Pasca Melahirkan

26 Juni 2021

Wajib Tahu! Ini Pentingnya Pembalut Bersalin Lengkap dengan Rekomendasinya

Pembalut bersalin akan membantu Moms mengatasi pendarahan setelah kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Setelah melahirkan atau keguguran, perempuan biasanya mengalami pendarahan. Kondisi ini pun membuat Moms harus menyediakan pembalut bersalin.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi untuk mengembalikan kondisi tubuh, menggunakan pembalut bersalin juga akan membantu mengelola perdarahan.

Selain itu, pembalut bersalin juga bermanfaat karena dokter biasanya menganjurkan agar tidak memasukkan apa pun seperti menstrual cup atau tampon ke dalam vagina setelah melahirkan karena peningkatan risiko infeksi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Pendarahan Setelah Melahirkan

Profesional medis menggunakan istilah lokia untuk menggambarkan cairan yang dihasilkan tubuh setelah lahir, dikutip National Childbirth Trust. Lochia merupakan campuran lendir, darah, dan jaringan yang keluar dari rahim saat kembali ke ukuran normalnya dan mulai sembuh.

Kebanyakan perempuan mengalami pendarahan selama beberapa minggu setelah lahir, meskipun perdarahan terberat biasanya berhenti dalam 1-2 minggu. Saat pendarahan melambat, darah mungkin berubah menjadi darah coklat atau cairan kekuningan.

Flek atau bercak yang terkadang bergantian dengan pendarahan juga teramsuk normal.

Apa yang tidak normal adalah mengalami pendarahan hebat sehingga membasahi banyak pembalut dalam satu jam atau berhenti mengeluarkan darah selama beberapa hari dan kemudian mulai berdarah lagi.

Lochia akan berwarna merah tua, dengan beberapa gumpalan darah kecil biasanya sekitar 3-4 hari; kemudian akan lebih berwarna merah muda dengan aliran yang lebih ringan yang berlangsung sekitar 10 hari; kemudian lebih kekuningan sebelum berubah menjadi jernih sekitar empat minggu pascapartum.

Siklus lochia sama, tetapi durasi setiap tahap dapat berbeda-beda.

Penelitian University of Michigan menyarankan untuk pasien yang menjalani persalinan pervaginam dan menjalani episiotomi untuk mengganti pembalut setidaknya setiap empat jam untuk mencegah iritasi dan infeksi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Susu Pembersih yang Ampuh Angkat Kotoran di Wajah

Rekomendasi Pembalut Bersalin

Setelah mengetahui tentang lokia, ada baiknya Moms mulai memilih pembalut bersalin yang akan digunakan. Sebab, ada banyak merk di pasaran yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk memudahkan, ada bebereapa rekomendasi pembalut bersalin yang bisa dipilih.

1. Unicarm Charm Safe Night Gathers 42 cm

Pembalut Bersalin -1.png

Merk pembalut bersalin ini mengklaim Moms akan bebas bergerak karena memiliki bentuk yang super panjang dan permukaan yang lembut agar kulit tidak iritasi.

Biasanya, pembalut bersalin akan terasa bulky. Meski bukan pembalut bersalin khusus, merk ini tetap bisa digunakan setelah masa persalinan.

Memiliki panjang 42 cm, pembalut ini tidak mengganjal saat digunakan bergerak. Moms juga tidak perlu khawatir darah nifas akan merembes. Pembalut ini dilengkapi dinding pelindung samping serta zona tripel proteksi yang menjadikan cairan tidak merembes ke mana-mana.

2. Avail Feminine Comfort Sanitary Pad

Pembalut Bersalin -2.jpeg

Walau bukan pembalut bersalin khusus, Avail FC Sanitary Pad ini bisa digunakan pada masa nifas. Ukurannya juga cukup panjang, sehingga mampu mencegah kebocoran.

Pembalut ini bebas klorin dan terbuat dari kapas asli yang menjadikannya aman dipakai setiap hari.

Keunggulan dari pembalut ini adalah kandungan zat aktif yang berasal dari tanaman herbal. Kandungan ini akan bermanfaat sebagai pelindung organ intim sekaligus antibakteri. Produk ini bahkan dipercaya bisa mengurangi nyeri. Bagi Moms penyuka produk herbal, pembalut ini bisa menjadi pilihan.

3. Sofie Maternity

Pembalut Bersalin -3.jpeg

Biasanya, salah satu syarat kenyamanan pembalut bersalin adalah tidak cepat bocor namun dapat menampung darah lebih banyak. Merk ini dilengkapi dengan lapisan pulp yang lebih tebal, sehingga cairan diserap dengan cepat dan lebih nyaman.

Meski volume darah yang keluar banyak, Moms akan tetap merasa nyaman dan bebas bergerak. Bagi Moms yang membutuhkan pembalut dengan kemampuan meresap maksimal supaya tidak sering gonta-ganti bisa mencoba pembalut ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lips Scrub Terbaik untuk Bibir Halus dan Cerah

4. Mother K Miracle Maternity Pad

Pembalut Bersalin -4.jpeg

Bagi Moms yang mendapatkan luka jahitan di perineum, hal yang diperhatikan adalah perawatannya. Merk ini memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga diklaim ini mampu melindungi luka perineum yang terbuka dengan baik.

Menggunakan bahan yang lembut, bekas jahitan juga tak akan menjadi iritasi sehingga prose pemulihannya berlangsung lebih cepat. Merk ini memiliki ukuran yang sangat lebar, sehingga Moms bisa tidur bahkan hingga berguling-guling di malam hari tanpa takut bocor.

5. Natracare Maternity Pads

Pembalut Bersalin -5.jpeg

Bagi Moms yang mengutamakan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, pembalut bersalin ini bisa menjadi pilihan. Natracare terbuat dari kapas oraganik yang lembut serta bahan alami yang baik untuk kulit sensitif sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Karena dibuat dari bahan organik, pembalut ini dibuat tanpa memakai bahan kimia, tidak mengandung klorin, serta bebas plastik rayon sehingga bisa terurai dengan baik. Selain baik bagi Moms, merk ini juga diklaim baik untuk alam.

6. Osaki Dacco Mama Pembalut Bersalin

Pembalut Bersalin -6.jpeg

Jika Moms memilih pembalut bersalin yang terasa kering, merk ini bisa menjadi pilihan yang baik. Sebab, merk ini mengusung teknologi teknologi Jepang super absorbent polymer (SAP) yang berdaya serap tinggi. Menggunakan bahan polimer, pembalut ini mampu menyerap cairan secara cepat agar permukaan tetap nyaman.

Merk ini juga terbuat dari 100% lapisan pure cotton membuatnya terasa fresh di kulit. Tersedia dala banyak ukuran mulai dari S, M, L, dan slim L, Moms bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kondisi tubuh.

7. Mothercare Maternity Towel

Pembalut Bersalin -7.jpeg

Bagi Moms pecinta produk premium Mothercare, tersedia produk Maternity Towel sebagai permbalut bersalin di masa nifas.

Terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang mengutamakan kenyamanan pemakainya, merk ini tersedia dalam 2 jenis, yakni pembalut biasa serta pembalut yang memakai wings.

Selain pembalut dengan ketebalan standar, Maternity Towel juga diproduksi dalam ukuran ultra slim yang bisa dipakai di akhir masa nifas. Bagi Moms yang berkulit sensitif, bisa mencoba Maternity Towel yang dilengkapi dengan Aloe vera yang menjadi keunggulan lainnya.

8. Softex Maternity Pads

Pembalut Bersalin -8.jpeg

Kenyamanan ekstra dari bentuknya yang mengikuti lekuk tubuh menjadi keunggulan dari merk pembalut bersalin ini. Dengan panjang 45 cm, Softex Maternity akan membantu menjalani masa nifas dengan baik dan tanpa khawatir.

Pembalut ini tidak bulky karena mengikuti kontur tubuh dan bisa kembali ke bentuk semula yang akan membuat Moms nyaman saat memakainya. Produk ini juga memiliki harga yang ekonomis dan mudah ditemukan, sehingga Moms tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Inilah keunggulan dan beberapa rekomendasi pembalut bersalin yang bisa dipilih setelah melahirkan.

Sumber:

  • https://www.nct.org.uk/life-parent/your-body-after-birth/bleeding-after-birth-10-things-you-need-know
  • https://www.uofmhealth.org/health-library/tn9119
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/maternity-pads
  • https://www.verywellfamily.com/postpartum-bleeding-products-2759453
  • https://my-best.id/136196
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait