Balita dan Anak

12 April 2020

Perawatan Tepat Dari Rumah untuk Anak Tifus

Tetap tenang dan berikan perawatan terbaik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, jangan kaget ketika Si Kecil didiagnosa oleh dokter menderita tifus. Penyakit yang satu ini memang bisa menyerang semua orang di segala usia, dari bayi hingga orang dewasa. Selain di rumah sakit, perawatan di rumah saat anak tifus juga bisa dilakukan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tri Wangrangsimakul, BSc (hons), MB, ChB, DTM & H, MRCP, FRCPath, seorang dokter peneliti dan kepala unit penelitian obat-obatan satelit tropis di Chiangrai, Thailand, anak-anak bahkan lebih mudah terserang penyakit ini dibanding orang dewasa.

"Anak-anak lebih kecil kemungkinannya memiliki kekebalan terhadap scrus tifus, yang disebabkan oleh bakteri Orientia tsutsugamushi dan menyebar melalui gigitan chiggers yang terinfeksi, dan anak-anak lebih mungkin mengembangkan yang penyakit parah dari itu," jelas dokter Tri, dikutip dari Healio.

Apa Gejala Tifus Pada Anak?

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: Newsweek

Dilansir dari KidsHealth, gejala tifus pada bayi yang pertama adalah demam yang naik turun selama lebih dari 5 hari. Si Kecil akan mengalami gangguan buang air besar baik diare ataupun kesulitan BAB.

Ketika mendapati gejala di atas juga disertai dengan kondisi lidahnya kotor atau seperti memutih dengan ujung dan tepi kemerahan, bisa jadi Si Kecil positif tifus.

Si Kecil juga seringkali mengalami mual dan muntah. Sebab kuman salmonella typhi yang merupakan penyebab tifus sudah berkembang biak di hati dan limpa Si Kecil.

Akibatnya, terjadi pembengkakan yang menekan lambung serta menimbulkan rasa mual pada Si Kecil. Periksakan anak ke dokter untuk langkah pengangan terbaik.

Baca Juga: Kenali Gejala Tifus pada Anak Balita

Biasanya dokter akan mengambil sampel tinja (kotoran), urin (kencing), atau darah anak untuk mengujinya apakah benar ia terserang tifus.

Dikutip dari KidsHealth, Steven Dowshen, MD, mengatakan bahwa tifus pada anak bisa diobati dengan antibiotik untuk membunuh bakteri dalam tubuh.

Penting untuk minum obat sepanjang waktu sesuai yang diresepkan dokter, bahkan ketika Si Kecil merasa sudah lebih baik.

Perawatan di Rumah Saat Anak Tifus

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: Norwood cafe & takeaway

Jika gejala tifus yang dialami Si Kecil tidak para dan dokter hanya memberikan obat, itu artinya Moms bisa melakukan perawatan di rumah saat anak tifus.

Apa saja yang bisa Moms lakukan untuk menyembuhkan Si Kecil?

1. Berikan Anak Banyak Cairan

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: So Fresh Wide Bay

Penyakit seperti tifus seringkali menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, Moms harus selalu memberikan anak banyak cairan.

Cairan bisa berupa air, jus buah segar, atau teh herbal. Tifus juga dapat menyebabkan diare, oleh karena itu asupan jus segar akan membantu membuang racun dan kotoan lainnya dari tubuh anak.

Baca Juga: Anak Rewel dan Panas, Apakah Ini Tanda-tanda Tifus atau Demam?

2. Banyak Istirahat

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: Mom.com

Anak-anak yang menderita tifus harus banyak istirahat dan tinggal di rumah hingga penyakitnya sembuh dan dokter memastikan bahwa bakterinya sudah hilang.

3. Rutin Minum Obat

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: NPR

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Moms wajib memberikan obat-obatan rutin dari dokter pada si kecil.

Jangan sampai terlewat dan lalai ketika melihat kondisinya membaik. Jika tidak ada catatan dari dokter, habiskan obat-obatannya.

Baca Juga: Hati-hati Tifus dan Hepatitis A Jika Anak Sering Makan Sembarangan!

4. Beri Asupan Makanan Sehat

perawatan di rumah saat anak tifus

Foto: Serious Eats

Tentu hal ini tidak boleh terlewat. Pastikan dia mendapatkan asupan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Hindari junk food dan frozen food, ya! Pastikan juga semua makanan yang dikonsumsi Si Kecil matang sempurna.

Jika Moms memberikan perhatian dan perawatan di rumah saat anak tifus dengan tepat, tentu Si Kecil akan segera sembuh dan bisa kembali beraktivitas.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait