22 Agustus 2022

5 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang, Aman untuk Dicoba!

Cari posisi yang tepat yuk, Moms!

5. Posisi Tidur seperti Janin

Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Aman (Freepik.com)
Foto: Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Aman (Freepik.com)

Pernah melihat posisi janin saat sedang tertidur di dalam kandungan?

Nah, ternyata posisi tidur seperti ini baik bagi Moms yang tengah mengalami sakit pinggang, lho. Mengapa demikian?

Tidur dengan posisi berbaring miring dengan lutut terselip ke dada mengurangi tekukan tulang belakang dan membantu membuka persendian.

Maka dari itu, Moms dapat mencoba posisi ini sebagai posisi tidur saat sakit pinggang.

Caranya agar tetap merasa nyaman dalam posisi ini, yaitu:

  • Berbaring miring ke kanan atau ke kiri.
  • Gunakan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher.
  • Tekuk lutut ke arah dada hingga punggung ada dalam posisi relatif lurus.
  • Ubah sisi kemiringan secara bergilir untuk menghindari ketidakseimbangan tekanan di satu sisi.

Baca Juga: 7 Peristiwa Penting Akibat Rotasi Bumi terhadap Kehidupan

Tips Tidur Nyenyak saat Sakit Pinggang

Ilustrasi Tips Tidur Nyenyak saat Sakit Pinggang (Orami Photo Stock)
Foto: Ilustrasi Tips Tidur Nyenyak saat Sakit Pinggang (Orami Photo Stock)

Mencari posisi tidur saat sakit pinggang sebenernya tidak sulit.

Kuncinya adalah Moms harus menjaga kesejajaran tulang belakang agar bisa tidur dengan nyaman.

Mons juga bisa menambahkan kenyamanan tidur dengan memilih bantal dan kasur yang tepat.

Melansir Healthcare (Basel), bantal dan kasur juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh.

Disarankan bantal harus cukup untuk menopang kepala, leher, dan bagian atas tulang belakang. Usahakan pula untuk memilih kasur yang tidak terlalu keras tetapi tidak juga terlalu empuk.

Berikut ini tips tidur nyenyak saat sakit pinggang yang bisa dicoba:

1. Pilih Bantal sesuai Posisi Tidur

Berikut beberapa bantal yang cocok disesuaikan dengan posisi tidur saat sakit pinggang yang Moms pilih:

  • Tidur terlentang

Jika memilih posisi tidur ini, gunakan bantal yang mampu mengisi ruang antara leher dan kasur dengan baik. Usahakan memilih bantal yang empuk dan tidak terlalu tebal.

Bantal dengan material memory foam merupakan pilihan yang tepat karena dibentuk dengan menyesuaikan bentuk kepala dan leher secara umum.

Selain itu, bantal air juga bisa dijadikan alternatif untuk memberikan topangan yang penuh dan menyeluruh.

  • Tidur telungkup

Untuk posisi tidur ini Moms perlu menggunakan bantal kepala yang paling tipis, atau tanpa bantal sama sekali. Moms juga bisa tidur dengan memeluk bantal yang cukup empuk untuk membantu menyelaraskan proporsi tubuh.

  • Tidur menyamping

Jika memilih posisi tidur ini, usahakan untuk mencari bantal yang cukup kokoh, bukan yang tipis.

Selain itu, pilih bantal dengan permukaan lebar yang dapat menyangga kepala hingga bahu. Bantal ini juga bisa Moms selipkan di antara kedua lutut.

2. Pilih Kasur yang Tepat

Memilih kasur tidak boleh sembarangan. Pasalnya, pilihan kasur yang tidak tepat bisa memperburuk kondisi pinggang.

Pada akhirnya juga membuat Moms susah tidur di malam hari dan kurang tidur keesokkan harinya.

Untuk sakit pinggang, pilih kasur tidak terlalu keras tetapi juga tidak terlalu empuk. Kasur yang terlalu empuk justru tidak bisa menopang dan menyejajarkan tulang belakang.

Melansir dari laman WebMD, Michael Breus, PhD seorang pakar tidur bahkan menyarankan setiap orang yang ingin membeli kasur baru untuk mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10 sampai 15 menit dengan posisi tidur yang biasa dilakukan di rumah.

3. Menerapkan Kebiasaan Tidur yang Baik

Pola tidur atau kebiasaan dalam hal tidur, sangat memengaruhi jam biologis, yaitu yang mengatur kita terjaga dan tidur selama 24 jam.

Maka dari itu, penting bagi Moms menerapkan kebiasaan tidur yang baik, seperti:

  • Bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Olahraga sambil berjemur setiap pagi.
  • Hindari minum kafein saat menjelang tidur.
  • Belajar mengelola stres yang baik.

4. Gunakan Bantal Panas atau Es

Terapkan bantal panas (panas kering) atau kantong es (bungkus dalam kain tipis) di area yang terasa sakit selama beberapa menit sebelum tidur untuk mengurangi peradangan atau menghilangkan ketegangan otot.

5. Lakukan Peregangan Ringan

Sebelum tidur, lakukan beberapa peregangan ringan untuk mengendurkan otot-otot pinggang.

Ini dapat membantu mengurangi ketegangan yang mungkin menyebabkan sakit pinggang.

Baca Juga: 80+ Kata-kata Bijak Sunda Penuh Makna dan Motivasi, Cek yuk!

Nah, itulah beberapa posisi tidur saat sakit pinggang yang bisa dicoba. Ingat, ketika sakit pinggang menyerang, tetap usahakan aktif bergerak.

Sebab, fokus pada pergerakan otot membantu mengurangi risiko cedera pada pinggang, seperti ketegangan otot dan kejang otot. Selamat mencoba, ya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK538173/
  • https://journals.lww.com/jaaos/Abstract/2009/10000/Adult_Isthmic_Spondylolisthesis.3.aspx
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8544534/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320870#best-positions
  • https://www.sleepfoundation.org/physical-health/how-to-sleep-with-lower-back-pain
  • https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/best-sleeping-position-for-lower-back-pain#What-can-I-do?
  • https://www.webmd.com/back-pain/best-mattress-for-lower-back-pain

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb