Rupa-rupa

1 April 2020

5 Pandemi yang Pernah Terjadi di Dunia, Moms Perlu Tahu

Tidak hanya virus corona yang menginfeksi dalam skala dunia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Infeksi virus COVID-19 kini telah menjadi kasus pandemi global. Virus yang berasal dari Wuhan, China pada tahun 2019 kini telah menginfeksi 750.890 orang, dengan kasus meninggal dunia sebanyak 36.405 jiwa.

Nyatanya, sebelum ramai virus corona, ada juga ragam pandemi di dunia lain yang lebih menyeramkan dan telah terjadi beraba-abad lalu lamanya.

Virus corona bukan kasus awal dari sejarah pandemi yang pernah terjadi mendunia. Sudah ada wabah penyakit lain yang terjadi beberapa dekade sebelumnya.

Baca Juga: Dua Warganet Bagikan Kisah Orang Terdekatnya yang Menjadi Pasien COVID-19 di Indonesia

Pandemi di Dunia yang Pernah Terjadi

Mengutip Live Science, berikut ini lima daftar pandemi terkini yang terjadi di dunia. Beberapa dari wabah ini masih terjadi hingga sekarang.

1. Flu Asia (H2N2): 1957-1958

pandemi di dunia-flu asia.jpg

Foto: history.com

Flu Asia disebabkan oleh virus influenza A (H2N2). Flu ini awalnya muncul di Asia Timur, dan telah merenggut lebih dari 1 juta jiwa. Virus H2N2 ini merupakan campuran dari virus flu burung.

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit ini menyebar dengan cepat dan dilaporkan terjadi di Singapura pada Februari 1957, Hong Kong bulan April 1957, dan kota-kota pesisir Amerika Serikat pada musim panas 1957.

Di seluruh dunia, Flu Asia telah memakan korban jiwa lebih dari 1,1 juta, dengan 116.000 kematian terjadi di Amerika Serikat.

2. AIDS: 1981-Sekarang

pandemi di dunia-AIDS.jpg

Foto: everydayhealth.com

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan pandemi di dunia yang masih berlangsung hingga sekarang. Penyakit ini telah merenggut sekitar 35 juta jiwa sejak pertama kali diidentifikasi.

HIV, yang merupakan virus penyebab AIDS, kemungkinan berkembang dari virus simpanse yang ditransfer ke manusia di Afrika Barat pada 1920-an.

Mengutip jurnal Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine, AIDS pertama kali diakui sebagai penyakit baru pada tahun 1981 ketika semakin banyak pria homoseksual muda meninggal karena infeksi yang tidak biasa dan keganasan langka.

Virus ini menyebar ke seluruh dunia, dan AIDS adalah pandemi pada akhir abad ke-20. Sekarang, sekitar 64% dari 40 juta yang diperkirakan hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV) hidup di Afrika sub-Sahara.

Selama beberapa dekade, penyakit ini tidak memiliki obat, tetapi pengobatan yang dikembangkan pada 1990-an sekarang memungkinkan orang dengan AIDS bisa memiliki rentang hidup normal dengan perawatan teratur.

Baca Juga: 5 Fakta Kesehatan Seputar Kehamilan dengan HIV/AIDS

3. Flu Babi (H1N1): 2009-2010

pandemi di dunia-flu babi.jpg

Foto: diabetes.co.uk

Pandemi flu babi di tahun 2009 disebabkan oleh strain baru H1N1 yang berasal dari Meksiko pada musim semi 2009, sebelum menyebar dan menyebabkan pandemi di seluruh dunia.

Dalam satu tahun, virus H1N1 telah menginfeksi sebanyak 1,4 miliar orang di seluruh dunia dan menewaskan 151.700-575.400 orang. Mengutip CDC, secara global, 80% kematian terkait virus H1N1 diperkirakan terjadi pada orang dengan usia kurang dari 65 tahun.

Kondisi ini sangat berbeda dari epidemi influenza musiman lain, di mana sekitar 70-90% kematian diperkirakan terjadi pada orang yang berusia 65 tahun ke atas.

4. Ebola: 2014-2016

pandemi di dunia-ebola.jpg

Foto: lifegate.com

Penyakit virus Ebola (EVD), yang sebelumnya dikenal sebagai demam berdarah Ebola, adalah penyakit parah yang seringkali berakibat fatal pada manusia dan primata lainnya.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Ebola ditularkan dari hewan liar (kelelawar buah, landak, dan primata non-manusia) ke manusia.

Lalu, menyebar dengan transmisi antar manusia melalui kontak langsung dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi, dan pada permukaan dan bahan-bahan (misalnya tempat tidur, pakaian) yang terkontaminasi dengan cairan terinfeksi ini.

Tingkat kematian rata-rata Ebola sebagai kasus pandemi di dunia adalah sekitar 50% dengan angka fatalitas kasus bervariasi dari 25-90%.

Wabah virus Ebola yang pertama terjadi di desa-desa terpencil di Afrika Tengah, dekat hutan hujan tropis. Wabah 2014-2016 di Afrika Barat adalah wabah Ebola terbesar dan paling kompleks sejak virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976.

Baca Juga: Kontroversi Kalung Virus Shut Out Anti Corona

5. Virus Zika: 2015-Sekarang

pandemi di dunia-virus zika.jpg

Foto: fortune.com

Menurut National Health Service, penyakit virus Zika terutama ditularkan oleh nyamuk genus Aedes. Bagi kebanyakan orang, ini adalah infeksi yang sangat ringan dan tidak berbahaya.

Tapi, mungkin bisa menjadi kondisi yang lebih serius bagi wanita hamil, karena ada bukti dapat menyebabkan cacat lahir, khususnya, kepala kecil yang tidak normal (mikrosefali).

Jenis nyamuk yang membawa virus Zika tumbuh subur di iklim yang hangat dan lembap. Wabah Zika telah dilaporkan di wilayah Pasifik, Amerika Selatan dan Tengah, Karibia, Afrika, dan sebagian Asia Selatan dan Tenggara.

Itu dia Moms, 5 pandemi penyakit yang terjadi di seluruh dunia dalam skala besar.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait