Selebriti

SELEBRITI
7 April 2021

Profil Park Bo-Young: Aktris Multitalenta dengan Kemampuan Akting yang Menawan

Sempat membintangi beberapa drama serta film, nama Park Bo-Young kini semakin dicari
placeholder

Foto: instagram.com/parkboyoung___

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Memiliki julukan sebagai National Little Sister yang merupakan panggilan informal dalam industry hiburan Korea Selatan, Park Bo-Young terkenal dengan sifatnya yang lucu, cerdas, serta polos.

Park Bo-Young juga terkenal karena film layar lebar seperti "A Werewolf Boy" yang beradu acting dengan Song Joong-Ki dan "Scandal Makers" bersama Cha Tae-Hyun yang merupakan terobosan terbesarnya.

Park Bo-Young pun diakui karena kecantikan alami dan pesona alaminya setelah foto masa kecilnya muncul di komunitas online.

Simak seperti apa profil Park Bo-Young berikut ini.

Profil ala AsianWiki Park Bo-Young

Profil Park Bo-Young

Foto: website/bhentertainment

Nah, sebelum membahas karier, tak ada salahnya mengetahui profil Park Bo-Young.

Ia merupakan anak dari seorang sersan mayor angkatan darat, lahir di Jeupyeong di Provinsi Chunceong, Korea Selatan. Wanita kelahiran 12 Februari 1990 ini merupakan putri kedua dari tiga bersaudara.

Menurut laman V Live, dikatakan profil Park Bo-Young memiliki tinggi hanya 155 cm, sehingga tak jarang orang mengatakan bahwa ia tampak mungil.

Namun, Park Bo-Young telah menunjukkan ketekunannya dalam berakting. Ia selalu membuktikan profesionalismenya mulai dari pilihan karyanya, hingga penampilannya ketika berkonsentrasi pada akting.

Namun, satu-satunya hal yang tidak berubah dari dirinya adalah bahwa selama 13 tahun sejak memasuki industri hiburan, ia selalu cantik.

Sekali Moms terpikat dengan penampilannya yang menggemaskan yang bahkan mampu menawan para kaum hawa, maka pasti tidak akan bisa lepas dari pesona Park Bo-Young.

Park Bo-Young sendiri mengawali karier di dunia akting saat di sekolah menengah yang berperan sebagai Kim Da-mi dalam film pendek tahun 2005 "Equal".

Film ini meraih 'Challenging Reality Award' tahun itu di Festival Film Remaja Internasional Seoul ke-7.

Kemudian, ia menempuh pendidikan bidang perfilman ketika masuk Universitas Dankook yaitu jurusan teater dan film.

Park Bo-Young melakukan debut drama televisi resminya yaitu "Bimil-eui gyo-jeong" atau "Secret Campus" dari EBS dan film debut resminya adalah "If You Were Me 4".

Terobosan besarnya datang dengan ia yang bermain di film Korea Selatan 2008 "Scandal Makers", termasuk di antara hit terbesar sinema Korea, yang tidak hanya membuat profil Park Bo-Young menjadi pusat perhatian tetapi juga mendapatkan pujian besar.

Berlanjut dengan kesuksesan film dan melanjutkan proyek lain, Park Bo-Young sempat terlibat dengan beberapa perselisihan dengan sebuah perusahaan produksi film serta dengan agensi manajemen yang terkait.

Hal ini kemudian mengakibatkan sejumlah tuntutan hukum. Kondisi ini juga menyebabkan gangguan dalam pekerjaannya, tetapi ia dapat kembali meniti jalan suksesnya hanya setelah jeda sekitar empat tahun.

Baca Juga: 7 Serial Drama Korea Jadul yang Pasti Bikin Kangen Untuk Nonton Lagi

Babak kedua kehidupannya sebagai artis yaitu melakukan beberapa proyek penting termasuk bermain di film "A Werewolf Boy" yang melampaui 7 juta penonton dan menjadi salah satu melodrama Korea paling sukses sepanjang masa.

Ada juga "The Silenced" kemudian serial TV seperti "Oh My Ghostess" dengan lawan main Jo Jung-Suk dan "Strong Woman Do Bong-soon" bersama Park Hyung-Sik. Perannya ini membawanya kembali ke pusat perhatian.

Dua tahun belakangan, Park Bo-Young memang belum kembali bermain drama. Terakhir ia bermain dalam drama korea Abyss bersama Ahn Hyo Seop yang tayang pertengahan 2019.

Selain itu, Park Bo-Young juga sedang rehat dari dunia hiburan karena masalah kesehatan yang dimilikinya.

Pada November 2019, agensi mengumumkan bahwa ia tengah fokus pada perawatan cedera lengan yang disebabkan sebuah insiden ketika syuting di drama sebelumnya.

Dalam sebuah siaran VLive, Park Bo-Young mengaku harus dipasangi gips selama enam bulan. Ia pun sempat merasa sedih karena tidak bisa melakukan apapun dan berharap bisa kembali dengan proyek terbaru setelah sembuh.

Baca Juga: 5 Drakor yang Tayang April 2021, Jangan Sampai Ketinggalan!

Rekomendasi Drama/Film Park Bo-Young

Moms sudah mengetahui perjalanan karier Park Bo-Young. Lalu, seperti apa rekam jejak drama Korea dan film yang pernah diperankannya?

Dilansir dari BH Eentertainment, Berikut ini drama korea yang dibintangi oleh Park Bo-Young:

1. EBS Secret Correction/Secret Campus (2006)

Drama yang dibintangi oleh Park Bo-Young yaitu Secret Campus

Foto: AsianWiki

Drama korea Park Bo-Young ini menceritakan tentang siswa modern mengalami stres yang cukup besar selama tahun-tahun di masa sekolah mereka.

Sekolah tersebut menaruh fokus yang kuat pada penampilan dan kepribadian yang positif, serta pencapaian nilai yang baik dan semangat atletis. Tuntutan ini dibuat tanpa mempertimbangkan individualitas dan kekuatan masing-masing siswa.

Drama korea yang berpusat pada sekolah ini membahas tema yang menggambarkan kehidupan dan hubungan enam siswa sekolah menengah, yang masing-masing memiliki impian dan tujuan berbeda yang mereka perjuangkan untuk dicapai, terlepas dari ragam cobaan dan kesengsaraan.

Dalam drama korea ini, Park Bo-Young berperan sebagai gadis periang yang mencuri kalung dari toko emas lalu memberikannya pada cinta pertamanya Lee Min Ho (berperan sebagai Doo Hyun).

Dalam karya debutnya, Park Bo-Young meninggalkan kesan mendalam dengan keterampilan akting dan pengucapannya yang baik.

2. SBS Witch Play (2007)

Witch Play

Foto: AsianWiki

Film drama korea SBS tahun 2007 ini menceritakan tentang kehidupan seorang wanita bernama Ma Yoo Hee (Han Ga In). Yoo He adalah anak dari direktur suatu perusahaan di bidang advertising, ia menjadi direktur di perusahaan ayahnya.

Yoo Hee memiliki karakter yang dingin, kaku, kuno dan seram yang membuat dirinya ditakuti oleh seluruh karyawannya.

Oleh sebab itu, ia diberi julukan WITCH oleh karyawan-karyawannya. Pada tahun 2007, Park Bo-Young memainkan versi muda dari karakter Han Ga In dalam "Yoo Hee, The Witch".

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis, Sudah Nonton?

3. SBS Run Mackerel (2007)

Run Mackarel merupakan salah satu drama yang dibintangi oleh Park Bo-Young

Foto: AsianWiki

SBS run mackerel merupakan drama korea Park Bo-Young yang kembali mempertemukannya dengan Lee Min Hoo. Drama korea ini bergenre sitkom yang menceritakan sekolah menengah.

Awalnya, drama Korea Park Bo-Young ini direncanakan menjadi serial dengan 24 episode, tetapi karena rendahnya rating penonton yang didapatkan, yaitu hanya sekitar 3-4% mengakibatkan serial ini dibatalkan lebih awal.

4. tvN oh My Ghost (2015)

Bersama Jo Jung-Suk, Park Bo-Young membintangi drama korea oh My Ghost

Foto: tvN

Sebelum drama Korea ini, Park Bo-Young juga sempat membintangi SBS Wang and I, KBS Choi Kang-Woo serta SBS Stars Lover namun hanya sebagai cameo drama korea tersebut.

Sedangkan dalam drama korea "Oh My Ghost" besutan tvN, mengisahkan tentang seorang asisten dapur bernama Na Bong Sun yang diperankan oleh Park Bo-Young, yang bekerja di restoran terkenal milik Kang Sun Woo (diperankan oleh Jo Jung Suk).

Pada drama ini, Park Bo-Young pun memerankan karakter dengan sifat pemalu dan pendiam yang seringkali takut memandang wajah lawan bicaranya.

Di sisi lain, ia juga merupakan keturunan cenayang yang membuatnya dapat melihat hantu. Alhasil, Bong Sun jadi sulit tidur saat malam hari sehingga sering tertidur di tengah pekerjaannya.

Hingga suatu ketika ia pun dirasuki arwah hantu centil bernama Shin Soo Nae (Kim Seul Gi). Hantu tersebut memang suka merasuki tubuh perempuan untuk mendekati laki-laki.

Sejak saat itu, kepribadian Bong Sun berubah jadi lebih ceria, centil, dan sedikit galak.

Baca Juga: 7 Drama Korea Bertemakan Kawin Kontrak, Recommended!

5. JTBC Strong Woman Do Bong-Soon (2019)

Strong Woman Do-Bong Soon merupakan salah satu drama korea dibintangi Park Bo-Young

Foto: viu

Drama korea Park Bo-Young ini menceritakan tentang seorang gadis yang terlahir dengan kekuatan super.

Dengan kekuatannya itu, Do Bong Soon yang diperankan oleh Park Bo-Young, mencoba untuk menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan tanpa pandang bulu.

Drama korea dengan genre komendi romantis ini pun menceritakan tentang cinta segitia seorang CEO muda bernama Ahn Min Hyuk dengan pemeran Park Hyung-Sik, polisi yang selalu bersikap In Gook Doo (diperankan oleh Ji Soo), dan Do Bong Soon.

Drama korea "Strong Woman Do Bong Soon" ini juga mendapat berbagai penghargaan. Tidak hanya itu, OST-nya pun digemari oleh banyak orang.

6. tvN Abyss (2019)

Park Bo-Young dan Ahn Hyeon-Sob bintangi Abyss pada 2019

Foto: AsianWiki

Drama korea Park Bo-Young selanjutnya yaitu "Abyss", menceritakan tentang Ko Se-Yeon yang diperankan oleh Kim Sa-Rang, seorang jaksa yang cantik dan dia profesional dalam pekerjaannya.

Suatu ketika, ia mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.

Namun, ada sebuah manik misterius bernama Abyss, yang bisa menghidupkan kembali orang yang telah meninggal, tetapi dengan penampilan yang berbeda.

Penampilan mereka tergantung pada seberapa baik semangat mereka.

Sementara itu, Cha Min yang diperankan oleh An Se-Ha adalah penerus perusahaan kosmetik. Dia cerdas, rendah hati dan memiliki hati yang baik, tetapi tidak memiliki penampilan yang menarik.

Cha Min mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Tetapi karena manik misterius Abyss, ia hidup kembali dengan penampilan berbeda. Cha Min diperankan oleh Ahn Hyo-Seop kini memiliki penampilan yang tampan.

Ko Se-Yeon mulai bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum. Cha Min mulai bekerja untuk Ko Se-Yeon di firma hukum. Lalu, hal menarik pun mulai terjadi di kehidupan kedua orang ini.

Baca Juga: Drama Korea yang Menampilkan Tokoh Perempuan Keren

Fakta Menarik Tentang Park Bo-Young

fakta menarik Park Bo-Young

Foto: instagram.com/parkboyoung___

Setelah mengetahui profil Park Bo-Young serta beberapa referensi drama yang dibintanginya, berikut ini beberapa fakta menarik tentang Park Bo-Young:

1. Takut dengan Film Horror

Benar, fakta menarik tentang Park Bo-Young adalah dia takut dengan film horror. Kedengerannya agak ironis mengingat dia membintangi film horror ”Don’t Click” bersama Joo Won.

Tapi, Park Bo-Young mengatakan dia tak peduli dengan genre tersebut.

Bahkan, meski takut dengan film horror, peran Park Bo-Young mendapatkan ulasan positif untuk perannya dalam film tersebut. Tak hanya itu, Park Bo-Young kembali bermain pada drama korea “Oh My Ghost” yang memiliki genre yang sama.

2. "Oh My Ghost" Merupakan Drama Comeback

Drama "Oh My Ghost" merupakan drama comeback setelah tujuh tahun lamanya Park Bo-Young menghilang dari dunia hiburan.

Peran terakhirnya Park Bo-Young adalah cameo dalam drama 2008 "Star's Love" yang juga dibintangi Yoo Ji Tae dan Choi Ji Woo.

3. Ciuman Pertama di Drama "Oh My Ghost"

Ternyata, Park Bo-Young tidak pernah melakukan adegan ciuman di drama atau film yang pernah diperankan sebelumnya.

Ia baru berani melakukan adegan ciuman di drama "Oh My Ghost" dan hal ini menjadi momen yang sangat bersejarah baginya dan penggemarnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis, Sudah Nonton?

4. Berbakat dalam Dunia Musik

Tidak hanya jago dalam berakting, ternyata Park Bo-Young juga berbakat di dunia musik.

Ia dikenal bermain piano dan gitar dan juga jago bernyanyi. Seperti lagunya dari "A Werewolf Boy" yang dijadikan sebagai Original Sound Track (OST).

Selain itu, kakak perempuan Bo-Young adalah seorang guru musik dan piano. Bahkan Park Bo Young juga bernyanyi untuk OST "Oh My Ghost."

5. Pernah Menjadi Artis Bayaran Tertinggi

Setelah berperan dalam drama "Oh My Ghost", fakta menarik Park Bo-Young lainnya adalah dia sempat menjadi artis dengan bayaran tertinggi yang pernah muncul dalam drama tvN.

Menurut outlet media Korea Daily Sport, Park Bo-Young menghasilkan sekitar US$30.000 atau sekitar Rp435 juta.

6. Sempat Alami Titik Terendah dalam Karir

Meski kini ia dikenal di mana-mana, siapa yang menyangka Park Bo-Young sempat menghadapi beberapa kendala dalam kariernya.

Dia memiliki tuntutan hukum yang besar dengan sebuah perusahaan, yang membuatnya menghabiskan dan menghilangkan motivasinya untuk terus mengejar akting.

Namun, ketika hendak mencari bidang alternatif, Bo-Young merasa tidak dapat memikirkan hal lain dan menyadari betapa dia mencintai profesinya di dunia hiburan.

Kemudian, ia pun melanjutkan akting lagi dengan minat dan antusiasme yang baru dan tidak melihat ke belakang.

Demikianlah, profil Park Bo-Young serta beberapa drama yang sempat dibintanginya. Kira-kira Moms atau Dads sudah sempat nonton yang mana, nih?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait