Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
18 Februari 2019

Pentingnya Support System Bagi Ibu yang Baru Memiliki Bayi

Peran support system bagi Ibu baru sangatlah penting. Seorang Ibu yang baru memiliki bayi sangat membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu


Kondisi psikologis Moms yang baru memiliki bayi dapat dipengaruhi oleh hormon di dalam tubuh yang berubah dari masa kehamilan ke masa pasca melahirkan. Perubahan hormon pada masa ini dapat mengakibatkan rasa cemas, khawatir, dan stres atau lebih sering disebut dengan baby blues. Baby blues merupakan kondisi gangguan dari mood Moms setelah melahirkan bayi.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati yang ditemui pada acara Mothercare di Jakarta, Selasa (12/2/2019), mengatakan kalau stres tidak diatasi dengan baik maka dapat berubah menjadi baby blues. Studi juga pernah mengatakan, jika baby blues ini tidak ditangani setelah dua minggu, maka dapat membahayakan anak, dirinya sendiri, dan bahkan bisa mengancam kondisi rumah tangga. 

Di sinilah peran support system bagi Moms sangatlah penting. Seorang Ibu yang baru pertama kali bayi sangat membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya. Walaupun terkadang tidak memberikan solusi, tetapi dapat menjadi sosok pendengar yang baik.

Baca Juga: Stres Pasca Melahirkan, Tanda Mama Menderita Baby Blues Syndrome

Peran Support System

shutterstock 614707322

Peran support system bagi Moms yang masih baru adalah untuk memberikan dukungan supaya terhindar dari baby blues. Gejala baby blues dapat timbul pada minggu pertama setelah melahirkan. Biasanya ditandai dengan adanya rasa cemas berlebihan tetapi tidak beralasan, konsentrasi yang terganggu, sedih, lelah, gelisah, sulit untuk tidur, perasaan menjadi lebih sensitif, tidak sabar, dan merasa kesepian.

Support system bisa didapat dari banyak sumber. Yang terdekat pastinya suami, kemudian sahabat, bisa juga mendapatkannya dari forum online, keluarga, orangtua, sampai komunitas Ibu dan bayi. Mereka semua adalah media untuk Moms sebagai tempat bercerita tentang masalah apapun yang dirasakan pasca melahirkan.

Kecemasan setelah melahirkan itu wajar terjadi karena memerlukan banyak penyesuaian. Dengan Moms bercerita dengan mereka, diharapkan dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan tersebut.

Baca Juga: Siapkan 4 Hal Ini Agar Ayah Tak Mengalami Baby Blues

Manfaat Lain Support System

mother baby bonding thumb

Selain itu, manfaat lain dari support system bagi Ibu baru adalah Moms akan memiliki pertemanan, baik yang sudah ada maupun yang baru.

Lanjut dari penuturan Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati, yang mengatakan bahwa dengan kita keluar dari lingkup mama, anak, mama, anak, itu akan memberikan rasa happy, bersemangat lagi, re-charging lagi, kita menjadi lebih waras, dari yang tadinya pusing mengasuh anak.

Nah Moms, sudah tahu kan pentingnya support system bagi Ibu baru? Jangan sungkan untuk selalu menceritakan masalah Moms apapun itu kepada mereka ya.

(IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait