS:GOS 1:9 yang lebih tinggi dan sudah dipatenkan di dalamnya.

Daya tahan tubuh anak juga akan semakin maksimal berkat Vitamin C dan E yang terkandung di dalam Nutrilon Royal Acti Duobio+. Tubuhnya bisa jadi makin sehat dan tidak akan mudah sakit di tengah masa pandemi ini.

Selain itu, Nutrilon Royal Acti Duobio+ juga dilengkapi dengan Omega 3 dan 6 serta zat besi yang mengoptimalkan kemampuan berpikir si Kecil, sehingga kesehatannya selalu terjaga.

sumber omega 3

Nutrilon Royal Acti Duobio+ hadir untuk pilihan usia 1-3 tahun dan 3-6 tahun. Susu pelengkap ini juga tersedia dalam dua varian rasa, yaitu vanilla dan madu, yang bisa dipilih sesuai selera Si Kecil.

Dengan rutin melakukan olahraga yang aman dan sehat serta diimbangi nutrisi pelengkap, daya tahan tubuh Si Kecil di masa pandemi ini akan sangat optimal.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait