Resep

3 September 2021

11 Pengganti Baking Powder untuk Memasak, Sudah Tahu Moms?

Banyak bahan pengganti baking powder yang bisa Moms gunakan karena lebih mudah ditemui
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms yang hobi memasak pasti sudah tidak asing dengan baking powder. Bubuk berwarna putih ini kerap dijadikan bahan pengembang untuk membuat kue. Namun mungkin yang membuat Moms bertanya adalah, adakah bahan lain yang bisa jadi pengganti baking powder?

Baking powder terbuat dari alkali, soda bikarbonat, dan asam, krim tartar, ditambah pengisi seperti tepung jagung atau tepung beras yang menyerap kelembaban. Baking powder akan akitf ketika menambahkan cairan, hingga menghasilkan karbon dioksida dan membentuk gelembung yang menyebabkan campuran mengembang.

Saat bahan 'basah' ditambahkan ke bahan 'kering', penting untuk segera memasukkan adonan kue ke dalam oven. Meski begitu, kadang baking powder tidak selalu tersedia di toko bahan kue sehingga Moms harus memikirkan solusi dari pengganti baking powder.

Namun, Moms tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti baking powder yang telah berhasil dirangkum oleh Orami.

Baca Juga: Sering Tertukar, Ini Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder

Pengganti Baking Powder

Jika Moms benar-benar tidak memiliki baking powder di rumah, maka jangan risau karena berikut ini adalah beberapa bahan pengganti baking powder yang bisa Moms gunakan sebagai solusi, seperti dilansir dari Healthline.

1. Buttermilk

cara mengusir lipan

Foto: mashed.com

Bahan pengganti baking powder yang bisa Moms gunakan adalah buttermilk. Produk dari susu fermentasi dengan rasa asam yang sedikit lebih tajam dibandingkan yoghurt.

Karena keasamannya, menggabungkan buttermilk dengan baking soda dapat menghasilkan efek ragi yang sama seperti baking powder. Tambahkan 1/2 cangkir (122 gram) buttermilk dan 1/4 sendok teh (1 gram) soda kue ke dalam bahan lainnya untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder dengan mudah.

Untuk mempertahankan tekstur dan konsistensi yang diinginkan dari produk panggang akhir, pastikan Moms mengurangi jumlah cairan lain yang dalam resep untuk mengimbangi jumlah buttermilk yang digunakan. Jika menambahkan 1/2 cangkir (122 gram) buttermilk, misalnya, Moms harus mengurangi jumlah cairan lain yang ditambahkan ke resep Moms dengan jumlah yang sama.

2. Yoghurt Plain

Selain buttermilk, yoghurt plain juga merupakan prodak susu fermentasi yang bisa digunakan sebagai pengganti baking powder. Yoghurt plain memiliki pH asam, yang menjadikannya pengganti yang sempurna untuk baking powder ketika dicampur dengan baking soda.

Jika dibandingkan dengan yang lain, yoghurt plain merupakan pengganti baking powder terbaik karena memberikan keasaman yang dibutuhkan untuk ragi tanpa menambahkan rasa. Moms bisa mengganti 1 sendok teh (5 gram) baking powder dalam resep dengan 1/4 sendok teh (1 gram) soda kue dan 1/2 cangkir (122 gram) yogurt tawar. Sama seperti buttermilk, jumlah cairan dalam resep harus dikurangi berdasarkan berapa banyak yogurt tawar yang ditambahkan.

Baca Juga: 8 Kegunaan Baking Powder yang Belum Mama Ketahui

3. Molase atau Tetes Tebu

cara mengusir lipan

Foto: medicalnewstoday.com

Molase atau tetes tebu merupakan produk sampingan dari produksi gula dan sering digunakan sebagai pengganti gula rafinasi, namun bisa juga digunakan sebagai pengganti baking powder. Ini karena molase cukup asam untuk menyebabkan reaksi asam-basa bila digabungkan dengan soda kue.

Gunakan 1/4 cangkir (84 gram) molase ditambah 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder. Sama seperti sebelumnya, menggunakan pengganti baking powder yang satu ini juga perlu mengurangi jumlah cairan untuk adonan. Selain itu, Moms juga perlu mengurangi jumlah pemanis pada resep, karena molase mengandung gula tinggi.

4. Susu Asam

Jangan buang susu yang sudah asam, karena bahan ini bisa digunakan sebagai pengganti baking powder. Terutama ketika Moms mendadak kehabisan baking powder.

Susu yang sudah asam bisa digunakan untuk menggantikan baking powder. Susu asam telah mengalami proses yang dikenal sebagai pengasaman, yang menyebabkan penurunan kadar pH. Keasaman susu asam bereaksi dengan baking soda untuk menghasilkan efek ragi yang sama seperti baking powder.

Gunakan 1/2 cangkir (122 gram) susu asam dan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda untuk menggantikan 1 sendok teh (5 gram) baking powder. Yang perlu diingat, Moms harus mengurangi jumlah cairan dalam resep dengan jumlah yang sama yang ditambahkan untuk memperhitungkan cairan ekstra dari susu asam.

Baca Juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Peralatan Rumah

5. Cuka

cara mengusir lipan

Foto: parenting.firstcry.com

Meskipun rasanya kuat dan khas, cuka adalah bahan umum yang dapat digunakan sebagai pengganti baking powder, karena pH asam cuka sangat cocok digunakan sebagai pengganti baking powder. Cuka memiliki efek ragi ketika dipasangkan dengan baking soda dalam kue.

Meskipun semua jenis cuka dapat digunakan, cuka putih memiliki rasa yang paling netral dan tidak akan mengubah warna produk akhir kue. Ganti setiap sendok teh (5 gram) baking powder dalam resep dengan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda dan 1/2 sendok teh (2,5 gram) cuka.

6. Jus Lemon

Kandungan asam sitrat pada jus lemon membuat lemon dapat digunakan sebagai pengganti baking powder. Kandungan tersebut dapat membantu menyediakan asam yang dibutuhkan untuk memicu reaksi asam-basa ketika dipasangkan dengan baking soda dalam makanan yang dipanggang.

Namun, karena memiliki rasa yang kuat, sebaiknya Moms menggunakannya dalam resep yang membutuhkan baking powder dalam jumlah yang sedikit. Dengan cara ini Moms dapat menghindari perubahan rasa dari produk akhir.

Untuk mengganti 1 sendok teh (5 gram) baking powder, gunakan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda dan 1/2 sendok teh (2,5 gram) jus lemon.

Baca Juga: 8 Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

7. Soda

cara mengusir lipan

Foto: healthline.com

Soda adalah minuman berkarbonasi yang mengandung natrium bikarbonat, atau soda kue.

Untuk alasan ini, soda klub sering digunakan dalam resep untuk bertindak sebagai pengganti baking powder, yang dapat memberikan volume pada makanan yang dipanggang.

Soda paling baik digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit volume tambahan, misalnya panecake untuk membuat teksturnya menjadi lembut dan lembap. Untuk hasil terbaik, gunakan soda klub untuk mengganti cairan apa pun dalam resep. Ini bekerja sangat baik saat mengganti susu atau air, dan dapat menambah ringan dan volume ekstra.

8. Putih Telur Kocok

Putih telur kocok menjadi bahan pengganti baking powder terbaik untuk souffle, panekuk, meringue, dan jenis kue tertentu. Jumlah yang harus Moms gunakan bervariasi, tergantung resep. Kue makanan malaikat, misalnya, mungkin membutuhkan hingga 12 putih telur, sedangkan setumpuk panekuk mungkin hanya membutuhkan dua atau tiga.

Untuk membuat putih telur benar-benar ringan dan mengembang, kocok dengan kecepatan rendah hingga berbusa, lalu tingkatkan kecepatan hingga telur yang dikocok membentuk puncak yang lembut. Kemudian masukkan perlahan-lahan bahan kering ke dalam kocokan putih telur.

Baca Juga:4 Bahan Alternatif Pengganti MSG, Tetap Enak dan Gurih!

Bahan Pengganti Baking Powder untuk Membuat Bakso

Salah satu makanan yang kerap menggunakan baking powder sebagai bahannya adalah bakso. Namun, Moms tetap bisa membuat bakso dengan menggunakan beberapa bahan pengganti baking powder, jika tidak memilikinya di rumah.

Berikut adalah bahan-bahan pengganti baking powder untuk membuat bakso yang bisa Moms gunakan di rumah.

9. Tepung Self-Rising

cara mengusir lipan

Foto: delish.com

Moms bisa menggunakan tepung yang dapat mengembang sendiri atau tepung self-rising sebagai pengganti baking powder untuk membuat bakso. Tepung ini terbuat dari kombinasi tepung serbaguna, baking powder, dan garam, sehingga mengandung semua yang Moms butuhkan untuk membantu membuat kue mengembang.

Cukup ganti tepung biasa dengan tepung yang mengembang sendiri dalam resep, kemudian ikuti resep lainnya sesuai petunjuk, tanpa baking powder dan soda kue.

10. Krim Tartar

Bahan lain yang bisa Moms gunakan sebagai pengganti baking powder untuk membuat bakso adalah krim tartar. Krim tartar adalah bubuk putih asam yang dibentuk sebagai produk sampingan dari pembuatan anggur, dan bisa digunakan untuk pengganti baking powder yang mudah dan nyaman. 

Selain itu, krim tartar juga dapat ditemukan di lorong bumbu di toko kelontong. Gunakan perbandingan 2:1 antara krim tartar dan soda kue untuk hasil terbaik. Ganti 1 sendok teh (5 gram) baking powder dengan 1/4 sendok teh (1 gram) baking soda ditambah 1/2 sendok teh (2 gram) cream of tartar.

11. Baking Powder Buatan Sendiri

baking powder

Foto: thespruceeats.com

Moms juga bisa membuat baking powder sendiri dalam jumlah banyak, sebagai pengganti baking powder untuk membuat bakso atau makanan lainnya. Melansir Country Living, cara membuat pengganti baking powder ini cukup mudah untuk dilakukan.

Moms tinggal mencampurkan dua bagian krim tartar dengan satu bagian soda kue dan satu bagian tepung maizena. Campur jadi satu dan tutup dalam toples kedap udara.

Tepung jagung tidak mutlak diperlukan, tetapi akan membantu campuran tetap terjaga, dan mencegah penggumpalan. Dengan begitu Moms tetap bisa memiliki cadangan baking powder sekaligus menghemat pengeluaran setiap bulan.

Baca Juga: 10 Bahan Pengganti Heavy Cream, Boleh Gunakan Susu dan Mentega Saja!

Itulah beberapa bahan pengganti baking powder yang bisa Moms temui dengan mudah. Tentunya, bahan-bahan pengganti baking powder ini selalu tersedia di dapur Moms kan? 

  • https://www.healthline.com/nutrition/10-baking-powder-substitutes#TOC_TITLE_HDR_12
  • https://www.countryliving.com/food-drinks/g27394404/baking-powder-substitutes/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait