Kesehatan

10 Juli 2020

Ini 5 Penyebab Bibir Hitam, Yuk Rawat Bibir Tetap Sehat!

Berikut ini beberapa penyebab umumnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi wanita, penting sekali untuk memerhatikan kesehatan kulit terutama wajah. Hal ini juga termasuk bagaimana Moms dapat menjaga kesehatan bibir dengan baik.

Bibir yang sehat tentunya yang lembap dan banyak wanita menginginkan warna bibir merona alami. Tetapi, ada beberapa hal yang menjadi penyebab bibir hitam.

Menurut jurnal StatPearls Publishing, bibir memiliki lapisan yang lebih tipis dan halus dibandingkan bagian kulit lainnya. Warna kulit Moms ternyata juga berperan dalam warna bibir.

Semakin terang warna kulit, maka akan semakin terang warna bibir Moms dan pembuluh darah dapat menonjol. Karena itu, sebagian wanita mungkin saja sudah memiliki warna bibir yang gelap dari sananya. Namun, ada beberapa faktor lainnya yang bisa sebabkan warna bibir menghitam.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

Faktor Penyebab Bibir yang Hitam

Ada banyak faktor penyebab warna bibir hitam. Setiap wanita juga mungkin memiliki faktor yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa faktor penyebab warna bibir menghitam:

1. Sering Menjilat Bibir

Ini Penyebab Bibir yang Menghitam-1.jpg

Foto: freepik.com

Moms, seberapa sering menjilat bibir? Alih-alih ingin membuat bibir terlihat lebih lembap, nyatanya kebiasaan ini justru dapat mengakibatkan bibir menggelap.

Mengapa demikian? Kebiasaan menjilat bibir akan membuat bibir tambah kering, yang akhirnya membuat Moms ingin terus menjilatnya.

Hal ini membuat semakin banyak air menguap di bibir yang akhirnya membuatnya semakin kering. Lama-kelamaan, warna bibir pun bisa menggelap dan kebiasaan ini menjadi penyebab bibir yang hitam.

Mengutip University of Arkansas for Medical Sciences, cara untuk mengatasi kebiasaan menjilat bibir adalah memakai lip balm. Gunakan lip balm setiap hari, serta aplikasikan kembali setelah Moms makan atau minum.

2. Kebiasaan Merokok

Ini Penyebab Bibir yang Menghitam-2.jpg

Foto: whattoexpect.com

Hal ini sepertinya sudah sering Moms dengar, ya, bahwa kebiasaan merokok menjadi penyebab bibir menjadi hitam. Mengutip The Health Site, bibir menggelap bisa disebabkan karena berkurangnya aliran darah pada area bibir.

"Kandungan yang terdapat pada rokok seperti tembakau dan nikotin dapat menggelapkan bibir dan lapisan dalam mulut yang akhirnya membuat warna bibir berubah," ungkap Dr. Apratim Goel, dokter kulit dan direktur bedah laser dari Mumbai.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

3. Paparan Sinar Matahari

Ini Penyebab Bibir yang Menghitam-3.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms sering beraktivitas di luar ruangan dan tidak menjaga kesehatan bibir dengan baik, hati-hati hal ini bisa menjadi penyebab bibir hitam. Selain wajah yang perlu dilindungi dengan sunscreen, begitu pula dengan area bibir.

Dilansir American Academy of Dermatology, gunakan lip balm yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi bibir dari sinar matahari. Saat berada di luar ruangan, sebaiknya Moms juga mengoleskan lip balm setiap 2 jam.

4. Tidak Pernah Eksfoliasi Bibir

Ini Penyebab Bibir yang Menghitam-4.jpg

Foto: freepik.com

Moms, pastinya sering mendengar konsep tentang eksfoliasi atau pengelupasan kulit? Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Nah, hal ini juga harus dilakukan untuk menjaga kesehatan bibir. Jika tidak, maka warna bibir dapat jadi hitam karena terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk.

Mengutip Times of India, Moms bisa menggosok bibir dengan lembut menggunakan sikat gigi setiap pagi, atau menggunakan produk lip scrub yang banyak dijual di pasaran.

Cara yang lebih mudah lagi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti gula, madu, dan minyak zaitun sebagai scrub bibir.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

5. Dehidrasi dan Kekurangan Vitamin

Ini Penyebab Bibir yang Menghitam-5.jpg

Foto: freepik.com

Dehidrasi dapat memiliki efek berbahaya untuk tubuh, termasuk kesehatan bibir seperti bibir jadi kering, mengelupas, dan menjadi penyebab bibir hitam. Nah, cara terbaik adalah minum air yang cukup dan konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

Kekurangan vitamin B-12 juga dapat berpengaruh membuat warna bibir menjadi menghitam. Pada kasus ini, sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapat rekomendasi multivitamin yang tepat.

Jadi, tidak bingung lagi untuk menentukan faktor penyebab bibir hitam, kan, Moms? Yuk, rawat bibir dengan baik.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait