Rupa-rupa

19 Mei 2020

Seorang Perawat Meninggal Saat Hamil Diduga COVID-19, Berikut Faktanya

Ucapan belasungkawa diberikan oleh Gubernur Jawa Timur
placeholder

Foto: instagram.com/dr.tirta, shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kisah memilukan terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Seorang perawat bernama Ari Puspitasari, yang bertugas di Rumah Sakit Royal Surabaya, meninggal dunia pada Senin (18/5/2020).

Ari meninggal dengan status sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19. Dirinya diketahui sedang hamil di usia 4 bulan. Video seorang rekannya yang menangisi Ari tersebut viral di media sosial.

Baca Juga: Wacana Pelonggaran PSBB, Bisa Jadi Perwujudan Herd Immunity yang Berisiko

Fakta Perawat Meninggal Saat Hamil Diduga COVID-19

Berikut ini beberapa fakta tentang kisah pilu Ari Puspitasari, perawat yang meninggal saat hamil diduga karena COVID-19.

1. Meninggal Saat Usia Kandungan 4 Bulan

perawat meninggal saat hamil-5

Foto: Orami Photo Stock

Sebelumnya, akun Twitter @yetwis mengunggah video pada Minggu (17/5), menunjukkan Ari yang terbaring di ranjang rumah sakit menggunakan respirator, didampingi oleh petugas medis yang memakai APD.

"Seorang perawat RS Royal Surabaya, positif Covid-19 dalam keadaan hamil 4 bulan, sudah menggunakan respirator," tulis keterangan video tersebut.

Lalu, keesokan harinya, akun Twitter yang sama mengunggah foto dan keterangan bahwa Ari Puspitasari telah meninggal dunia.

2. Dimakamkan oleh Pihak RSAL

perawat meninggal saat hamil-4

Foto: Orami Photo Stock

Juru bicara penanganan Covid-19 di RS Royal, dr. Dewa Nyoman Sutanaya mengatakan, nakes tersebut menghebuskan napas terakhirnya pada pukul 10.50 WIB di RSAL.

"Iya, dapat informasi meninggal sekitar pukul 10.50. Kita perwakilan RS Royal sudah ke RSAL. Dimakamkan oleh pihak RSAL karena protokolnya begitu, kita mendampingi saja melihat dari jauh," jelas dr. Dewa mengutip Surya.co.id.

Lebih lanjut, dr. Dewa menjelaskan bahwa sebelum meninggal, Ari dirawat di RS Royal selama 3 hari, lalu dipindahkan ke RSAL dengan menjalani perawatan intensif.

Baca Juga: Aktor Henky Solaiman Meninggal Dunia, Berikut Faktanya

3. Belum Diketahui Bila Meninggal Karena COVID-19

perawat meninggal saat hamil-3

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun menyandang status sebagai PDP, tetapi belum dipastikan apakah Ari meninggal karena infeksi dari COVID-19. Namun, ia memiliki gejala infeksi virus corona sehingga statusnya adalah PDP.

"Belum dipastikan apakah Ari mengidap COVID-19, karena hasil swab sampai hari ini belum keluar," terang dr. Dewa.

Melansir Warta Kota, Ari Puspitasari sudah bekerja selama lebih dari setahun sebagai perawat di RS Royal Surabaya. Ia bertugas di tempat layanan pasien biasa, bukan untuk pasien khusus COVID-19.

4. Ucapan Belasungkawa dari Gubernur Jawa Timur

perawat meninggal saat hamil-2

Foto: instagram.com/khofifah.ip

Video dari teman dekat yang menangisi kepergian Ari pun viral di media sosial, hingga mengundang ucapan belasungkawa dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Melalui akun Instagram-nya, @khofifah.ip, ia menulis ucapan belasungkawa atas kepergian perawat yang meninggal saat hamil dan diduga karena COVID-19 ini.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kembali pahlawan medis Jawa Timur berpulang. Atas nama pribadi dan Pemprov Jawa Timur, saya ucapkan dukacita mendalam dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas pengabdian dan pengorbanan almarhumah Ari Puspita Sari, S.Kep, Ns," tulis Khofifah.

Baca Juga: Skenario 'Hidup Normal' untuk Indonesia, dan Risikonya Bila Kebijakan PSBB Dilonggarkan

5. Meninggal Dunia Bersama Janin yang Dikandungnya

perawat meninggal saat hamil-1

Foto: instagram.com/dr.tirta

Tidak hanya dari Gubernur Jawa Timur, dr. Tirta juga mengucapkan ucapan belasungkawa atas kepergian Ari, perawat yang meninggal saat hamil diduga karena COVID-19.

Diketahui dari unggahannya, Ari meninggal bersama dengan janin yang sedang dikandungnya. Dokter Tirta juga menuliskan caption untuk mengenang kepergian Ari Puspitasari.

"Bendera setengah tiang

Kami siap berkorban demi negara

5 tahun lagi belum tentu akan ada yg ingat hari ini

Turut berduka, hormat setinggi2nya

Kami tidak pernah melawan, meski dibully, dibilang ini itu, dibilang ga ikhlas, sempet ditolak warga, dibilang berlebihan

Jika Indonesia selamat dari covid, ingatlah perjuangan kami

Jangan biarkan pengorbanan kolega kami sia2. Ingatlah kawan :)," tulisnya.

Itu dia Moms, beberapa fakta tentang Ari Puspitasari, perawat yang meninggal saat hamil diduga karena COVID-19.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait